pantai melasti
Bali

Pantai Melasti: Lokasi, Harga Tiket, dan Tips Berlibur

Pantai Melasti Ungasan Bali menjadi salah satu destinasi wisata pantai pasir putih terbaru yang populer di kalangan wisatawan Indonesia. Pantai yang terletak di bagian selatan pulau Bali ini menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Dengan pasir putih yang halus dan air laut yang jernih, Pantai Melasti Ungasan Bali menjadi tempat yang ideal untuk berjemur, berenang, dan bersantai menikmati pemandangan yang indah.

Sebelumnya, Pantai Melasti di Ungasan Bali masih dalam tahap konstruksi. Pemerintah setempat melakukan pembangunan jalan dan sarana pendukung tempat wisata pantai untuk memudahkan akses wisatawan ke pantai ini. Setelah proses konstruksi selesai, objek wisata Melasti beach di Ungasan menjadi tempat yang sangat nyaman untuk dikunjungi oleh pengunjung.

Keindahan Pantai Melasti Ungasan Bali

Pantai Melasti Ungasan Bali menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Dengan pasir putih yang halus dan air laut yang jernih, pantai ini menjadi tempat yang ideal untuk menikmati keindahan pantai di Bali. Selain itu, pemandangan laut yang membentang luas dengan ombak yang tenang juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Terdapat juga karang-karang yang tersebar di sekitar pantai, yang membuatnya menjadi tempat yang ideal untuk snorkeling dan diving. Wisatawan dapat menyaksikan keindahan terumbu karang yang berwarna-warni serta berbagai jenis ikan yang hidup di sekitar pantai.

Di sepanjang pantai, terdapat juga banyak pohon kelapa dan pohon cemara yang memberikan kesan alami dan asri. Pengunjung dapat duduk dan bersantai di bawah pohon kelapa sambil menikmati pemandangan pantai yang indah.

Saat matahari terbenam, Pantai Melasti Ungasan Bali menawarkan pemandangan yang sangat memukau. Wisatawan dapat menyaksikan matahari terbenam di ufuk barat sambil menikmati suasana yang tenang dan romantis di pantai.

Baca juga: Pantai Losari: Objek Wisata di Sulawesi Selatan

Fasilitas Yang Terdapat di Pantai Melasti Ungasan Bali

Pantai Melasti Ungasan Bali menyediakan berbagai fasilitas yang lengkap dan nyaman bagi pengunjung yang datang ke pantai ini. Beberapa fasilitas yang tersedia di Pantai Melasti Ungasan Bali antara lain:

  • Tempat parkir yang luas dan aman untuk kendaraan pengunjung.
  • Area bersantai dan tempat duduk yang tersedia di sepanjang pantai, baik berupa kursi, payung, hingga tikar pandan.
  • Kios-kios penjual makanan dan minuman yang menyajikan berbagai macam kuliner khas Bali dan Indonesia.
  • Toilet dan fasilitas mandi yang bersih dan terawat dengan baik.
  • Area ganti baju dan ruang penyimpanan barang bawaan yang aman dan terjaga.
  • Fasilitas olahraga air seperti banana boat, jet ski, dan peralatan snorkeling dan diving yang bisa disewa.
  • Area bermain anak-anak yang aman dan dilengkapi dengan wahana permainan seperti ayunan, jungkat-jungkit, dan lainnya.
  • Area parkir perahu nelayan tradisional Bali yang menambah suasana alami pantai.

Baca juga: Destinasi Wisata Jambi Yang Wajib Anda Ketahui

Aktivitas Yang Menyenangka di Pantai Melasti Ungasan Bali

Pantai Melasti Ungasan Bali menawarkan berbagai aktivitas yang menyenangkan bagi pengunjung yang ingin menikmati pantai ini. Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di Pantai Melasti Ungasan Bali antara lain:

Berjemur di pantai

Menyajikan pemandangan pantai yang indah dan tenang, sehingga menjadi tempat yang ideal untuk berjemur dan menikmati sinar matahari. Selain itu, suhu udara yang hangat juga membuat pengunjung merasa nyaman dan bisa bersantai di pantai selama yang diinginkan.

Bermain air

Menawarkan berbagai olahraga air yang bisa diikuti oleh pengunjung seperti banana boat, jet ski, dan snorkeling. Wisatawan dapat menikmati keindahan laut dan terumbu karang yang berwarna-warni sambil berenang di air laut yang jernih.

Bermain pasir

Pasir putih yang halus di pantai Melasti menjadi tempat yang ideal untuk bermain pasir. Pengunjung dapat membuat bangunan pasir seperti istana, benteng, dan lainnya atau hanya sekedar bersantai di tepi pantai.

Menikmati kuliner khas Bali dan Indonesia

Di sekitar Pantai terdapat kios-kios penjual makanan dan minuman yang menyajikan berbagai macam kuliner khas Bali dan Indonesia. Pengunjung dapat mencicipi berbagai jenis makanan yang lezat dan segar seperti ikan bakar, nasi campur, dan minuman kelapa muda.

Menikmati sunset

Saat matahari terbenam, Pantai Melasti Ungasan Bali menawarkan pemandangan matahari terbenam yang sangat memukau. Wisatawan dapat menyaksikan keindahan alam ini sambil menikmati suasana yang tenang dan romantis di pantai.

Berwisata sekitar pantai

Selain Pantai Melasti Ungasan Bali, di sekitar pantai ini terdapat tempat wisata lainnya yang bisa dikunjungi seperti Taman Garuda Wisnu Kencana dan tempat wisata budaya lainnya.

Baca juga: Hutan Pinus Pengger: Objek Wisata Alam Instagramable

Lokasi Pantai Melasti

Pantai Melasti di Ungasan Bali dikenal luas sebagai salah satu destinasi wisata pantai terbaik di Bali. Lokasinya yang berada di Semenanjung Bukit, Ungasan, membuat pantai ini lebih dikenal dengan nama Pantai Melasti Ungasan. Alamat Pantai terletak di Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung – Bali.

Jika Anda memilih untuk menginap di kawasan wisata Nusa Dua Bali, Pantai Melasti Ungasan Bali dapat dicapai dengan jarak kurang lebih 12 kilometer dan membutuhkan waktu tempuh sekitar 40 menit. Namun, jika Anda memilih untuk menginap di area tempat wisata Canggu Bali, jarak yang harus ditempuh sekitar 26 kilometer dan membutuhkan waktu tempuh sekitar 1 jam 20 menit. Meskipun jarak yang harus ditempuh cukup jauh, namun keindahan pantai Melasti Ungasan Bali dan berbagai aktivitas yang tersedia di sana akan membuat perjalanan Anda terasa sepadan.

Google Map Lokasi Pantai

Transportasi Menuju Pantai Melasti

Untuk mencapai lokasi pantai Melasti Ungasan Bali, cara terbaik adalah menggunakan kendaraan pribadi, baik sepeda motor maupun kendaraan roda empat. Jika Anda belum memiliki kendaraan pribadi, dapat dengan mudah menemukan jasa sewa motor dan jasa Bali sewa mobil di Bali. Anda dapat mencarinya melalui mesin pencari seperti Google.co.id.

Namun, jika memilih untuk menggunakan mobil, disarankan untuk mencari jasa sewa mobil dengan sopir dan bbm di Bali. Hal ini disebabkan karena jalur menuju pantai sangat berliku-liku dan memiliki kemiringan jalan yang curam.

Dengan memiliki sopir yang berpengalaman, Anda dapat lebih tenang dan merasa lebih aman saat berkendara di jalan yang cukup menantang tersebut. Jadi, pastikan untuk mempersiapkan kendaraan dan jasa sewa yang tepat sebelum pergi ke Pantai Melasti Ungasan Bali.

Baca juga: Objek Wisata Pangalengan Yang Masih Alami

Harga Tiket Pantai Melasti

Pengunjung yang ingin menikmati keindahan Pantai Melasti di Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Bali akan dikenai biaya tiket masuk. Harga tiket masuk untuk dewasa adalah Rp 8.000, sedangkan untuk anak-anak adalah Rp 2.000. Selain itu, pantai ini juga menawarkan berbagai aktivitas wisata pantai yang menarik untuk dinikmati oleh pengunjung.

Bagi wisatawan mancanegara, harga tiket masuk yang berlaku sedikit berbeda. Mereka akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 3.000 untuk anak-anak. Namun, meskipun biaya tiket masuk sedikit berbeda, semua pengunjung akan mendapatkan pengalaman yang sama dalam menikmati keindahan Pantai.

Jika Anda membawa kendaraan pribadi, maka akan dikenakan biaya parkir kendaraan yang berbeda-beda tergantung dari jenis kendaraan yang Anda gunakan. Biaya parkir kendaraan untuk sepeda motor adalah Rp 2.000, sedangkan untuk mobil sebesar Rp 5.000 dan untuk bus serta truk sebesar Rp 10.000. Pastikan Anda membawa uang tunai yang cukup untuk membayar biaya tiket masuk dan parkir kendaraan sehingga Anda dapat menikmati liburan Anda dengan tenang dan nyaman di Pantai Melasti Ungasan Bali.

5 Hotek Terdekat di Pantai Melasti

Berikut adalah 5 hotel terdekat yang bisa menjadi pilihan untuk Anda yang ingin menginap di sekitar Pantai Melasti Ungasan Bali:

Renaissance Bali Uluwatu Resort & Spa

Hotel mewah yang terletak di Jalan Pantai Balangan No. 1, Ungasan, hanya berjarak sekitar 2,5 km dari Pantai Melasti. Hotel ini menawarkan fasilitas lengkap seperti kolam renang, spa, restoran, dan akses ke pantai pribadi.

Anantara Uluwatu Bali Resort

Hotel bintang 5 yang terletak di Jalan Pemutih – Labuan Sait, Ungasan, berjarak sekitar 3,5 km dari Pantai Melasti. Hotel ini menawarkan kamar-kamar yang luas dengan pemandangan laut, kolam renang infinity, spa, dan restoran.

The Ungasan Clifftop Resort

Resort mewah yang terletak di Jalan Pantai Selatan Gau, Ungasan, hanya berjarak sekitar 4,5 km dari Pantai Melasti. Resort ini menawarkan villa-villa dengan kolam renang pribadi, akses ke pantai pribadi, spa, restoran, dan bar.

Karma Kandara

Resort mewah yang terletak di Jalan Villa Kandara, Banjar Wijaya Kusuma, Ungasan, berjarak sekitar 5 km dari Pantai Melasti. Resort ini menawarkan villa-villa dengan kolam renang pribadi, akses ke pantai pribadi, spa, restoran, dan bar.

Six Senses Uluwatu

Hotel mewah yang terletak di Jalan Goa Lempeh, Uluwatu, berjarak sekitar 6,5 km dari Pantai Melasti. Hotel ini menawarkan kamar-kamar yang luas dengan pemandangan laut, kolam renang infinity, spa, restoran, dan akses ke pantai pribadi.

Baca juga: Big Data: Definisi dan Konsep Dasar

Tips Berlibur ke Pantai Melasti

Berikut adalah beberapa tips untuk berlibur ke Pantai Melasti Ungasan Bali:

Pilih waktu yang tepat

Pastikan Anda berkunjung pada saat cuaca cerah untuk menikmati keindahan pantai dengan maksimal. Hindari berkunjung pada saat musim hujan atau cuaca buruk yang bisa mengganggu liburan Anda.

Persiapkan perlengkapan

Jangan lupa untuk membawa perlengkapan pantai seperti kacamata hitam, topi atau payung, sandal, dan pakaian renang. Juga pastikan untuk membawa sunblock atau tabir surya untuk melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari.

Patuhi peraturan

Pantai Melasti memiliki aturan yang ketat terkait dengan kebersihan dan kenyamanan pengunjung. Pastikan Anda mematuhi aturan yang ada seperti membuang sampah pada tempatnya, tidak merusak lingkungan pantai, dan tidak melakukan tindakan yang merugikan pengunjung lain.

Jangan lupa membawa uang tunai

Di pantai Melasti, beberapa fasilitas mungkin hanya menerima pembayaran dengan uang tunai, seperti tarif parkir dan pembelian makanan dan minuman.

Nikmati keindahan pantai

Jangan lupa untuk menikmati keindahan Pantai Melasti dengan berjalan-jalan di sepanjang pantai, menikmati sunset, dan berfoto dengan latar belakang laut yang memukau.

Baca juga: Pesona Keindahan Alam Gunung Rinjani

Keperluan dan Persiapan Berlibur ke Pantai Melasti

Jika Anda berencana untuk berlibur ke Pantai Melasti, ada beberapa keperluan dan persiapan yang perlu dipertimbangkan agar liburan menjadi lebih nyaman dan lancar. Berikut ini beberapa diantaranya:

Pakaian dan Perlengkapan

Pastikan Anda membawa pakaian dan perlengkapan yang sesuai untuk kegiatan pantai seperti baju renang, sandal jepit, topi atau payung, kacamata hitam, handuk, serta peralatan snorkeling atau selam jika ingin mencoba aktivitas tersebut.

Kamera

Membawa kamera atau ponsel dengan kamera yang baik adalah hal penting yang tidak boleh dilupakan saat berlibur ke Pantai Melasti. Hal ini dikarenakan Pantai Melasti Ungasan Bali memiliki keindahan alam yang sangat memukau, seperti air laut biru jernih, pasir putih yang bersih, dan pemandangan sunset yang menakjubkan. Oleh karena itu, Anda tidak ingin melewatkan momen indah yang bisa diabadikan melalui foto atau video.

Selain itu, Anda juga bisa mengambil foto-foto yang menarik dengan latar belakang objek wisata Pantai seperti pemandangan bukit, perahu nelayan, dan batu karang yang menambah keindahan pantai. Mengabadikan momen indah selama liburan di pantai dapat menjadi kenangan yang indah dan tak terlupakan, sehingga saat kembali ke rumah, Anda dapat melihat kembali momen-momen tersebut dan merasakan kebahagiaan yang pernah dirasakan saat berlibur.

Sunblock

Sunblock atau tabir surya adalah perlengkapan penting yang harus dibawa saat berlibur ke pantai Melasti Ungasan Bali. Hal ini dikarenakan sinar matahari yang terik di pantai dapat berbahaya bagi kulit Anda. Paparan sinar UV yang terlalu banyak dapat menyebabkan kulit terbakar, kemerahan, dan bahkan kanker kulit.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk selalu menggunakan sunblock dengan SPF (Sun Protection Factor) yang tinggi dan melindungi kulit dari paparan sinar UV. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan topi atau payung untuk melindungi kulit kepala dan wajah dari sinar matahari langsung. Dengan begitu, Anda dapat menikmati liburan di pantai dengan aman dan nyaman.

Uang tunai

Persiapkan uang tunai yang cukup untuk membayar tiket masuk ke pantai, tarif parkir kendaraan, serta untuk membeli makanan dan minuman di sekitar pantai. Jangan lupa pula membawa uang cadangan untuk keperluan tak terduga seperti sewa peralatan snorkeling atau bayar masuk ke area wisata di sekitar pantai.

Sebaiknya, siapkan uang dalam pecahan kecil untuk memudahkan dalam bertransaksi di tempat-tempat kecil atau warung makan di sekitar pantai. Selalu periksa kembali kantong dan dompet Anda sebelum berangkat agar uang tunai yang Anda bawa cukup dan sesuai dengan kebutuhan..

Transportasi

Jika tidak membawa kendaraan pribadi, ada beberapa pilihan transportasi yang bisa Anda gunakan untuk menuju ke Pantai. Salah satu pilihan yang umum digunakan adalah menyewa sepeda motor atau mobil. Anda bisa dengan mudah menemukan jasa rental kendaraan di Bali dengan berbagai pilihan tarif dan jenis kendaraan yang disediakan.

Selain itu, jika Anda tidak ingin repot mengurus kendaraan sendiri, bisa menggunakan jasa transportasi seperti taksi, ojek, atau shuttle bus yang tersedia di Bali. Namun, pastikan untuk memperkirakan waktu dan biaya transportasi dengan tepat agar tidak terlambat atau kehabisan uang selama berlibur.

Makanan dan Minuman

Anda juga dapat membawa makanan dan minuman sendiri jika ingin menghemat pengeluaran. Namun, pastikan untuk membuang sampah pada tempatnya dan menjaga kebersihan pantai.

Selain itu, jika ingin mencicipi kuliner khas Bali, Anda dapat mencoba berbagai hidangan di warung-warung yang tersedia di sekitar pantai. Dengan begitu, Anda dapat merasakan sensasi makan di tepi pantai sambil menikmati pemandangan yang indah..

Keamanan

Perhatikan keamanan barang-barang Anda selama berlibur di pantai. Hindari membawa barang berharga dan pastikan untuk mengunci kendaraan dan mengamankan barang bawaan.

Baca juga: Niat Mandi Wajib Haid: Doa, Tata Cara dan Manfaatnya

Pengalaman Berlibur ke Pantai Melasti

Sesampainya di Pantai, saya terpesona dengan keindahan alamnya. Pantai tersebut memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang biru dan jernih. Banyak pengunjung yang sedang menikmati suasana pantai dengan berjemur di bawah sinar matahari, bermain air, atau bahkan berjalan-jalan di sepanjang garis pantai.

Salah satu aktivitas yang di lakukan di Pantai Melasti adalah berenang di laut. Saya sangat menikmati keindahan air laut yang biru dan jernih serta ombak yang tidak terlalu besar, sehingga aman untuk berenang dan mencoba snorkeling dan melihat keindahan bawah laut yang menakjubkan, dengan berbagai spesies ikan yang berwarna-warni.

Selain itu, di sepanjang pantai Melasti terdapat banyak warung-warung kecil yang menjual makanan dan minuman lokal Bali. Mencoba beberapa hidangan tradisional Bali seperti nasi campur dan ayam betutu yang sangat lezat, juga mengunjungi Pura Melasti yang terletak di tepi pantai, tempat suci bagi masyarakat Hindu Bali dan memiliki keindahan arsitektur yang khas.

Penutup

Nikmati keindahan Pantai Melasti Ungasan Bali dengan segala fasilitas dan aktivitas yang menyenangkan. Persiapkan keperluan dan perlengkapan yang dibutuhkan serta perhatikan tips berlibur agar pengalaman liburan Anda semakin menyenangkan. Selamat menikmati liburan di Pantai Melasti!

Referensi

  1. https://tarubali.baliprov.go.id
  2. https://desaungasan.badungkab.go.id
  3. https://disparda.baliprov.go.id