Pantai Boom Banyuwangi
Jawa

Pantai Boom Banyuwangi: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Pantai Boom Banyuwangi, namanya mungkin belum sepopuler Pantai Kuta di Bali atau Pantai Parangtritis di Yogyakarta. Namun, jangan sepelekan pesona yang dimiliki oleh destinasi wisata yang terletak di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, ini. Di balik ketenarannya yang belum mencapai titik puncak, Pantai Boom menawarkan keindahan alam yang memukau, aktivitas seru, dan petualangan tak terlupakan bagi para pengunjungnya.

Pantai Boom Banyuwangi

Berikut ini beberapa informasi penting terkait Pantai Boom.

Lokasi Pantai Boom Banyuwangi

Pantai Boom terletak di Desa Kampungmandar, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Ini adalah lokasi yang mudah dijangkau dan memungkinkan Anda menikmati keindahan alam tanpa kendala.

Rute Menuju Pantai Boom Banyuwangi

Untuk mencapai Pantai Boom, Anda perlu mengikuti rute yang tepat. Rute ini akan membawa Anda ke keindahan alam yang menakjubkan ini dengan lancar. Berikut adalah rute yang paling tepat untuk memulai perjalanan Anda menuju Pantai Boom: Rute perjalanan Anda dimulai dari Simpang Lima Banyuwangi, yang merupakan titik awal yang ideal. Dari sini, Anda akan memulai petualangan menuju keindahan Pantai Boom. Melanjutkan perjalanan Anda, ikuti Jalan Dr. Sutomo hingga Anda menemukan Taman Blambangan. Ini adalah salah satu titik penting dalam perjalanan Anda menuju Pantai Boom. Saat Anda sampai di pertigaan, beloklah ke kiri dan masuk ke Jalan R.A. Kartini. Ini akan membawa Anda lebih dekat ke tujuan akhir Anda. Lanjutkan perjalanan Anda ke Jalan Nusantara, dan teruslah berjalan hingga Anda mencapai Jalan Ikan Cucut. Saat Anda melihat tugu bertuliskan “Pantai Boom,” beloklah ke kiri dan ikuti jalan tersebut. Pantai Boom akan berada di sebelah kanan jalan, siap menyambut Anda dengan pesonanya yang luar biasa.

Rute ini akan membawa Anda melewati pemandangan yang indah dan memastikan Anda tiba dengan aman di Pantai Boom. Pastikan untuk mengikuti petunjuk dengan cermat agar perjalanan Anda berjalan lancar.

Google Map Pantai Boom Banyuwangi

Harga Tiket

Untuk menikmati pesona Pantai Boom, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp5.000. Harga tiket ini sangat terjangkau, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan biaya masuk yang mahal.

Baca juga: Perilaku Konsumen: Faktor, Manfaat, Model, dan Contohnya

Jam Operasional

Pantai Boom Banyuwangi buka setiap hari, termasuk hari Senin hingga Minggu, bahkan saat hari libur. Namun, perbedaan terletak pada jam operasionalnya, tergantung apakah itu hari kerja atau akhir pekan serta musim liburan.

Untuk hari Senin hingga Jumat, Pantai Boom dibuka mulai pukul 05.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB. Sementara pada Sabtu dan Minggu, pantai ini memulai aktivitasnya lebih awal, yakni dari pukul 04.30 WIB hingga pukul 22.00 WIB.

Pantai ini cenderung menjadi ramai pada saat subuh hingga pagi hari atau menjelang sore hingga waktu penutupan. Pengunjung yang tiba di pagi hari seringkali memanfaatkan waktu untuk berolahraga di sekitar pantai, sambil menikmati udara segar dan menyaksikan matahari terbit yang indah.

Baca juga: Wisata Kebun Kurma Pasuruhan Jawa Timur

Daya Tarik Pantai Boom Banyuwangi

Pantai Boom Banyuwangi

Pantai Boom adalah perwujudan dari keindahan alam yang memukau. Pantai ini mempesona dengan pasirnya yang berwarna hitam dan gradasi abu-abu yang begitu menakjubkan. Apa yang membuat pantai ini semakin istimewa adalah ombaknya yang tenang, sehingga Anda dapat bersantai dengan tenang tanpa harus khawatir tentang ombak besar.

Tidak hanya itu, Pantai Boom menawarkan pemandangan yang benar-benar estetik. Dengan kursi-kursi yang tersedia bersama payung, Anda dapat duduk dengan nyaman sambil menikmati panorama indah Pulau Bali yang terhampar di seberang laut. Ini adalah momen yang sempurna untuk merenung dan bersantai, sambil menikmati keindahan alam yang luar biasa.

Pantai Boom tidak hanya menghadirkan keindahan pantai yang memukau. Ada juga sebuah dermaga kapal pesiar yang mempesona di dekat pantai yang patut Anda kunjungi. Salah satu landmark yang paling mencolok di sini adalah jembatan lintas berbentuk spiral yang tak hanya memukau, tetapi juga sangat cocok untuk foto-foto Instagram yang keren.

Jembatan ini terlihat megah, terutama saat malam hari ketika lampu sorotnya menghiasi langit. Jangan heran jika Anda melihat banyak wisatawan yang rela menghabiskan waktu berjam-jam di jembatan ini untuk mendapatkan foto-foto yang sempurna.

Jika Anda lebih suka bersantai dan menikmati pemandangan di sekitar dermaga, ada banyak bangku yang tersedia di dekat dermaga. Ini adalah tempat yang sempurna untuk duduk sambil melihat kapal-kapal bersandar di pelabuhan, menciptakan suasana yang semakin seru.

Jika ingin merasakan petualangan yang lebih aktif, Anda dapat menyewa sepeda dengan biaya terjangkau sekitar Rp20 ribu per jam. Berkelilinglah Pantai Boom sambil bersepeda, menjelajahi setiap sudut pantai yang memukau. Pastikan untuk berhenti sejenak saat matahari mulai terbenam dan menyaksikan kilauan matahari senja yang menakjubkan.

Baca juga: Pantai Pacar Tulungagung: Lokasi, Rute, dan Pesona Alam

Aktivitas di Pantai Boom Banyuwangi

Ketika tiba pada saat yang tepat, Anda akan memiliki kesempatan untuk menikmati Festival Tari Gandrung Sewu yang secara rutin diadakan setiap tahun di pantai ini. Saat acara berlangsung, Anda akan dapat menyaksikan pertunjukan yang melibatkan lebih dari 1000 penari. Tentunya, acara ini akan menarik perhatian para pengunjung yang hadir.

Festival ini telah berlangsung sejak tahun 2012 dan melibatkan lebih dari 1000 penari dari berbagai kelompok usia. Pengunjung yang datang ke lokasi ini akan disuguhi pertunjukan tarian khas yang pasti akan memukau Anda. Oleh karena itu, jika Anda beruntung, Anda akan dapat menikmati festival yang mengagumkan ini ketika berkunjung ke Pantai Boom Banyuwangi.

Salah satu aktivitas utama di Pantai Boom adalah bersantai di pantai dengan pasir hitam yang berkilau. Anda dapat membawa tikar atau selimut untuk duduk dan menikmati suasana.

Jika ingin lebih nyaman, Anda dapat menyewa kursi dengan payung dengan biaya sekitar Rp20 ribu per jam. Ini adalah cara yang sempurna untuk bersantai sambil menikmati pemandangan.

Jembatan lintas berbentuk spiral di dekat dermaga adalah tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam. Lampu jembatan yang menawan akan membuat pengalaman ini semakin istimewa.

Jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi dermaga kapal pesiar yang indah. Anda dapat berjalan-jalan di sekitar dermaga, melihat kapal-kapal yang bersandar, dan menikmati pemandangan laut.

Anda dapat menyewa sepeda dengan biaya sekitar Rp20 ribu per jam dan berkeliling Pantai Boom. Ini adalah cara yang menyenangkan untuk menjelajahi area sekitar.

Salah satu kegiatan lain yang dapat di nikmati di tempat ini adalah mengendarai kuda di sepanjang tepi pantai. Saat berlibur di pantai ini, Anda akan melihat kuda-kuda yang berlari di sepanjang tepi pantai, dan di sekitar pantai, akan menemukan layanan penyewaan kuda.

Jadi, bagi yang ingin menjelajahi pantai tanpa kelelahan atau ingin mengalami sensasi berkeliling pantai yang unik, dapat mencoba mengendarai kuda. Jika Anda merasa kurang nyaman untuk mengendarai kuda sendirian, Anda juga dapat meminta seorang pemandu untuk mendampingi .

Referensi

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi