pantai losari
Sulawesi

Pantai Losari: Objek Wisata di Sulawesi Selatan

Pantai Losari merupakan salah satu atraksi wisata yang menjadi ikon Kota Makassar, Sulawesi Selatan, pantai ini menjadi destinasi favorit wisatawan yang berkunjung ke kota ini karena keindahan alamnya yang sangat memukau. Pantai Losari terkenal dengan pemandangan matahari tenggelamnya yang menakjubkan, yang sayang untuk dilewatkan. Jangan lupa untuk mengabadikan momen indah tersebut dengan kamera Anda.

Pantai buka 24 jam setiap harinya dan tidak dikenakan biaya masuk kepada pengunjung. Pengunjung dapat menikmati suasana pantai yang tenang dan santai sambil menikmati angin laut yang segar. Selain menikmati pemandangan pantai, pengunjung juga dapat menikmati makanan khas Makassar seperti “pisang epe” dan “mie titi” yang dapat ditemukan di sekitar pantai.

Pantai Losari juga memiliki berbagai macam aktivitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung seperti olahraga air, berjalan-jalan, atau hanya sekedar duduk santai di tepi pantai. Jika Anda ingin merasakan pengalaman unik, jangan lewatkan untuk mencoba naik perahu tradisional yang ada di sekitar pantai. Dari atas perahu, Anda dapat menikmati keindahan pantai dengan cara yang berbeda.

Fasilitas Wisata di Pantai Losari

Pantai Losari adalah kawasan wisata yang sangat diminati para wisatawan yang mengunjungi Kota Makassar. Selain menawarkan pemandangan indah dan kuliner khas Makassar, Pantai juga memiliki berbagai fasilitas yang dapat memanjakan para pengunjungnya. Berikut kami rangkum fasilitas wisata di Pantai yang dapat dinikmati:

Wahana Air

Bagi para pengunjung yang menyukai wahana air, di Pantai Losari terdapat beberapa wahana air seperti perahu, sepeda air, dan banana boat yang dapat dinikmati. Selain itu, pengunjung juga dapat menyewa Kapal Pinisi untuk berkeliling di sekitar Pantai. Kapal Pinisi merupakan kapal tradisional khas Sulawesi Selatan yang menjadi salah satu daya tarik wisata di Pantai.

Baca juga: Pantai Bosowa: Destinasi Wisata Pantai di Kota Makassar

Spot Sunset

Salah satu fasilitas yang sangat populer adalah spot sunset. Di sini pengunjung dapat menikmati matahari tenggelam yang sangat indah sambil menikmati kuliner khas Makassar, yaitu Pisang Epe. Anjungan Pantai merupakan tempat yang paling tepat untuk menikmati keindahan sunset tersebut.

Kunier Khas Makassar

Tidak ketinggalan, Pantai Losari juga menjadi pusat kuliner khas Makassar yang populer. Pisang Epe merupakan kuliner yang paling terkenal dan sangat direkomendasikan untuk dicicipi, pisang mentah atau setengah matang dibakar kemudian di pipihkan dan dicampur dengan air gula merah. Pisang Epe paling nikmat dinikmati saat masih hangat dengan minum sarabba atau wedang jahe khas Makassar.

Dalam kawasan Pantai juga terdapat berbagai macam kuliner khas Makassar yang dapat dinikmati oleh para pengunjung. Beberapa di antaranya adalah Coto Makassar, Konro, Pallubasa, dan lain sebagainya. Jadi, bagi pengunjung yang ingin mencicipi kelezatan kuliner khas Makassar, Pantai menjadi pilihan yang tepat.

Masjid Terapung Amirul Mukminin

Pantai Losari juga memiliki Masjid Terapung Amirul Mukminin yang merupakan masjid ikonik di Makassar. Masjid ini memiliki bentuk seperti rumah adat tradisional Sulawesi Selatan dan mulai dibangun pada tahun 2009 dan rampung pada Desember 2012 yang kemudian diresmikan oleh Jusuf Kalla. Masjid Terapung Amirul Mukminin juga menjadi salah satu destinasi wisata religi bagi para wisatawan yang ingin berwisata sambil beribadah.

Lapangan Olahraga

Di Pantai Losari juga terdapat lapangan olahraga yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk bermain sepak bola atau voli pantai. Lapangan olahraga ini biasanya ramai dikunjungi oleh masyarakat setempat maupun wisatawan pada sore hari.

Toko Souvenir

Tidak hanya itu, di Pantai Losari juga terdapat toko-toko souvenir yang menjual berbagai macam souvenir khas Makassar. Mulai dari kain tenun, kerajinan tangan, hingga makanan khas Makassar dapat ditemukan di toko-toko souvenir ini. Sehingga pengunjung yang ingin membawa oleh-oleh khas Makassar dapat membelinya di sini.

Dengan berbagai fasilitas yang tersedia, Pantai Losari memang menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Kota Makassar. Pengalaman berwisata di Pantai akan meninggalkan kesan yang tak terlupakan bagi para pengunjungnya.

Baca juga: Cara Membuat Es Cincau Serut Gula Merah

Rute Menuju ke Pantai Losari

Pantai Losari terletak di pusat Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia, sehingga mudah diakses dengan berbagai moda transportasi. Berikut adalah beberapa rute yang dapat ditempuh untuk menuju ke Pantai:

  1. Dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar:
  • Naik taksi atau pesawat ke kota Makassar
  • Dari kota Makassar, perjalanan ke Pantai dapat ditempuh dengan taksi, angkutan umum, atau naik ojek online.
  1. Dari Terminal Daya, Makassar:
  • Naik angkutan umum, seperti mikrolet atau bus, dengan rute Terminal Daya – Jl. Urip Sumoharjo – Pantai Losari.
  1. Dari Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar:
  • Naik taksi, ojek online, atau angkutan umum dengan rute Pelabuhan Soekarno-Hatta – Jl. Jendral Sudirman – Jl. Penghibur – Pantai Losari.
  1. Dari Stasiun Kereta Api Makassar:
  • Naik taksi, ojek online, atau angkutan umum dengan rute Stasiun Kereta Api Makassar – Jl. Urip Sumoharjo – Jl. Penghibur – Pantai Losari.

Perjalanan ke Pantai dapat dilakukan dengan berbagai pilihan transportasi yang tersedia, tergantung pada preferensi dan kebutuhan Anda. Namun, pastikan untuk memilih moda transportasi yang nyaman dan aman untuk perjalanan Anda.

Google Map Lokasi Pantai

Sejarah Pantai Losari

Pantai Losari memiliki sejarah yang panjang dalam perkembangan Kota Makassar. Pada masa lalu, merupakan pelabuhan yang ramai dikunjungi oleh para pedagang dan pelaut dari berbagai negara. Para pedagang tersebut membawa barang-barang dagangan seperti rempah-rempah, kopi, sutera, dan banyak lagi yang diperdagangkan di Makassar.

Pada masa pemerintahan Sultan Hasanuddin, Pantai Losari telah menjadi tempat yang strategis untuk mengawasi pergerakan kapal musuh dan menjaga keamanan wilayah pantai dan juga menjadi saksi bisu perjuangan rakyat Makassar melawan penjajahan Belanda. Di pantai ini terjadi pertempuran besar antara rakyat Makassar dan tentara Belanda pada tahun 1667.

Setelah masa penjajahan, Pantai Losari menjadi tujuan wisata yang populer di Kota Makassar. Pada tahun 1970-an, Pemerintah Kota Makassar merenovasi kawasan Pantai dan menjadikannya sebagai objek wisata yang dilengkapi dengan fasilitas modern. Hingga saat ini, Pantai tetap menjadi destinasi wisata yang paling terkenal dan ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara.

Baca juga: Resep Tekwan Ikan Khas Palembang SumSel

Tips Berwisata di Pantai Losari

Berikut adalah beberapa tips berwisata ke Pantai:

Perhatikan Cuaca

Sebelum berkunjung ke Pantai Losari, pastikan untuk memperhatikan cuaca terlebih dahulu. Jika cuaca sedang buruk atau hujan lebat, sebaiknya menunda kunjungan ke Pantai karena kondisi air laut yang tidak aman untuk berenang atau menikmati wahana air.

Datang Pada Waktu yang Tepat

Pantai Losari selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, terutama pada waktu sore menjelang malam hari. Jika ingin menikmati suasana yang lebih tenang, sebaiknya datang pada pagi hari sebelum ramainya pengunjung atau pada hari kerja.

Bawa Perlengkapan yang Tepat

Jangan lupa untuk membawa perlengkapan yang sesuai dengan kegiatan yang ingin dilakukan di Pantai. Misalnya, jika ingin berenang, bawa pakaian renang dan handuk. Jika ingin menikmati kuliner khas Makassar, siapkan uang tunai dan kantong plastik untuk membawa pulang oleh-oleh.

Patuhi Peraturan

Selama berada di Pantai, patuhi peraturan yang berlaku, seperti tidak membuang sampah sembarangan, tidak merokok di area yang tidak diizinkan, serta menghormati tempat ibadah di Masjid Terapung Amirul Mukminin.

Jangan Lupa Kamera

Pantai Losari merupakan tempat wisata yang memiliki pemandangan yang indah, terutama pada saat matahari terbenam. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen-momen berharga selama berada di Pantai.

Siapkan Budget

Saat berkunjung ke Pantai, siapkan budget yang cukup untuk membeli makanan, minuman, atau jajanan di sekitar kawasan wisata. Jangan lupa untuk menawar harga jika ingin membeli oleh-oleh atau suvenir di toko-toko souvenir di sekitar Pantai.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, diharapkan kunjungan ke Pantai akan menjadi pengalaman yang menyenangkan dan tak terlupakan.

Baca juga: Devisa: Pengertian, Jenis, Macam, Fungsi dan Manfaat

Penutup

Demikianlah informasi mengenai Pantai Losari, salah satu ikon wisata Kota Makassar yang menawarkan pemandangan indah, kuliner khas, dan fasilitas lengkap untuk para pengunjungnya. Jangan lupa untuk mempersiapkan diri dengan baik sebelum berwisata ke sana dan menikmati semua yang ditawarkan oleh Pantai Losari. Selamat berwisata!

Referensi

  1. https://disbudpar.sulselprov.go.id
  2. https://sulseprov.go.id