geopark merangin
Sumatera

Geopark Merangin: Situs Prasejarah dan Destinasi Wisata

Geopark Merangin – Merangin adalah sebuah kabupaten yang terletak di provinsi Jambi, Indonesia. Kabupaten ini merupakan kabupaten terluas di Jambi, dengan luas wilayah mencapai 7.668,61 km² dan terdiri dari 24 kecamatan. Pada tahun 2020, populasi kabupaten Merangin sebanyak 357.315 jiwa. Ibu kota kabupaten Merangin terletak di kecamatan Bangko.

Geopark Merangin merupakan situs warisan zaman purba dan sebagai destinasi wisata yang terdapat di Kabupaten Merangin. Di sana, terdapat koleksi fosil-fosil dari daun, kayu, akar, hewan, dan kerang-kerangan yang berusia lebih dari 300 tahun dan tersebar di sepanjang Sungai Batang Merangin dan Sungai Mengkarang.

Selain pesona alamnya yang memukau, Kabupaten Merangin juga memiliki warisan dunia yaitu Geopark Merangin. Situs konservasi dan edukasi ini menjadi identitas Kabupaten Merangin. Perjalanan Anda ke Merangin tidak akan lengkap tanpa mengunjungi Geopark ini. Di sini, terdapat berbagai jenis fosil yang berusia ratusan juta tahun serta pemandangan alam yang masih asri dan lestari.

Geopark Merangin

Beberapa ringkasan mengenai Geopark yang terdapat di Merangin berikut ini didasarkan pada beberapa sumber terpercaya:

Fosil Kayu Teluk Gedang

fosil kayu teluk gedang

Di area geologi yang terletak di Sungai Merangin, kita dapat menemukan ciri-ciri fosil flora Jambi yang berusia antara 290 hingga 300 juta tahun yang lalu. Fosil-fosil tersebut memiliki ciri khas dengan adanya fusulinid pada batuan dalam Formasi Mengkarang. Nama “Sungai Merangin” sendiri tidak hanya merujuk pada daerah di sepanjang sungainya yang dibatasi oleh dinding batu, tetapi juga menggambarkan keindahan alam yang luar biasa di sekitarnya.

Terdapat fosil Araucarioxylon yang terkumpul pada batang pohon, dengan akar yang telah membatu. Batang pohon ini memiliki tinggi sekitar ± 2,40 meter dari akarnya dan diameter ± 1,60 meter. Selain itu, kita juga dapat menikmati keindahan alam sekitarnya seperti:

  • Jurang Granodiorite
  • Columnar Joints
  • Batuan sedimen yang berlapis-lapis.

Semua ini membuat Sungai Merangin menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi bagi para pencinta geologi dan wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam yang masih asli dan lestari.

Baca juga: Candi Muaro Jambi: Sejarah, Keunikan, dan Objek Wisata

Fosil Daun Muara Kering

fosil daun muara kering

Sungai Karing adalah sebuah aliran air kecil yang langsung bermuara ke Sungai Merangin. Di sepanjang sungai ini terdapat air terjun dengan patahan normal dan patahan kecil yang membentuk air terjun bertingkat-tingkat. Di area ini, kita dapat menemukan fosil-fosil seperti:

  • Macralethopterid,
  • Pecopterid, dan
  • Daun Cordaites

Meskipun fosil-fosil ini tidak utuh atau lengkap, bagian-bagiannya masih sangat terpelihara dengan baik. Selain itu, di Muara Karing juga ditemukan fosil-fosil batang pohon yang tumbuh di rawa-rawa yang terlindung dari proses erosi.

Fosil-fosil batang pohon ini muncul di tepian Sungai Merangin di hilir Sungai Karing dan sebanyak lima fosil tunggul telah ditemukan di sana. Beberapa di antaranya telah teridentifikasi sebagai fosil pohon Calamites yang sangat rentan terhadap erosi Sungai Merangin.

Semua temuan fosil-fosil ini menunjukkan nilai penting dari Sungai Karing sebagai situs yang memperlihatkan sejarah geologi yang kaya dan unik. Dengan keindahan alam yang masih asri dan lestari, Sungai Karing dan sekitarnya dapat menjadi tempat wisata yang menarik bagi para penggemar geologi dan alam.

Fosil Brakhiopoda Mengkarang

Fosil Brakhiopoda Mengkarang

Formasi Mengkarang di Kabupaten Merangin terdiri dari serpihan-serpihan hitam yang terdiri dari fosil batu putih (tuff) yang berasal dari laut seperti Brachiopods dan Crionoid, serta fosil daun. Formasi Mengkarang secara keseluruhan dianggap sebagai suatu yang tersimpan di daratan laut yang berlumpur dengan kehidupan yang berenergi rendah dan dekat ke lengkungan aliran vulkanik dan Permian Awal sekitar 290 juta tahun yang lalu.

Fosil-fosil di Formasi Mengkarang mencerminkan keadaan alam pada masa itu, di mana kehidupan laut dan darat saling berkaitan. Di antara fosil-fosil tersebut, Brachiopods dan Crionoid adalah yang paling menonjol, yang menjadi indikator keberadaan kehidupan laut pada saat itu. Selain itu, terdapat juga fosil-fosil daun yang menjadi saksi bisu keberadaan kehidupan darat pada masa itu.

Di situs geologi, kita bisa melihat pembagian Fosil Brachiopods dan Crionoid di sepanjang sungai. Selain dari Fosil Fauna, disana juga terdapat Fosil Pakis (Fern) yang menjadi bagian dari Fosil Flora Jambi seperti Pecopteris sp. dan Calamites sp.

Baca juga: Wisata Kebun Kurma Pasuruhan Jawa Timur

Fasilitas Geopark Merangin

Beberapa fasilitas yang tersedia di Geopark Merangin antara lain:

Pusat Informasi Geopark

Pusat informasi ini memberikan informasi dan edukasi tentang geologi, flora, fauna, dan budaya lokal yang terdapat di Geopark Merangin.

Spot Foto

Jika Anda seorang pecinta fotografi, Geopark Merangin memiliki banyak spot foto menakjubkan. Anda dapat mengabadikan keindahan alam sepanjang Sungai Batang Merangin dan Sungai Mengkarang, termasuk air terjun yang spektakuler, formasi batuan unik, dan panorama alam yang menakjubkan. Pastikan untuk membawa kamera Anda untuk mengabadikan momen-momen tak terlupakan.

Jalur Pendakian

Bagi para petualang, Geopark Merangin menawarkan sejumlah jalur pendakian yang memungkinkan Anda mengeksplorasi keindahan alam sekaligus melihat fosil-fosil langka yang tersembunyi di dalam hutan lebat. Pendakian ini akan memberikan pengalaman mendebarkan dan memuaskan bagi para pencinta alam.

Museum Fosil

Jika Anda tertarik dengan geologi dan fosil-fosil kuno, jangan lewatkan Museum Fosil di Geopark Merangin. Di sini, Anda dapat melihat koleksi fosil yang ditemukan di wilayah Geopark, termasuk fosil pohon, daun, dan hewan yang telah ada ratusan juta tahun yang lalu. Museum ini adalah tempat yang sempurna untuk belajar lebih banyak tentang sejarah bumi.

Homestay

Jika Anda ingin merasakan kehidupan sehari-hari di pedesaan Jambi, ada beberapa homestay di sekitar Geopark Merangin yang dapat Anda coba. Tinggal di rumah penduduk setempat akan memberikan Anda kesempatan unik untuk berinteraksi dengan komunitas lokal dan merasakan keramahan mereka.

Warung Makan

Setelah beraktivitas sepanjang hari, Anda bisa menikmati hidangan lezat dan segar di beberapa warung makan lokal di sekitar Geopark Merangin. Cobalah hidangan khas seperti ikan air tawar dan sayur-sayuran organik yang disajikan dengan cita rasa autentik.

Dengan fasilitas yang lengkap dan pemandangan yang indah, Geopark Merangin adalah tempat yang ideal untuk dikunjungi oleh para penggemar geologi, wisatawan alam, dan orang-orang yang mencari pengalaman yang berbeda dan unik.

Baca juga: Pura Tanah Lot: Destinasi Wisata Pulau Dewata Bali

Lokasi Geopark Marangin

Geopark Merangin terletak di Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi, Indonesia. Geopark ini terletak di sepanjang Sungai Batang Merangin dan Sungai Mengkarang, dengan luas wilayah sekitar 2.790 hektar yang meliputi 9 desa di 3 kecamatan yaitu Kecamatan Bangko, Kecamatan Tabir, dan Kecamatan Tabir Selatan. Ibu kota Kabupaten Merangin, yaitu Kecamatan Bangko, juga terletak di dalam wilayah Geopark Merangin.

Google Map Lokasi Geopark Merangin

Rute Menuju Geopark Merangin

Untuk menuju ke Geopark Merangin, Anda dapat menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi dari kota Jambi ke Kabupaten Merangin. Terdapat beberapa pilihan rute yang dapat Anda tempuh, di antaranya:

Rute via Bangko

Dari kota Jambi, Anda dapat menuju ke terminal Bukit Kayu Kapur dan naik bus atau travel menuju ke Bangko, ibu kota Kabupaten Merangin. Setelah tiba di Bangko, Anda dapat menyewa ojek atau kendaraan pribadi untuk menuju ke Geopark Merangin yang berjarak sekitar 30 km dari pusat kota Bangko.

Rute via Muara Bungo

Anda juga dapat menuju ke Muara Bungo dengan bus atau travel dari kota Jambi. Setelah tiba di Muara Bungo, dapat melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Merangin dengan kendaraan pribadi. Geopark Merangin berjarak sekitar 100 km dari Muara Bungo.

Baca juga: Tips Sahur Agar Tidak Lapar Saat Puasa

Rute via Sungai Penuh

Alternatif lain adalah dengan menuju ke kota Sungai Penuh terlebih dahulu dengan bus atau travel dari kota Jambi. Setelah tiba di Sungai Penuh, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Merangin dengan kendaraan pribadi. Geopark Merangin berjarak sekitar 160 km dari Sungai Penuh.

Penutup

Dengan kekayaan geologi dan alamnya yang unik, Geopark Merangin mempunyai situs prasejarah dan destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Selain itu, fasilitas yang lengkap dan aksesibilitas yang semakin membaik membuat Geopark Merangin semakin layak untuk dijadikan destinasi liburan yang tidak terlupakan.

Referensi

  1. https://disbudpar.jambiprov.go.id
  2. https://geopark.meranginkab.go.id
  3. https://id.wikipedia.org