wisata pangalengan
Jawa

11 Objek Wisata Pangalengan Yang Masih Alami

Pangalengan adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Ada beberapa tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi di daerah Pangalengan yang masih alami dan asri yang dapat Anda sekeluarga kunjungi.

Objek Wisata Pangalengan

Berikut rangkuman kami tentang objek wisata pangalengan yang masih alami dari berbagai sumber terpercaya

Curug Penganten Cimahi

Curug Penganten Cimahi adalah salah satu air terjun yang indah di daerah Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 60 meter dan berada di kawasan hutan yang asri dan sejuk.

Untuk mencapai Curug Penganten Cimahi, pengunjung harus melakukan perjalanan sekitar 10 km dari pusat kota Pangalengan dan kemudian melakukan pendakian melalui jalan setapak yang cukup menantang. Namun, saat tiba di lokasi, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan yang spektakuler.

Air terjun ini memiliki aliran air yang cukup deras dan menghasilkan suara gemuruh yang sangat merdu. Di sekitar air terjun, terdapat bebatuan besar yang menjadi tempat duduk atau bersantai sambil menikmati keindahan alam sekitar.

Tidak hanya menyajikan keindahan alam, Curug Penganten Cimahi juga menyediakan area piknik yang luas dan nyaman, sehingga tempat ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga atau teman-teman. Selain itu, di sekitar air terjun juga terdapat warung-warung kecil yang menjual makanan dan minuman untuk pengunjung.

Google Map Lokasi Curug Penganten Cimahi

Baca juga: Pesona Wisata di Yang Wajib Anda Kunjungi

Kawah Putih

Kawah Putih

Kawah Putih adalah salah satu tempat wisata alam yang terkenal di Jawa Barat, Indonesia. Terletak sekitar 28 km dari Pengalengan, Kawah Putih merupakan sebuah kawah vulkanik yang terbentuk akibat letusan gunung Patuha. Kawah ini memiliki danau yang indah dengan warna air yang unik yaitu putih kehijauan, yang menjadi daya tarik utama bagi pengunjung.

Untuk mencapai Kawah Putih, pengunjung harus melewati perkebunan teh dan hutan pinus yang menawan. Sesampainya di kawah, pengunjung akan disambut dengan pemandangan yang luar biasa indah. Kawah Putih sendiri memiliki ketinggian sekitar 2.430 meter di atas permukaan laut dan memiliki suhu yang cukup dingin, sehingga pengunjung disarankan untuk membawa jaket atau pakaian hangat.

Selain danau berwarna putih kehijauan, pengunjung juga bisa menikmati keindahan alam sekitar danau seperti pohon-pohon pinus yang rindang, serta tebing dan bukit yang hijau. Ada juga area viewing deck yang disediakan oleh pengelola tempat wisata, sehingga pengunjung bisa menikmati pemandangan Kawah Putih dengan lebih nyaman.

Di sekitar Kawah Putih, terdapat warung-warung kecil yang menyediakan makanan dan minuman untuk pengunjung. Selain itu, pengunjung juga bisa membeli oleh-oleh khas daerah seperti keripik singkong, keripik pisang, atau teh dari perkebunan teh sekitar. Kawah Putih merupakan tempat wisata yang sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga atau teman-teman, terutama bagi mereka yang menyukai keindahan alam dan pemandangan yang spektakuler.

Google Map Lokasi Kawah Putih

Situ Cileunca

Situ Cileunca

Situ Patenggang adalah sebuah danau yang tenang dan indah yang terletak sekitar 27 km dari Pengalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Danau ini memiliki luas sekitar 45 hektar dan dikelilingi oleh pemandangan hijau yang mempesona, seperti hutan pinus, perkebunan teh, dan bukit-bukit yang indah.

Untuk mencapai Situ Patenggang, pengunjung harus melewati perkebunan teh yang menawan dan jalan yang cukup menanjak. Sesampainya di lokasi, pengunjung akan disambut dengan pemandangan yang luar biasa indah. Di sekitar danau, terdapat warung-warung kecil yang menyediakan makanan dan minuman tradisional khas daerah, sehingga pengunjung bisa menikmati suasana alam yang tenang sambil menikmati kuliner lokal.

Selain menikmati keindahan alam, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas seperti bersepeda, memancing, dan mengelilingi danau dengan perahu kecil. Terdapat juga area piknik yang luas dan nyaman, sehingga tempat ini cocok untuk dijadikan sebagai tempat berkumpul bersama keluarga atau teman-teman.

Situ Patenggang juga memiliki cerita legenda yang unik dan menarik. Konon, dahulu kala Situ Patenggang merupakan tempat bertemunya dua pasangan kekasih dari dua keluarga yang berbeda yang tidak disetujui oleh orang tua mereka. Akhirnya, kedua pasangan tersebut memutuskan untuk bunuh diri di tengah danau dan setelah itu munculah sebuah pulau kecil di tengah danau yang disebut Pulau Asmara.

Situ Patenggang merupakan salah satu tempat wisata yang sangat direkomendasikan bagi mereka yang mencari tempat yang tenang dan indah untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.

Baca juga: Cara membuat Es Cincau Serut Gula Merah

Google Map Lokasi Situ Cileunca

Nimo Highland

Nimo Highland adalah salah satu tempat wisata terbaru yang sedang populer di Pangalengan. Lokasinya berada di Gunung Nini, kawasan Banjarsari, Pangalengan, Bandung. Tempat ini memiliki keunikan tersendiri karena menggabungkan bangunan dengan gaya Santorini, Rumah Indian, hingga area jembatan kaca yang menarik secara estetik.

Nimo Highland dibuka pada Mei 2022 dan sangat cocok bagi pengunjung yang ingin mengabadikan momen keindahan dengan latar belakang bangunan yang unik. Terdapat panduan ke Nimo Highland, Wisata Baru yang Instagramable di Bandung, yang dapat membantu pengunjung untuk mengeksplorasi tempat ini.

Untuk hari biasa, jam buka Nimo Highland dimulai dari pukul 09.00-17.00 WIB, sedangkan pada akhir pekan buka pukul 08.00-18.00 WIB. Pengunjung dapat menikmati waktu yang cukup lama untuk mengeksplorasi tempat ini dan menikmati keindahan alam di sekitarnya.

Google Map Lokasi Nimo Highland

Wayang Windu Panejoan

Wayang Windu Panenjoan merupakan salah satu destinasi wisata yang sedang populer di Pangalengan karena memiliki beberapa spot foto estetik yang menarik, seperti jembatan kayu yang membelah kebun teh dan jendela alam yang indah. Selain itu, lokasi ini juga berdekatan dengan Rumah Pengabdi Setan, yang merupakan tempat syuting film horor terkenal di Indonesia.

Wayang Windu Panenjoan buka setiap hari dari pukul 05.30-18.15 WIB. Tiket masuk ke tempat ini cukup terjangkau, yaitu Rp 10.000 per orang. Bagi pengunjung yang ingin berkemah, dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 20.000 per malam.

Destinasi wisata ini menawarkan pengalaman yang unik bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam di sekitar area tersebut dan mengeksplorasi berbagai spot foto menarik. Dengan harga tiket yang terjangkau, Wayang Windu Panenjoan bisa menjadi pilihan tepat untuk liburan akhir pekan atau liburan keluarga.

Google Map Lokasi Wayang Windu Panenjoan

Sungai Palayangan

Sungai Palayangan di Pangalengan, Jawa Barat, adalah tempat yang wajib dikunjungi bagi pecinta arung jeram. Area rafting di sungai ini mengalir dari Situ Cileunca ke Hutan Pinus Rahong dan memiliki tingkat kesulitan yang beragam, cocok untuk pemula maupun yang sudah mahir dalam arung jeram.

Sungai Palayangan terletak di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut dan memiliki keistimewaan karena tepi sungainya diapit oleh kawasan hutan dan kebun. Selama perjalanan arung jeram, pengunjung akan disuguhi pemandangan yang indah seperti hutan pinus, kebun teh, dan kebun sayur-sayuran.

Dengan lokasi yang spektakuler dan tingkat kesulitan yang bervariasi, Sungai Palayangan menjadi tempat yang ideal bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi arung jeram dan menikmati keindahan alam di sekitarnya.

Google Map Lokasi Sungai Palayang

Baca juga: Resep Tekwan Ikan Khas Palembang SumSel

Hutan Pinus Rahong

Sejak beberapa tahun lalu, hutan wisata yang dihiasi oleh pepohonan pinus di Pangalengan, Bandung, telah menjadi destinasi wisata yang populer di kalangan wisatawan. Keindahan alam yang memukau dengan suasananya yang sejuk membuat pengunjung betah berlama-lama di sana.

Tidak hanya sebagai tempat wisata, pepohonan di daerah resapan air ini juga dimanfaatkan untuk menghasilkan getah dan batang kayu untuk pembuatan tripleks. Selain itu, pengunjung yang beruntung dapat melihat aktivitas petani pinus sambil menikmati keindahan atmosfer hijaunya.

Hutan wisata pepohonan pinus ini memang menjadi destinasi yang menarik bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam dan merasakan kesejukan suasana. Selain itu, pengunjung juga dapat mempelajari lebih banyak tentang kegiatan petani dan pemanfaatan pepohonan pinus di daerah tersebut.

Google Map Lokasi Hutan Pinus Rahong

Kampung Singkur Pangalengan

Bagi penggemar wisata yang ingin mencari pengalaman yang memacu adrenalin, Kampung Singkur Pangalengan bisa menjadi pilihan. Di sana, pengunjung bisa mencoba aktivitas rafting dan tubing. Selain itu, dari situs resminya, pengunjung juga bisa menjajal paintball dan flying fox dengan harga mulai dari Rp 20.000.

Alamat Kampung Singkur Pangalengan berada di Jalan Raya Situ Cileunca KM. 4 Pangalengan, Bandung. Jam buka mulai dari pukul 07.00-19.00 WIB. Jika sedang mencari tempat wisata Pangalengan yang populer, jangan lewatkan untuk mencoba mengunjungi tempat ini.

Google Map Lokasi Kampung Singkur Pangalengan

Gunung Artapela

Gunung Artapela adalah gunung yang berstatus tidak aktif dan memiliki ketinggian 2.194 meter di atas permukaan air laut, terletak di daerah Pangalengan, Bandung, Jawa Barat. Destinasi ini sangat diminati oleh kalangan pendaki pemula karena dianggap cukup mudah didaki.

Meski ketinggiannya tidak terlalu tinggi, Gunung Artapela menawarkan pemandangan yang begitu indah. Saat pendakian, pendaki akan melewati kawasan padang rumput yang hijau dan subur. Selain itu, di gunung ini terdapat Danau Aul yang menjadi spot favorit para pendaki. Danau Aul merupakan danau kecil yang terletak di ketinggian yang cukup tinggi, sehingga pemandangan yang disajikan sangat memukau.

Pendakian di Gunung Artapela sangat direkomendasikan untuk dilakukan pada saat matahari terbit atau matahari senja. Karena pada saat itu, pemandangan yang disajikan sangat indah dan memukau. Saat matahari terbit, pendaki bisa melihat keindahan alam dari atas gunung ketika sinar matahari pertama kali muncul di ufuk timur. Sementara itu, saat matahari senja, pendaki dapat menikmati keindahan sunset dan panorama langit yang berubah menjadi kemerahan dan oranye.

Bagi pendaki pemula yang ingin merasakan pengalaman mendaki gunung yang menyenangkan dan menawarkan pemandangan indah, Gunung Artapela adalah pilihan yang tepat. Tidak hanya menawarkan pemandangan indah, gunung ini juga memberikan kesempatan untuk menikmati keindahan alam dan udara yang sejuk serta bersih.

Google Map Lokasi Gunung Artapela

Taman Langit Pangalengan

Taman Langit Pangalengan sedang menjadi tempat wisata yang sedang populer di Pangalengan. Tempat ini menarik banyak wisatawan yang ingin menikmati keindahan panorama alamnya yang menakjubkan. Dari sini, pengunjung dapat melihat pemandangan kebun teh yang menyejukkan dan awan-awan yang berkumpul di kejauhan.

Lokasi Taman Langit Pangalengan berada di Kp. Puncak Mulya, Jalan Cukul, Sukaluyu, Pangalengan, Bandung, seperti yang dikutip dari Kompas.com pada tanggal 25 April 2022. Tiket masuk ke Taman Langit Pangalengan untuk tahun 2022 adalah Rp 10.000 untuk orang dewasa, sedangkan anak-anak usia 7-12 tahun dikenakan tarif sebesar Rp 5.000.

Selain bersantai dan berfoto-foto, pengunjung juga dapat berkemah di Taman Langit Pangalengan. Suasana alam yang indah akan membuat pengunjung merasa tenang dan damai. Dengan udara yang segar dan keindahan alam yang memukau, pengunjung pasti akan merasa terhibur dan senang selama di sana.

Google Map Lokasi Taman Langit Pangalengan

Baca juga: Legenda Danau Toba: Cerita Rakyat Toba Sumatera Utara

Kebun Teh Malabar

Kebun Teh Malabar terletak di Banjarsari, Pangalengan, Kabupaten Bandung. Dahulu, wilayah ini merupakan hutan belantara yang kemudian diubah menjadi kebun teh pertama di daerah tersebut. Saat ini, kebun teh ini menjadi tempat yang sangat populer bagi para wisatawan yang mengunjungi Bandung.

Di Kebun Teh Malabar, terdapat beberapa tempat menarik yang dapat dikunjungi, salah satunya adalah makam Karel Albert Rudolf Bosscha, seorang pendiri ITB dan juga Observatorium Bosscha. Makam tersebut sangat terawat dan indah dipandang.

Selain itu, pengunjung juga dapat mengunjungi Rumah Bosscha yang terletak di bagian belakang “hutan teh.” Bangunan ini masih terawat dan mempertahankan keindahannya hingga saat ini.

Bagi pengunjung yang ingin melihat proses pengolahan teh, Pabrik Teh Malabar juga dapat dikunjungi. Di sana, pengunjung dapat melihat dan mempelajari proses pembuatan teh mulai dari pengumpulan daun teh hingga proses pengemasan.

Tidak hanya menawarkan tempat wisata dan pemandangan yang indah, Kebun Teh Malabar juga memiliki keunikan tersendiri dalam hal pengepakan teh. Teh yang diproduksi di sana dikemas dalam bungkus yang terbuat dari kertas bekas. Selain itu, Kebun Teh Malabar juga memiliki koleksi teh yang sangat unik, seperti teh dengan rasa coklat dan madu.

Untuk menuju ke Kebun Teh Malabar, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan angkutan umum dengan rute Bandung – Pangalengan. Setelah itu, perjalanan dapat dilanjutkan dengan menggunakan ojek atau kendaraan lainnya menuju kebun teh.

Google Map Lokasi Kebun Teh Malabar

Lokasi Pangalengan

Pangalengan adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Terletak sekitar 36 km di sebelah tenggara Kota Bandung, dengan waktu tempuh sekitar 1-1,5 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor. Pangalengan juga terkenal dengan destinasi wisata alamnya seperti pegunungan, perkebunan teh, danau, dan tempat-tempat aktivitas outdoor lainnya.

Baca juga: Devisa: Pengertian, Jenis, Macam, Fungsi dan Manfaat

Rute Menuju Pangalengan

Untuk rute menuju Pangalengan, tergantung dari titik awal Anda. Jika Anda berangkat dari Bandung, berikut beberapa rute yang dapat Anda tempuh:

  • Rute melalui Tol Cipularang: Keluar di gerbang tol Padalarang dan lanjutkan ke arah Jalan Raya Padalarang-Cianjur. Kemudian, belok kanan ke arah Jalan Raya Ciwidey-Pangalengan dan terus mengikuti jalan tersebut hingga sampai di Pangalengan.
  • Rute melalui Jalan Raya Bandung-Garut: Ikuti Jalan Raya Bandung-Garut hingga melewati Cicalengka, Cileunyi, dan lembang. Setelah melewati lembang, belok kiri ke Jalan Raya Ciwidey-Pangalengan dan terus mengikuti jalan tersebut hingga sampai di Pangalengan.
  • Rute melalui Jalan Raya Cianjur-Cipanas: Ikuti Jalan Raya Cianjur-Cipanas hingga melewati Sukabumi. Setelah melewati Sukabumi, belok kanan ke arah Jalan Raya Cipanas-Cisarua-Cibodas, dan terus mengikuti jalan tersebut hingga sampai di Pangalengan.

Pastikan Anda mempersiapkan diri dengan baik sebelum melakukan perjalanan, termasuk memeriksa kondisi kendaraan dan memperhatikan rambu-rambu lalu lintas serta keselamatan di jalan.

Penutup

Semoga informasi mengenai destinasi wisata Pangalengan yang telah disampaikan dapat membantu para pembaca dalam merencanakan liburan atau perjalanan mereka ke daerah tersebut. Pangalengan menyimpan banyak tempat menarik dan indah yang dapat dinikmati oleh para wisatawan, mulai dari pegunungan yang menantang, kebun teh yang menyejukkan, hingga objek wisata modern yang Instagramable.

Selain itu, masyarakat Pangalengan yang ramah dan selalu menyambut para tamu dengan senyum membuat liburan di sana semakin berkesan. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan mematuhi protokol kesehatan saat berkunjung ke destinasi wisata manapun. Selamat liburan!

Referensi

  1. https://kecamatanpangalengan.bandungkab.go.id
  2. https://disparbud.jabarprov.go.id