Pantai Mengening
Bali

Pantai Mengening: Rute, Harga Tiket Masuk, dan Keindahan Alam

Pantai Mengening Cemagi terletak di Desa Cemagi, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali. Dengan jarak sekitar 25 km dari Bandara Ngurah Rai, pantai ini mudah diakses dari pusat-pusat pariwisata utama seperti Kuta, Seminyak, dan Tanah Lot. Perjalanan menuju pantai ini akan membawa Anda melalui pedesaan Bali yang indah, dengan hamparan sawah hijau yang menenangkan. Pulau Bali, dengan segala pesonanya, telah lama menjadi destinasi impian bagi para wisatawan yang mencari keindahan alam, budaya yang kaya, dan kehidupan malam yang bersemangat. Salah satu daya tarik utama pulau ini adalah pantainya yang memukau. Salah satu pantai yang saat ini sedang mendapatkan perhatian besar adalah Pantai Mengening di Cemagi, Bali. Pantai ini bukan sekadar destinasi wisata biasa; ini adalah potongan surga yang menawarkan pengalaman unik yang tidak dapat Anda temukan di tempat lain.

Pantai Mengening Cemangi

Berikut beberapa informasi terkait Pantai Mengening Cemangi.

Rute Menuju Pantai Mengening Cemangi

Rute perjalanan menuju pantai ini juga cukup mudah. Anda dapat mengikuti arah menuju Canggu – Tanah Lot, kemudian belok kiri menuju Jalan Pantai Mengening sekitar 3,2 kilometer sebelum mencapai objek wisata pura Tanah Lot.

Jadi, jika Anda menginap di daerah pariwisata populer seperti Kuta, Seminyak, atau Tanah Lot, Anda dapat dengan mudah mengatur perjalanan ke Pantai Mengening Cemagi. Anda dapat menggunakan taksi meter, menyewa sepeda motor, atau mobil di Bali untuk mencapai pantai ini.

Google Map Lokasi Pantai Mengening Cemangi

Harga Tiket Masuk

Tidak ada biaya tiket yang harus Anda bayar untuk masuk, tetapi jika Anda membawa kendaraan, Anda hanya perlu membayar tiket parkir. Tiket parkir ini sangat terjangkau, hanya Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk kendaraan beroda empat.

Baca juga: Pantai Melasti: Lokasi, Harga Tiket, dan Tips Berlibur

Daya Tarik Pantai Mengening Cemangi

Pura Gede Luhur Batungaus

Kawasan pantai Mengening Cemagi didominasi oleh batu karang yang tersebar di sepanjang garis pantainya. Ini memberikan pesona tersendiri yang tidak dapat Anda temukan di pantai lainnya di Bali. Karang-karang yang menghiasi pantai ini tampak seperti patung alam yang indah, dan saat ombak menghantam mereka, deburan air menciptakan buih yang sangat menakjubkan.

Namun, jangan biarkan batu karang dan ombak yang menghantamnya menghalangi Anda. Pantai ini masih cocok untuk berenang, bermain di pasir hitamnya, atau hanya duduk-duduk sambil menikmati keindahan alamnya. Suasana alami yang tenang dan damai membuatnya menjadi tempat yang sempurna untuk bersantai.

Salah satu daya tarik utama Pantai Mengening adalah panorama matahari terbenam yang memikat. Pemandangan ini benar-benar luar biasa dan membuat Anda merasa seperti berada di surga. Ketika matahari mulai merunduk ke horizon, langit diwarnai dengan berbagai warna indah, mulai dari merah, oranye, hingga ungu. Kombinasi warna-warni ini menciptakan pemandangan yang memukau dan sangat cocok untuk diabadikan.

Saat mengunjungi Pantai Mengening Cemagi, jangan lewatkan untuk mengenal Pura Gede Luhur Batungaus yang terletak di atas bongkahan batu karang besar. Pura ini adalah salah satu tempat suci yang penting bagi warga setempat.

Aktivitas di Pantai Mengening

Matahari terbenam di Pantai Mengening Cemagi adalah momen yang sangat romantis. Jika Anda berkunjung bersama pasangan, jangan lewatkan kesempatan ini untuk menikmati momen indah ini bersama-sama. Panorama matahari terbenam ini juga menjadi latar yang sempurna untuk foto-foto yang tak terlupakan.

Pantai Mengening Cemagi juga menawarkan pengalaman kuliner yang istimewa. Di sekitar pantai, Anda akan menemukan sejumlah kafe-kafe unik yang siap memanjakan selera Anda dengan hidangan lezat. Dari makanan laut segar hingga hidangan khas Bali, Anda dapat menikmati berbagai kuliner lokal dan internasional di tempat-tempat ini.

Pantai Mengening Cemagi juga menjadi salah satu destinasi foto prewedding yang sangat populer di Bali. Keindahan alamnya menciptakan latar yang romantis dan memukau untuk sesi foto prewedding. Pasangan yang sedang merencanakan pernikahan sering memilih Pantai Mengening sebagai lokasi foto prewedding mereka karena suasana yang tenang, pemandangan alam yang indah, dan panorama matahari terbenam yang menakjubkan.

Dengan karang-karang yang menjulang di latar belakang dan deburan ombak yang menciptakan lapisan busa di sekitarnya, foto-foto di pantai akan menjadi kenangan yang abadi dari momen istimewa sebelum pernikahan. Jadi, jika Anda atau seseorang yang Anda kenal berencana untuk menikah, pertimbangkanlah Pantai Mengening sebagai tempat untuk sesi foto prewedding yang tak terlupakan.

Anda dapat dengan mudah mengakses area sekitar pura melalui jalan yang menghubungkan tepi pantai dengan pura. Ini adalah tempat yang indah untuk mengagumi pemandangan laut yang luas dan mendapatkan pengalaman spiritual yang unik.

Serta dari tempat ini, Anda bisa menyaksikan keindahan samudera Hindia dengan leluasa. Anda juga akan menemukan pengunjung lain yang sedang bersantai atau memancing di sekitar pura.

Baca juga: Taman Nasional Wakatobi: Destinasi Wisata SulTeng

Fasilitas di Pantai Mengening Cemangi

Pantai Mengening Cemagi, meskipun terkenal dengan keindahan alamnya yang alami, mungkin belum memiliki fasilitas yang sangat lengkap seperti beberapa pantai lainnya di Bali. Namun, Anda masih dapat menemukan beberapa fasilitas dasar yang membuat kunjungan Anda lebih nyaman di sini:

  • Toilet Umum
  • Penyewaan Payung
  • Penyewaan Peralatan Olahraga Air
  • Penjual Souvenir
  • Area Bersantai

Pastikan untuk membawa perbekalan seperti air minum dan perlindungan dari matahari untuk menjadikan kunjungan Anda lebih nyaman.

Baca juga: Raja Ampat Wisata Alam

Referensi

  1. Dinas Pariwisata Kabupaten Badung
  2. Dinas Pariwisata Prov. Bali