pantai bosowa
Sulawesi

Pantai Bosowa: Destinasi Wisata Pantai di Kota Makassar

Pantai Bosowa terletak di Metro Tanjung Bunga, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Lokasinya mudah ditemukan, di depan Mal GTC Makassar. Jaraknya dari Titik Tengah Indonesia (TTI) sekitar 3 kilometer atau bisa dicapai hanya dalam 8 menit.

Pantai Indah Bosowa dikelilingi oleh pohon-pohon rindang di sekitar pantai. Pantai ini lebih baik dikunjungi di sore hari. Anda akan menikmati matahari terbenam dan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan bersama orang terdekat Anda. Bosowa menawarkan suasana yang sangat eksotis dan memiliki tempat foto yang menarik.

Pantai Bosowa Destinasi Wisata Pantai di Kota Makasar

Pantai Indah Bosowa merupakan salah satu objek wisata yang menarik di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Lokasinya berada di kawasan lahan milik perusahaan Bosowa Corp. yang dikelola menjadi tempat wisata terbuka untuk umum. Pantai ini bersebelahan dengan Pantai Akkarena Makassar dan baru dibuka untuk umum sejak Juli 2021 lalu.

Pantai Indah Bosowa menjadi viral di media sosial, terutama di Tiktok, karena keindahan pemandangannya yang masih alami. Keberadaan pohon-pohon rindang di sekitar pantai menciptakan suasana yang asri dan menenangkan. Pantai ini juga memiliki keunggulan lokasi yang dekat dengan pusat kota, sehingga banyak dikunjungi oleh masyarakat sebagai pilihan liburan.

Kebersihan pantai dan ombak yang tenang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Selain itu, fasilitas penunjang seperti tempat parkir yang luas, warung makanan dan minuman, serta toilet yang bersih dan nyaman membuat pengunjung merasa nyaman dan betah di Pantai Indah Bosowa.

Tidak hanya itu, panorama sunset atau matahari terbenam menjadi daya tarik lainnya yang dicari banyak orang. Pengunjung dapat menikmati keindahan langit jingga sembari merasakan hembusan angin yang menyegarkan. Pantai Indah Bosowa juga menyediakan spot-spot menarik untuk foto-foto yang Instagramable.

Dengan segala keindahan dan fasilitas yang lengkap, tidak heran jika Pantai Indah Bosowa menjadi destinasi liburan yang populer di Kota Makassar. Jika Anda ingin merasakan keindahan pantai yang masih alami, maka Pantai Indah Bosowa bisa menjadi pilihan tepat untuk dikunjungi.

Baca juga: Objek Wisata Pengalengan Yang Masih Alami

Keunikan dan Sejarah Pantai Bosowa

Pantai Bosowa terletak di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Indonesia. Pantai ini memiliki keunikan tersendiri yang menarik minat para wisatawan untuk datang berkunjung.

Salah satu keunikan Pantai Bosowa adalah terdapatnya tebing kapur yang membentang sepanjang pantai. Tebing ini menjadi latar belakang yang indah untuk menikmati panorama pantai. Selain itu, di Pantai Bosowa juga terdapat beberapa batu besar yang berada di pinggir pantai, memberikan pemandangan yang eksotis dan menarik.

Tak hanya keunikan alam, Pantai Bosowa juga memiliki sejarah yang menarik. Konon, pantai ini menjadi saksi bisu dari sejarah panjang kerajaan Gowa-Tallo, yang terletak tidak jauh dari pantai. Pantai Bosowa juga merupakan lokasi pertempuran antara pasukan Sultan Hasanuddin dengan Belanda pada masa penjajahan.

Selain itu, Pantai Bosowa juga dianggap sebagai tempat keramat oleh masyarakat setempat. Konon, ada sebuah batu besar di pantai yang disebut Batu Ompu Rongkong, yang diyakini memiliki kekuatan magis dan mampu memberikan berkah bagi orang-orang yang berdoa di dekatnya.

Dengan keunikan alam dan sejarah yang dimilikinya, tak heran jika Pantai Bosowa menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Sulawesi Selatan.

Aktivitas Menyenangkan di Pantai Bosowa

Salah satu hal yang menarik di Pantai Bosowa adalah keindahan panorama pantainya yang sangat indah meskipun warna pasirnya cenderung gelap. Pengunjung dapat menikmati luasnya lautan yang terhampar di depan mata, sehingga pantai ini sangat cocok untuk bersantai dan melepas penat setelah bekerja atau berkunjung bersama keluarga.

Ada banyak kegiatan dan atraksi menarik yang dapat dilakukan di pantai ini, di antaranya:

Bermain Air di Pantai

Pantai Bosowa memiliki air laut yang aman dan cocok untuk anak-anak karena ombaknya tidak terlalu besar. Pengunjung juga dapat menggunakan pelampung ban yang tersedia dengan harga sewa yang terjangkau. Selain itu, terdapat berbagai wahana permainan air seperti jet ski yang dapat disewa dengan harga yang cukup terjangkau.

Bersantai dan Berfoto di Pinggir

Pantai Pengunjung yang ingin bersantai dan menikmati pemandangan indah dapat duduk di kursi santai atau lesehan yang tersedia di pinggir pantai. Pemandangan yang menawan, lingkungan yang bersih, dan suasana yang nyaman akan membuat pengunjung merasa senang. Ada banyak ornamen dan aksesoris unik yang menarik untuk berfoto di sekitar pantai. Selain itu, pohon-pohon rindang juga tersedia untuk berteduh dari sinar matahari.

Wisata Kuliner di Cerita

Pantai Pantai Bosowa juga memiliki food court dan kafe estetik yang menyajikan berbagai menu favorit. Salah satu tempat yang menarik adalah Cafe Cerita Pantai dengan konsep kafe outdoor yang keren dan kekinian. Terdapat berbagai bangku estetik dan spot lesehan di mana pengunjung dapat menikmati hidangan di pinggir pantai atau bahkan memanggang barbeque.

Spot Terbaik untuk Menikmati Sunset

Menikmati sunset adalah salah satu aktivitas yang wajib dilakukan ketika berkunjung ke Pantai Bosowa Makassar. Saat senja tiba, pengunjung dapat menikmati keindahan langit jingga yang mempesona dengan hamparan lautan di depan mata. Pengalaman melihat matahari terbenam adalah pengalaman yang tak terlupakan dan membuat banyak orang merasa senang.

Menikmati Indahnya Kerlap-kerlip Lampu Hias

Setelah menikmati keindahan panorama sunset, pengunjung dapat menikmati suasana malam yang indah dan romantis di Pantai Bosowa. Lampu hias dan sorot cahaya dari berbagai sudut menciptakan suasana teduh dan melow yang dapat dinikmati sembari menikmati hidangan atau bercerita. Semilir angin malam pantai akan membawa kenangan dan kepenatan pengunjung sebelum kembali ke kehidupan sehari-hari.

Aktivitas Olahraga di Pantai

Selain bermain air dan jet ski, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas olahraga lainnya di Pantai Bosowa. Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di sini antara lain bersepeda, jogging, atau bermain voli pantai.

Pemandangan pantai yang indah akan semakin membuat olahraga di sini terasa menyenangkan. Bagi yang ingin berolahraga bersama keluarga atau teman, pantai ini merupakan pilihan yang tepat.

Menjelajahi Pulau-pulau Terdekat

Pantai Bosowa terletak di sebelah timur Pulau Sulawesi, dan di dekatnya terdapat beberapa pulau kecil yang menarik untuk dikunjungi. Beberapa pulau tersebut antara lain Pulau Samalona, Pulau Lae-Lae, dan Pulau Kodingareng Keke.

Pengunjung dapat menyewa kapal untuk menjelajahi pulau-pulau ini. Selain menikmati keindahan pantai dan laut, pengunjung juga dapat menikmati aktivitas snorkeling dan diving di sini.

Menikmati Suasana Tepi Pantai di Malam Hari

Pantai Bosowa juga menawarkan suasana yang berbeda pada malam hari. Pengunjung dapat menikmati keindahan pantai di malam hari dengan duduk di tepi pantai sambil menikmati semilir angin malam dan suara ombak yang tenang.

Selain itu, terdapat beberapa warung makan yang buka hingga malam hari, sehingga pengunjung dapat menikmati hidangan khas Sulawesi sambil menikmati pemandangan malam yang indah.

Menjelajahi Kota Makassar

Makassar merupakan ibu kota Sulawesi Selatan yang memiliki banyak tempat wisata menarik. Beberapa tempat yang dapat dikunjungi antara lain Fort Rotterdam, Pantai Losari, dan Taman Wisata Trans Studio Makassar.

Pengunjung dapat menghabiskan waktu di Pantai Bosowa dan juga menjelajahi kota Makassar dalam satu hari. Ini akan menjadi pengalaman wisata yang menyenangkan dan mengesankan.

Demikianlah beberapa aktivitas dan daya tarik wisata yang dapat dinikmati di Pantai Bosowa, Makassar. Pantai ini merupakan destinasi wisata yang cocok bagi keluarga, teman, atau pasangan yang ingin melepas penat dan menikmati keindahan alam.

Baca juga: Pesona Wisata di Ubud Bali Yang Wajib Anda Kunjungi

Fasilitas Yang Terdapat di Pantai Basowa

Di Pantai Bosowa terdapat berbagai fasilitas yang memudahkan pengunjung untuk menikmati liburan mereka. Beberapa di antaranya adalah:

Area Parkir

Sudah seharusnya sebuah tempat wisata memiliki tempat parkir yang memadai. Sebagai tempat wisata yang populer di kalangan wisatawan, Pantai Bosowa Makassar menawarkan fasilitas parkir yang luas dan nyaman.

Setiap akhir pekan dan hari libur, belum pernah tercatat bahwa ada kendaraan yang tidak mendapatkan tempat parkir karena penuh. Hal ini menunjukkan keseriusan pihak pengelola dalam mengembangkan pantai sebagai salah satu tempat wisata terbaik di Makassar.

Kamar Mandi dan Toilet

Pantai Bosowa Makassar tidak hanya menawarkan fasilitas parkir yang memadai, tetapi juga fasilitas toilet dan ruang ganti yang bisa digunakan secara gratis oleh setiap wisatawan yang telah selesai bermain air dan berenang di pantai tersebut.

Dalam hal kebersihan, area pantai ini terjaga dengan baik dan nyaman digunakan, dengan air yang bersih dan segar. Hal ini membuat para wisatawan yang hendak membilas badan dan mandi di sana tidak akan merasa lengket lagi setelah terkena air laut yang asin.

Namun, perlu diketahui bahwa peralatan bilas seperti sabun dan handuk harus dibawa sendiri oleh wisatawan. Meskipun begitu, fasilitas yang tersedia di pantai Bosowa Makassar dapat memenuhi kebutuhan dasar wisatawan yang hendak bermain air dan menikmati keindahan pantai.

Area Istirahat

Selain fasilitas toilet dan ruang ganti yang tersedia di pantai Bosowa Makassar, terdapat juga area istirahat yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk bersantai menikmati suasana pantai. Area ini dilengkapi dengan kursi santai dan lesehan yang bisa digunakan untuk duduk dan bersantai sambil menikmati pemandangan pantai yang indah.

Dengan adanya area istirahat ini, pengunjung dapat menikmati keindahan pantai Bosowa Makassar dengan lebih nyaman dan santai. Bisa duduk-duduk sambil menikmati suasana pantai yang tenang dan menyegarkan, serta bersantai dengan keluarga atau teman-teman.

Penyewaan Alat Bermain Air

Selain fasilitas yang sudah disebutkan sebelumnya, pantai Bosowa Makassar juga menyediakan alat permainan air yang sangat seru dan menyenangkan. Pengunjung dapat menyewa alat permainan air seperti pelampung ban, jet ski, dan banana boat dengan harga yang cukup terjangkau.

Pelampung ban adalah salah satu alat permainan air yang paling populer di pantai ini. Pengunjung dapat menikmati sensasi mengapung di atas laut menggunakan ban karet yang besar. Selain itu, ada juga jet ski yang bisa disewa untuk menjelajahi pantai dengan kecepatan tinggi.

Bagi pengunjung yang lebih suka tantangan, banana boat adalah pilihan yang tepat. Alat permainan air ini bisa menampung beberapa orang sekaligus dan terlihat seperti banan yang besar. Banana boat akan ditarik oleh kapal dan diarahkan menuju ke arah ombak yang lebih besar, memberikan sensasi yang sangat menyenangkan dan menantang bagi para penggemar olahraga air.

Dengan menyewa alat permainan air ini, pengunjung dapat menambah pengalaman yang menyenangkan selama berada di pantai Bosowa Makassar. Selain itu, harga yang terjangkau juga membuat pengunjung tidak perlu khawatir akan menguras budget liburan mereka.

Tempat Makan

Pantai Bosowa Makassar tidak hanya menawarkan keindahan pantainya dan berbagai aktivitas permainan air yang seru, tetapi juga menawarkan berbagai pilihan kuliner yang lezat. Terdapat berbagai tempat makan yang bisa ditemukan di sekitar pantai, mulai dari kios-kios makanan hingga cafe yang nyaman.

Untuk para pengunjung yang ingin mencoba makanan khas Makassar, ada beberapa kios makanan yang menyediakan berbagai hidangan khas seperti coto Makassar, konro, dan pallubasa. Selain itu, juga tersedia berbagai jenis makanan laut segar seperti ikan bakar, cumi-cumi, dan udang goreng.

Bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana yang lebih santai, ada food court yang menyediakan berbagai pilihan makanan dengan harga yang terjangkau. Food court ini dilengkapi dengan banyak meja dan kursi, sehingga pengunjung bisa bersantai sambil menikmati makanan.

Untuk yang ingin menikmati suasana yang lebih eksklusif, ada juga cafe yang menyediakan pilihan makanan dan minuman yang lebih berkelas. Cafe ini dilengkapi dengan interior yang nyaman dan pemandangan pantai yang indah, sehingga pengunjung bisa menikmati makanan dan minuman sambil menikmati pemandangan pantai yang cantik.

Area Bermain Anak

Selain menyediakan fasilitas permainan air dan tempat makan yang lezat, pantai Bosowa Makassar juga menyediakan area bermain untuk anak-anak. Area bermain ini dilengkapi dengan berbagai permainan yang cocok untuk anak-anak, seperti ayunan, perosotan, dan kereta mini.

Anak-anak bisa bermain sepuasnya di area bermain yang aman dan bersih ini, sambil menikmati pemandangan pantai yang indah. Para orang tua juga bisa duduk-duduk di sekitar area bermain sambil mengawasi anak-anak mereka bermain.

Selain itu, area bermain anak ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang membuat pengunjung merasa nyaman, seperti kursi-kursi dan tempat teduh yang bisa digunakan untuk istirahat. Dengan adanya area bermain anak ini, pantai Bosowa Makassar menjadi tempat yang sangat ideal untuk dikunjungi oleh keluarga dengan anak-anak.

Area Pemandian

Pantai Bosowa Makassar juga menyediakan area pemandian yang luas dan nyaman untuk pengunjung yang ingin berenang di pantai. Area pemandian ini terletak dekat dengan pantai, sehingga pengunjung bisa langsung berenang di laut atau menggunakan area pemandian untuk membersihkan diri sebelum dan sesudah berenang.

Area pemandian ini dilengkapi dengan air yang jernih dan bersih, serta fasilitas seperti shower dan kamar mandi yang lengkap. Pengunjung bisa merasa nyaman dan segar setelah berenang di pantai dan membersihkan diri di area pemandian.

Selain itu, area pemandian ini juga dilengkapi dengan kursi-kursi santai dan payung untuk pengunjung yang ingin bersantai dan menikmati suasana pantai setelah berenang. Para pengunjung juga bisa menyimpan barang-barang mereka di kotak penyimpanan yang tersedia di sekitar area pemandian.

Tempat Penyimpanan Barang

Selain berbagai fasilitas yang telah disebutkan sebelumnya, Pantai Bosowa Makassar juga menyediakan tempat penyimpanan barang yang aman bagi pengunjung yang membawa barang berharga seperti tas, kamera, dan lain-lain. Tempat penyimpanan barang ini bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pengunjung yang ingin menikmati pantai tanpa khawatir kehilangan barang berharga mereka.

Tempat penyimpanan barang ini terletak di dekat pintu masuk pantai, sehingga mudah diakses oleh para pengunjung. Pengunjung dapat menyewa loker yang terletak di dalam kotak penyimpanan, yang hanya bisa dibuka dengan menggunakan kunci khusus. Harga sewa loker ini cukup terjangkau dan bisa disesuaikan dengan waktu penyimpanan barang.

Dengan adanya tempat penyimpanan barang yang aman ini, para pengunjung dapat menikmati pantai dengan lebih tenang dan nyaman, tanpa harus khawatir kehilangan barang berharga mereka. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati berbagai fasilitas yang tersedia di pantai Bosowa Makassar tanpa harus mengkhawatirkan barang bawaan mereka.

Hal ini menunjukkan bahwa pihak pengelola Pantai Bosowa Makassar sangat memperhatikan kenyamanan dan keamanan para pengunjungnya. Dengan berbagai fasilitas yang disediakan, Pantai Bosowa Makassar dapat menjadi tempat wisata yang ideal bagi para wisatawan yang ingin menikmati suasana pantai yang indah dan menenangkan.

Layanan Kesehatan

Terdapat layanan kesehatan seperti tempat pertolongan pertama dan tenaga medis yang siap membantu dalam kondisi darurat. Dengan adanya berbagai fasilitas ini, pengunjung bisa menikmati liburan mereka dengan nyaman dan tenang di Pantai Bosowa.

Baca juga: Pesona Keindahan Alam Gunung Rinjani

Rute Menuju Pantai Bosowa

Untuk menuju ke Pantai Bosowa, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum seperti angkutan kota atau taksi. Pantai Bosowa terletak di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, sekitar 20 km dari pusat Kota Makassar.

Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi dari Kota Makassar, kamu bisa mengikuti rute perjalanan menuju arah Jalan Sultan Alauddin, lalu belok kanan ke Jalan Urip Sumoharjo, dan kemudian belok kiri ke Jalan Boulevard Galesong. Setelah itu, ikuti saja petunjuk arah ke Pantai Bosowa.

Sedangkan jika kamu menggunakan angkutan umum, kamu bisa menaiki angkutan kota yang menuju ke arah Maros atau Terminal Daya. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan naik ojek atau kendaraan pribadi untuk menuju ke Pantai Bosowa.

Google Map Lokasi Pantai Bosowa

Harga Tiket Masuk Kawasan Pantai Basowa

Tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk memasuki kawasan wisata Pantai Indah Bosowa. Berikut adalah harga tiket masuk dan biaya parkir yang perlu diperhatikan:

  • Harga tiket masuk: Rp 10.000
  • Biaya parkir sepeda motor: Rp 5.000
  • Biaya parkir mobil: Rp 10.000

Namun, harga tersebut belum termasuk biaya sewa peralatan atau makanan yang tersedia di dalam kawasan.

Jam Buka Pantai Bosowa

Pantai Indah Bosowa buka setiap hari mulai pukul 05.00 hingga pukul 21.00 Wita, kecuali untuk pengunjung yang ingin menginap di pantai ini, karena dapat dinikmati selama 24 jam. Saat yang paling tepat untuk berkunjung adalah pada sore hari, karena matahari tidak terlalu terik dan kamu dapat menikmati suasana saat matahari terbenam.

Pantai ini seringkali ramai dikunjungi wisatawan pada akhir pekan, jadi lebih baik merencanakan kunjungan anda sebelumnya agar dapat menikmati liburan dengan nyaman. Namun, perlu diingat bahwa waktu kunjungan terbaik tergantung pada preferensi pribadi dan jadwal anda.

Baca juga: Candi Prambanan: Sejarah dan Situs Warisan Dunia

Tips Berkunjung ke Pantai Basowa

Berikut beberapa tips yang bisa membantu kamu dalam berkunjung ke Pantai Bosowa:

  • Sebaiknya kamu merencanakan kegiatan liburan sebelumnya agar bisa memaksimalkan waktu dan menghindari kerepotan. Kamu bisa mencari informasi tentang pantai ini seperti fasilitas, harga tiket masuk, dan waktu operasional.
  • Kamu akan menghabiskan banyak waktu di bawah sinar matahari dan beraktivitas di pantai, jadi pastikan kamu memakai pakaian yang nyaman dan sesuai seperti pakaian renang, topi, dan kacamata hitam.
  • Bawa perlengkapan yang dibutuhkan seperti handuk, tabir surya, dan sandal pantai. Kamu juga bisa membawa mainan pantai seperti bola atau papan selancar jika ingin bermain air.
  • Pantai Bosowa memiliki ombak yang cukup besar, jadi pastikan kamu selalu berhati-hati dan memperhatikan keselamatan. Jangan berenang terlalu jauh ke laut jika kamu tidak terbiasa dengan ombak yang besar.
  • Sebagai pengunjung yang bertanggung jawab, kamu juga harus membantu menjaga kebersihan pantai dengan membuang sampah pada tempatnya dan tidak merusak lingkungan sekitar.

Dengan memperhatikan tips di atas, kamu bisa menikmati pengalaman yang menyenangkan dan aman saat berkunjung ke Pantai Bosowa.

Baca juga: Sawarna Srikandi: Tempat Wisata Terbaik di Banten

Keperluan dan Persiapan Sebelum Berwisata ke Pantai Basowa

Berikut beberapa keperluan dan persiapan yang perlu dipersiapkan sebelum berkunjung ke Pantai Basowa:

Pakaian

Pastikan Anda mengenakan pakaian yang sesuai dengan suasana pantai, seperti baju kaos, celana pendek, atau pakaian renang. Bawalah juga baju ganti jika Anda ingin bermain air atau berenang di laut.

Pelindung Matahari

Pantai Basowa terkenal dengan cuaca yang panas dan terik. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk membawa tabir surya, topi, dan kacamata hitam untuk melindungi kulit dan mata dari sinar UV.

Sandal atau Sepatu

Pantai Sandal atau sepatu pantai merupakan pilihan yang tepat untuk berkunjung ke Pantai Bosowa. Karena area pantai biasanya terdiri dari pasir dan bebatuan, sehingga akan lebih mudah dan nyaman jika Anda menggunakan sandal atau sepatu yang ringan dan mudah untuk dibersihkan.

Air Minum

Pastikan untuk membawa air minum yang cukup untuk menghindari dehidrasi selama berada di pantai.

Makanan dan Camilan

Anda bisa membawa bekal makanan dan camilan jika ingin menghemat biaya makan di Pantai Bosowa. Namun, jika Anda ingin mencoba makanan di sekitar pantai, pastikan untuk memilih makanan yang segar dan aman dikonsumsi.

Alat-alat Hiburan

Bawalah alat-alat hiburan, seperti buku, game, atau bola pantai, untuk membuat liburan Anda semakin menyenangkan.

Tas atau Koper

Bawalah tas atau koper yang mudah dibawa dan nyaman untuk membawa semua barang bawaan Anda.

Biaya Masuk dan Parkir

Pastikan untuk membawa uang yang cukup untuk membayar biaya masuk dan parkir di Pantai Bosowa. Sebelumnya, pastikan juga untuk mengetahui harga tiket masuk dan biaya parkir yang berlaku di sana.

Dengan mempersiapkan keperluan dan persiapan tersebut, liburan Anda di Pantai Basowa akan menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Baca juga: Asimilasi: Pengertian, Faktor Pendorong, Ciri, dan Contoh

Pengalaman Berlibur Ke Pantai Basowa

Pantai Basoowa di Makassar, Sulawesi Selatan, adalah destinasi wisata pantai yang populer di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara. Saya pun pernah berkunjung ke Pantai Basoowa dan mendapatkan pengalaman berlibur yang menyenangkan di sana.

Sesampainya di Pantai Basoowa, saya langsung terpesona dengan panorama pantai yang indah dengan pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih dan biru. Di sana saya melihat banyak orang sedang menikmati keindahan alam pantai, berjemur di bawah terik matahari, berenang, atau sekedar bermain pasir.

Saya juga mencoba beberapa aktivitas di pantai Basoowa, seperti menyewa perahu kano, menyelam, dan snorkeling. Saya menyukai kegiatan menyelam dan snorkeling, karena saya bisa melihat keindahan bawah laut yang menakjubkan dengan berbagai spesies ikan yang berwarna-warni.

Pantai Basoowa juga memiliki sejumlah warung makanan dan kios yang menjual berbagai makanan dan minuman tradisional khas Makassar. Saya mencoba beberapa hidangan khas Makassar seperti Coto Makassar dan Konro Bakar yang sangat lezat.

Selain itu, saya juga mengunjungi beberapa tempat wisata di sekitar Pantai Basoowa, seperti Benteng Rotterdam, Monumen Mandala, dan Taman Wisata Budaya Selamat Datang.

Penutup

Demikianlah beberapa informasi mengenai Pantai Bosowa, mulai dari fasilitas, rute, harga tiket masuk, waktu terbaik untuk berkunjung, tips, keperluan dan persiapan, hingga keunikan dan sejarah pantai. Dengan informasi ini, diharapkan dapat membantu Anda dalam merencanakan dan mempersiapkan liburan ke pantai yang indah ini.

Referensi

  1. https://makassarkota.go.id
  2. https://disbudpar.sulselprov.go.id
  3. https://explore.makassarkota.go.id