Wisata Pagar Alam
Sumatera

Eksplorasi Keindahan Wisata Pagar Alam

Wisata Pagar Alam terletak di Provinsi Sumatera Selatan, Pagar Alam adalah salah satu kawasan yang menjadi incaran para pecinta alam. Sebelum menjadi sebuah kota pada tahun 2001, Pagar Alam adalah bagian dari Kabupaten Lahat. Namun, sejak saat itu, Pagar Alam telah menjalani transformasi pesat menjadi destinasi wisata yang menarik.

Wisata Pagar Alam

Berikut informasi tentang objek Wisata Pagar Alam.

Pesona Gunung Dempo

Sumber Gambar: Facebook Bambang Niko Pasla

Salah satu daya tarik utama Pagar Alam adalah Gunung Dempo. Gunung Dempo merupakan gunung tertinggi di Sumatera Selatan, dengan ketinggian mencapai 3.195 meter di atas permukaan laut. Mendaki Gunung Dempo adalah pengalaman yang menantang, dan bagi para pendaki, itu adalah pencapaian yang membanggakan.

Medannya curam dengan deretan akar pohon yang epik. Namun, perjuangan Anda akan terbayar dengan pemandangan spektakuler dari puncak. Kabarnya, kawah vulkanik Gunung Dempo selalu berubah warna, dan ada empat warna yang biasanya terlihat: hijau tua, tosca, biru, hingga abu-abu. Melihat perubahan warna kawah ini adalah pengalaman yang luar biasa.

Pendakian Gunung Dempo memerlukan waktu sekitar 9 jam. Jadi, persiapkan fisik dan mental untuk tantangan ini. Namun, setelah mencapai puncaknya, akan merasa bahwa usaha sebanding dengan keindahan yang di temui di sana. Selama pendakian, akan melewati hutan yang memesona, dan mungkin akan bertemu dengan berbagai jenis flora dan fauna yang hidup di sana.

Gunung Dempo adalah destinasi yang populer bagi para pendaki dan pecinta alam. Meskipun tantangan fisiknya cukup besar, pengalaman yang didapatkan akan membuat Anda terpesona oleh keindahan alam Sumatera Selatan.

Rizal Pelangkenidai Camping Ground

Wisata Pagar Alam - Rizal Pelangkenidai Camping Ground
Sumber Gambar: Facebook Bambang Niko Pasla

Rizal Camping Ground (RCG) terletak di Desa Pelang Kenidai, Kecamatan Dempo Tengah. Awalnya, tempat ini terkenal sebagai lokasi wisata arung jeram, namun sekarang telah diubah menjadi area perkemahan yang dapat digunakan oleh wisatawan untuk berbagai jenis kegiatan atau acara.

Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat Kota Pagaralam, sehingga para wisatawan dapat mencapainya dalam waktu sekitar 30 menit perjalanan. Selama perjalanan menuju RCG, Anda akan disuguhi pemandangan indah yang dapat dinikmati.

Meskipun terletak sedikit lebih jauh dari pusat kota, tempat ini mudah diakses karena infrastruktur jalan yang menuju ke sana sangat baik dan tidak terlalu sulit, sehingga dapat dicapai dengan berbagai jenis kendaraan, baik kendaraan roda dua maupun roda empat.

Selain menawarkan keindahan alam, tempat ini juga memiliki area yang luas untuk mendirikan tenda. Selain itu, di area ini mengalir Sungai Lematang yang airnya jernih dan tidak pernah kering, memberikan daya tarik tambahan bagi pengunjung yang ingin berkemah, baik bersama keluarga maupun teman-teman.

Keindahan Air Terjun Maung

Wisata Pagar Alam - Air Terjun Maung
Sumber Gambar: Enimekspres

Air Terjun Maung adalah salah satu objek wisata alam terindah di Pagar Alam. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter di atas permukaan laut dan dikelilingi oleh rerumputan hijau yang segar. Bagian bawah air terjun ini adalah tempat yang sempurna untuk berendam sambil menikmati sejuknya udara pegunungan.

Untuk mencapai Air Terjun Maung, Anda harus melewati perjalanan yang tak kalah menarik. Anda akan melalui hutan yang mempesona dan perkebunan kopi yang indah. Medan perjalanan menuju air terjun menurun dengan tingkat kemiringan sekitar 30 derajat, sehingga harus berjalan hati-hati.

Ketika mencapai Air Terjun Maung, Anda akan merasa seolah-olah memasuki surga tersembunyi. Suara gemuruh air terjun yang mengalir menjadi latar belakang yang menenangkan. Ini adalah tempat yang bagus untuk berfoto-foto dan menikmati momen bersama teman dan keluarga.

Baca juga: Candi Astano: Lokasi, Daya Tarik, dan Penemuan

Air Terjun Pintu Langit

Wisata Pagar Alam - Air Terjun Pintu Langit
Sumber Gambar: Avonturin

Air Terjun Pintu Langit terletak di kawasan Gunung Dempo, memberikan kesan sejuk dan indah. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 35 meter di atas permukaan laut dengan aliran air yang cukup deras. Meskipun aliran airnya deras, tempat ini aman untuk mandi di bawahnya.

Perjalanan menuju Air Terjun Pintu Langit juga sangat menarik. Anda akan melewati hamparan perkebunan sayur dan kopi yang memanjakan mata. Namun, perlu diingat bahwa fasilitas di tempat ini masih terbatas, termasuk fasilitas toilet. Jadi, pastikan Anda mempersiapkan segala kebutuhan sebelum mengunjungi air terjun ini.

Keindahan Danau Tebat Gheban

Wisata Pagar Alam - Danau Tebat Gheban
Sumber Gambar: Facebook Bambang Niko Pasla

Danau Tebat Gheban adalah sebuah danau yang terletak sekitar 7 kilometer dari pusat Kota Pagar Alam. Danau ini memiliki luas sekitar 4 hektar dengan kedalaman sekitar 12 meter. Di sekitar danau, Anda akan menemukan beberapa gazebo yang nyaman untuk bersantai bersama keluarga dan teman-teman.

Salah satu daya tarik utama Danau Tebat Gheban adalah memancing. Anda bisa membawa perlengkapan memancing Anda dan mencoba keberuntungan di danau ini. Pemandangan indah danau dan pegunungan akan menemani Anda selama proses memancing.

Jika ingin menjelajahi danau dengan cara yang berbeda, juga bisa menyewa rakit yang tersedia di danau. Ini adalah pengalaman yang seru dan menyenangkan, terutama jika melakukan perjalanan bersama keluarga.

Danau Tebat Gheban adalah tempat yang sempurna untuk melarikan diri dari hiruk-pikuk kota dan menikmati kedamaian alam. Anda bisa duduk-duduk di gazebo sambil menikmati pemandangan danau yang indah, atau mencoba peruntungan memancing. Danau ini adalah salah satu tempat wajib yang harus di kunjungi ketika berlibur di Pagar Alam.

Pesona Kebun Teh Pagar Alam

Wisata Pagar Alam - Kebun Teh Pagar Alam
Sumber Gambar: Facebook Bambang Niko Pasla

Kebun Teh Pagar Alam adalah salah satu destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan. Hamparan kebun teh yang hijau dan subur di kaki Gunung Dempo menciptakan pemandangan yang luar biasa, terutama saat kabut menyelimuti kebun. Berada pada ketinggian sekitar 1.520 meter di atas permukaan laut, membuat udaranya sejuk dan segar.

Selain menikmati keindahan alam, Anda juga dapat menjelajahi kebun teh ini lebih dekat. Di sekitarnya, terdapat penginapan yang ramah wisatawan dengan harga yang terjangkau. Anda dapat merencanakan menginap semalam atau lebih untuk benar-benar merasakan kedamaian dan keindahan Kebun Teh Pagar Alam.

Juga, jangan lupa mencicipi teh dan kopi lokal yang lezat ketika Anda berkunjung ke sini, dapat membeli beberapa oleh-oleh untuk dibawa pulang, sehingga dapat terus menikmati rasa Pagar Alam setelah kembali ke rumah.

Baca juga: Candi Kembar Batu: Lokasi, Rute, dan Sejarah

Sungai Lematang Indah

Wisata Pagar Alam - Air Terjun Lematang Indah
Sumber Gambar: Native Indonesia

Sungai Lematang adalah salah satu destinasi wisata alam yang menarik di Pagar Alam, memiliki kedalaman sekitar 2 meter dan terkenal dengan air terjun di atasnya yang memiliki ketinggian sekitar 20 meter. Sungai Lematang sering digunakan oleh para wisatawan sebagai tempat untuk arung jeram yang seru.

Untuk melihat air terjun lebih dekat, Anda harus menyeberangi sungai menggunakan perahu berkapasitas 4 orang. Ini adalah pengalaman yang seru dan akan membuat merasa lebih dekat dengan alam.

Sungai Lematang adalah tempat yang sempurna untuk pecinta petualangan dan olahraga air. Arung jeram di sungai ini adalah pengalaman yang tak terlupakan dan akan memberikan adrenalin yang tinggi. Jadi, jika mencari petualangan, jangan lewatkan Sungai Lematang.

Danau Merah

Wisata Pagar Alam - Danau Merah

Danau ini berada di perbatasan antara Kota Pagar Alam dan Kabupaten Kaur Bengkulu. Nama “Danau Merah” diambil dari warna airnya yang merah, meskipun jika Anda mengambil airnya dengan tangan, warnanya akan berubah menjadi cokelat seperti danau biasa. Selain airnya, danau ini juga dikenal karena aroma khasnya yang mirip dengan aroma pandan, terutama di malam hari. Hewan langka, seperti kelabang dan burung raksasa, dapat ditemukan di sekitar danau ini.

Baca juga: Bukit Ngarau Merangin Objek Wisata Instagramable

Puncak Tebat Monok

Puncak Tebat Monok adalah destinasi lain yang wajib di kunjungi saat berada di Pagar Alam. Dari puncak ini, Anda akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan. Anda dapat melihat keindahan perbukitan dan perkebunan teh yang membentang sejauh mata memandang.

Perjalanan menuju Puncak Tebat Monok juga menawarkan pengalaman yang seru, akan melewati jalan berliku yang membelah hutan dan perkebunan teh. Bagi para pecinta fotografi, tempat ini adalah surga. mengambil foto-foto yang menakjubkan di sini.

Puncak Tebat Monok juga adalah tempat yang bagus untuk menikmati matahari terbit atau matahari terbenam. Pemandangan spektakuler ini akan meninggalkan kesan mendalam dalam ingatan. Jadi, jangan lupa membawa kamera dan menyiapkan diri untuk momen-momen indah di sini.

Air Terjun Curup Embun

Wisata Pagar Alam - Air Terjun Curup Embun
Sumber Gambar: Sripoku

Air Terjun Curup Embun adalah salah satu air terjun yang paling menarik di Pagar Alam. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 70 meter dan dikelilingi oleh hutan yang hijau. Perjalanan menuju air terjun ini memerlukan perjalanan menurun yang agak curam, tetapi pemandangan yang menakjubkan yang akan di temui di sana sebanding dengan usaha.

Air Terjun Curup Embun adalah tempat yang sempurna untuk berendam dan merasakan sejuknya air terjun. Anda bisa menikmati momen-momen yang tenang di alam dan mendengarkan suara gemuruh air terjun. Ini adalah tempat yang bagus untuk bersantai dan melepaskan penat.

Selama kunjungan ke Air Terjun Curup Embun, akan melihat berbagai jenis flora dan fauna yang hidup di sekitar hutan. Jadi, pastikan membawa kamera dan siap untuk mengabadikan keindahan alam yang unik ini.

Kampung Adat Tegur Wangi

Kampung Adat Tegur Wangi
Sumber Gambar: Facebook Bambang Niko Pasla

Pagar Alam juga memiliki kekayaan budaya yang patut dijelajahi. Salah satunya adalah Kampung Adat Tegur Wangi, sebuah kampung adat yang berlokasi di tengah perkebunan teh. Di kampung ini, Anda dapat merasakan kehidupan masyarakat lokal dan menyelami budaya mereka.

Anda dapat mengunjungi rumah-rumah tradisional yang terbuat dari bambu dan kayu. Masyarakat lokal akan dengan senang hati menceritakan tentang kehidupan mereka, tradisi, dan kebiasaan sehari-hari. Ini adalah kesempatan yang unik untuk belajar lebih banyak tentang budaya Sumatera Selatan.

Selain itu, Anda juga dapat mencicipi masakan khas Pagar Alam yang lezat di kampung adat ini. Makanan tradisional seperti pindang, ketupat, dan masakan khas lainnya akan memanjakan lidah Anda. Jadi, jangan lewatkan kesempatan ini untuk merasakan kekayaan budaya Pagar Alam.

Rimba Candi

Wisata Pagar Alam - Rimba Candi
Sumber Gambar: facebook Pesona Sriwijaya

Pagar Alam juga memiliki sejumlah peninggalan prasejarah yang misterius. Salah satunya adalah Rimba Candi, yang diyakini sebagai cikal bakal Kerajaan Sriwijaya. Meskipun masih banyak yang perlu diteliti tentang sejarahnya, Rimba Candi adalah tempat yang menarik untuk dikunjungi.

Kondisi Rimba Candi belum sepenuhnya diketahui, dan hingga sekarang, hanya ditemukan beberapa peninggalan seperti batu berbentuk tangga dan kursi. Namun, peninggalan ini memberikan petunjuk tentang sejarah dan peradaban yang ada di daerah ini.

Pengunjung yang tertarik dengan sejarah dan peninggalan prasejarah akan menemukan Rimba Candi sebagai destinasi yang menarik. Anda dapat menjelajahi area ini, mengagumi peninggalan bersejarah, dan mencoba membayangkan bagaimana kehidupan di masa lalu di daerah ini.

Baca juga: Air Terjun Dukun Betuah: Misteri dan Daya Tariknya

Puncak Tebat Monok

Puncak Tebat Monok adalah destinasi lain yang wajib di kunjungi saat berada di Pagar Alam. Dari puncak ini, akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan. Anda dapat melihat keindahan perbukitan dan perkebunan teh yang membentang sejauh mata memandang.

Perjalanan menuju Puncak Tebat Monok juga menawarkan pengalaman yang seru. melewati jalan berliku yang membelah hutan dan perkebunan teh. Bagi para pecinta fotografi, tempat ini adalah surga. Anda dapat mengambil foto-foto yang menakjubkan di sini.

Puncak Tebat Monok juga adalah tempat yang bagus untuk menikmati matahari terbit atau matahari terbenam. Pemandangan spektakuler ini akan meninggalkan kesan mendalam dalam ingatan. Jadi, jangan lupa membawa kamera dan menyiapkan diri untuk momen-momen indah di sini.

Akomodasi Wisata Pagar Alam

Pagar Alam, dengan semua pesonanya, telah menjadi semakin populer sebagai destinasi wisata. Oleh karena itu, bisnis properti di sini telah berkembang pesat, khususnya bisnis penginapan. Di sini ada beberapa pilihan yang dapat dipertimbangkan saat mencari akomodasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Misalnya, ada Villa Mentari yang menawarkan 3 kamar tidur dengan double bed dan 3 kamar mandi lengkap dengan water heater. Selain itu, Anda akan menemukan dapur lengkap dengan perlengkapan masak dan makan, serta area BBQ, kolam renang, kolam pancing, dan area parkir yang berkapasitas sekitar 6 mobil. Harga sewa vila ini adalah sekitar Rp400 ribu-an untuk satu kamar per malam.

Pilihan lainnya adalah Villa Besemah yang menyediakan fasilitas seperti air panas, layanan kamar 24 jam, TV kabel, dan masih banyak lagi. Vila ini memiliki 3 unit penginapan dengan kapasitas masing-masing 12 orang, dengan harga sewa tipe 3 kamar sekitar Rp1 juta-an per malam, sedangkan yang tipe 2 kamar sekitar Rp900 ribu-an.

Villa Seganti Setungguan adalah pilihan lain yang menawarkan berbagai fasilitas. Salah satu yang menarik adalah sepeda sewaan yang dapat digunakan untuk menyusuri kebun teh di kaki Gunung Dempo. Dengan berbagai pilihan penginapan yang tersedia, Anda dapat menemukan yang paling sesuai dengan anggaran dan preferensi Anda.

Dengan segala upaya yang dilakukan oleh pemerintah dan pihak terkait untuk memperbaiki infrastruktur dan fasilitas pendukung wisata, Pagar Alam semakin berkembang dan menjadi lebih ramah wisatawan. Jadi, jika mencari tempat yang menawarkan petualangan alam yang mendalam dan pengalaman budaya yang berbeda, pertimbangkan untuk menjadwalkan perjalanan Anda ke Pagar Alam, Indonesia. Keindahannya akan memukau dan membuat ingin kembali lagi.

Sekarang, saatnya Anda merencanakan perjalanan ke Pagar Alam dan mengeksplorasi semua keindahan yang ditawarkan oleh destinasi wisata ini. Nikmati petualangan dan jadikan setiap momen berharga. Selamat menjelajah Pagar Alam! Oya, jangan lupa luaskan wawasan, tingkankan ilmu pengetahuan karena dunia selalu berkembang dan kita tidak ketinggalan zaman, be yourself!