Air Terjun Lematang Indah
Sumatera

Air Terjun Lematang Indah: lokasi, Rute, dan Daya Tarik

Terkadang, alam memiliki cara untuk menghipnotis kita, dan Air Terjun Lematang Indah dikenal dengan julukan “Venice of the East,”di Pagar Alam, Sumatera Selatan adalah salah satu tempat di mana alam memancarkan keajaiban sejati. Dengan pesona yang tak tertandingi, air terjun ini telah menjadi daya tarik utama bagi wisatawan lokal dan internasional.

Air Terjun Lematang Indah

Berikut informasi tentang Air Terjun Lematang.

Lokasi Air Terjun Lematang Indah

Air Terjun Lematang Indah berada di kawasan Dusun Prahu Dipo, yang terletak di Kelurahan Prahu Dipo, Kecamatan Dempo Selatan, di kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

Google Maps Lokasi Air Terjun

Rute Menuju Air Terjun Lematang Indah

Air Terjun Lematang Indah

Berangkat dari Kota Palembang, perjalanan Anda akan memakan waktu sekitar 6,5 jam dengan jarak sekitar 280 km. Perjalanan bisa dilakukan dengan kendaraan pribadi atau menggunakan transportasi umum.

Jika Anda berangkat dari pusat Kota Pagar Alam, perjalanan akan lebih singkat, hanya sekitar 18 km dengan waktu tempuh sekitar 20 menit.

Rute menuju air terjun ini sangat mudah ditempuh. Jalan yang berkelok-kelok akan membawa Anda melalui lanskap alam yang menakjubkan. Anda bisa mencapainya dengan motor atau mobil, sesuai dengan preferensi Anda.

Baca juga: Gunung Dempo Pagar Alam Wisata Yang Menakjubkan

Harga Tiket

Air Terjun ini tidak hanya indah tetapi juga terjangkau. Harga tiket masuk sangat terjangkau, yaitu Rp 4.000 per orang. Harga parkir kendaraan pun cukup ramah di kantong, hanya sekitar Rp 5.000 per kendaraan. Dengan biaya yang rendah, Anda dapat menikmati keindahan alam yang luar biasa.

Jam Operasional

Air Terjun Lematang Indah buka 24 jam. Ini berarti Anda dapat mengunjunginya kapan saja sesuai dengan kenyamanan Anda. Beberapa pengunjung bahkan memilih untuk datang pada malam hari untuk menikmati suasana yang berbeda ketika air terjun diterangi oleh cahaya bulan.

Daya Tarik Air Terjun Lematang Indah

Air Terjun Lematang Indah
Sumber Gambar: Facebok Bambang Niko Pasla

Ketika pertama kali tiba di Air Terjun Lematang, Anda akan langsung disambut oleh panorama alam yang luar biasa. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 57 meter, yang menjadikannya salah satu air terjun tertinggi di Indonesia. Air terjun ini terletak di tengah-tengah hutan yang subur, dan suara gemericik air yang jatuh dari ketinggian menciptakan suasana yang menenangkan.

Selama perjalanan menuju air terjun, akan melewati jalan berkelok-kelok yang dikelilingi oleh pepohonan hijau yang rindang. Pemandangan ini mengundang untuk bersantai dan menikmati alam. Beberapa pengunjung bahkan memutuskan untuk berhenti sejenak dan mengambil foto untuk mengabadikan momen ini.

Air Terjun Lematang memiliki tiga tingkatan yang memukau. Setiap tingkatan memiliki pesona dan karakteristiknya sendiri. Ketika berjalan mendekat, akan merasakan embusan angin segar dan tetesan air yang menetes di wajah. Ini adalah pengalaman yang tak terlupakan.

Di dasar air terjun terdapat kolam alami yang mengundang untuk berenang atau bermain air. Airnya jernih dan segar, sempurna untuk meredakan panasnya hari. Ini adalah tempat yang bagus untuk bersantai sambil menikmati keindahan alam sekitar.

Tips untuk Berkunjung ke Air Terjun Lematang Indah

  • Selalu jaga kebersihan selama kunjungan, bawa kantong plastik sendiri untuk mengumpulkan sampah dan membuangnya dengan benar.
  • Kenakan pakaian yang nyaman, terutama jika berencana untuk berjalan-jalan di sekitar air terjun. Alas kaki yang sesuai juga penting untuk kenyamanan.
  • Bawa persediaan air minum agar tetap terhidrasi selama perjalanan dan di lokasi air terjun.
  • Bermain di sekitar air terjun bisa berbahaya, pastikan berhati-hati dan tidak mengambil risiko yang tidak perlu.
  • Jika mengendarai kendaraan sendiri, pastikan kendaraan dalam kondisi baik, mengingat akses jalan yang berliku.
  • Jika berencana berenang di air terjun, bawa pakaian untuk berganti.

Referensi

  1. https://www.pagaralamkota.go.id/
  2. https://pagaralamkota.bps.go.id/indicator/16/341/1/jumlah-objek-wisata-kota-pagar-alam.html