Wisata kebun kurma Pasuruhan
Jawa

Wisata Kebun Kurma Pasuruhan Jawa Timur

Wisata kebun kurma Pasuruhan – Anda tidak perlu pergi ke Timur Tengah untuk menikmati keindahan kebun kurma. Di Kabupaten Pasuruan, terdapat kebun kurma yang sama menawan. Di sini, pengunjung dapat memetik langsung buah kurma dari pohonnya.

Kebun kurma ini memiliki luas sekitar 6,3 hektar dengan jumlah kurma sekitar 500 pohon. Memetik langsung buah kurma menjadi pengalaman yang unik bagi pengunjung. Setelah memetik buah kurma, pengunjung dapat menimbangnya dan membayar untuk membawanya pulang.

Selain itu, kebun kurma ini menawarkan aneka olahan kurma seperti jus kurma, dodol kurma, dan es krim kurma. Pengunjung dapat membeli olahan kurma ini sebagai oleh-oleh.

Lokasi Wisata Kebun Kurma Pasuruhan

Kebun kurma tersebut terletak di Dusun Karanglo, Desa Sukorejo, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia.

Baca juga: Legenda Gunung Kerindi dan Keindahan Danaunya

Fasilitas Wisata Kebun Kurma Pasuruhan

Jika Anda penasaran dan ingin berkunjung, lokasi kebun kurma Pasuruan dapat ditemukan di Desa Sukorejo, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia.

Satu hal yang menarik dari wisata petik kurma Pasuruan adalah adanya pesawat Boeing 737 yang dapat digunakan untuk melihat pemandangan kebun kurma dari ketinggian. Anda dapat mengajak keluarga Anda dan mengambil foto bersama di pesawat ini.

Harga Tiket Wisata Kebun Kurma Pasuruhan

Wisata Kebun Kurma beroperasi dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB setiap harinya. Harga tiket masuk tertera di akun Instagram resminya, dengan rincian sebagai berikut:

  • Selasa-Jumat: Rp 15.000 per orang
  • Sabtu, Minggu, dan hari besar: Rp 20.000 per orang
  • Wahana kolam renang, trampoline, terapi ikan, dan omah joengkier: Rp 35.000 (hari biasa) dan Rp 40.000 (akhir pekan).

Baca juga: Taman Nasional Wakatobi: Destinasi Wisata SulTeng

Rute Menuju Wisata Kebun Kurma Pasuruhan

Dari Jalan Tol Surabaya-Malang, keluarlah di gerbang tol Purwodadi (Pasuruan), kemudian di pertigaan setelah gerbang tol, beloklah ke kiri ke Jalan Surabaya-Malang (arah Surabaya). Ikuti Jalan Raya Purwosari atau Jalan Nasional 23, dan di sebelah kanan jalan terdapat papan penunjuk ‘Kebun Kurma’. Beloklah ke kanan dan masuk ke Desa Sukorejo, lalu menuju Dusun Karanglo dan beloklah ke kiri hingga sampai di Kebun Kurma Pasuruan.

Google Map Lokasi Wisata Kebun Kurma

Tips Berkunjung ke Wisata Kebun Kurma Pasuruhan

Berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam berkunjung ke Wisata Kebun Kurma:

Pilih waktu yang tepat

Sebaiknya kunjungi kebun kurma pada pagi atau sore hari, saat suhu tidak terlalu panas dan buah kurma masih segar.

Kenakan pakaian yang nyaman

Karena Anda akan berada di kebun, kenakanlah pakaian yang nyaman dan sesuai untuk aktivitas di luar ruangan.

Gunakan alas kaki yang tepat

Anda akan berjalan di kebun kurma yang berlumpur dan berpasir, jadi pastikan Anda memakai alas kaki yang cocok seperti sandal atau sepatu yang nyaman dan mudah dibersihkan.

Patuhi peraturan yang berlaku

Pastikan Anda mengikuti aturan yang berlaku di kebun kurma, seperti tidak merusak tanaman dan lingkungan sekitar.

Beli oleh-oleh

Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh di toko oleh-oleh yang tersedia, seperti jus kurma, dodol kurma, dan es krim kurma.

Jangan lupa kamera

Pastikan untuk membawa kamera untuk mengambil foto keindahan kebun kurma dan momen yang berharga selama di kebun kurma.

Nikmati pengalaman

Jangan terlalu terburu-buru dan nikmatilah pengalaman memetik kurma secara langsung serta menikmati suasana di kebun kurma.

Baca juga: Hewan Terkecil di Dunia: Berikut Penjelasannya

Penutup

Selamat berwisata ke Kebun Kurma Pasuruan! Jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati pengalaman petik kurma langsung dari pohonnya di kebun kurma yang luasnya sekitar 6,3 hektare ini. Selain itu, Anda juga bisa mencicipi aneka olahan kurma yang tersedia seperti jus, dodol, dan es krim kurma sebagai oleh-oleh. Pastikan untuk datang pada jam operasional yang telah ditentukan dan ikuti tips agar perjalanan Anda lebih menyenangkan. Semoga Anda memiliki pengalaman yang tak terlupakan di Wisata Kebun Kurma Pasuruan!

Referensi

  1. https://www.pasuruankab.go.id
  2. https://disparbud.pasuruankab.go.id