Wisata Jambi
Sumatera

21 Wisata Jambi Yang Terkenal dan Wajib Anda Ketahui

Wisata jambi – Di Provinsi Jambi, terdapat beberapa destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Baik berupa desitnasi alam yang merupakan salah satu wisata terbaik di Indonesia, maupun situs prasejarah.

Wisata Jambi Yang Terkenal dan Wajib Anda Ketahui

Berikut ini adalah beberapa destinasi wisata jambi, di antaranya:

Danau Gunung Tujuh

danau gunung tujuh
Danau Gunung Tujuh

Terletak di Pesisir Bukit, Taman Nasional Kerinci Seblat di pulau Sumatera di Indonesia, Danau Gunung Tujuh adalah sebuah destinasi wisata yang menakjubkan. Menjadi danau tertinggi di Indonesia dengan ketinggian sekitar 2.600 mdpl, tempat ini menawarkan keindahan alam yang menakjubkan dan banyak aktivitas luar ruangan yang dapat dinikmati di sekitarnya.

Keindahan alamnya yang memukau dan kesejukan udaranya menjadikan Danau Gunung Tujuh tempat yang sempurna untuk piknik dan berkemah. Terdapat hutan lebat dan gunung-gunung yang menjulang tinggi yang mengelilingi danau ini, membuat tempat ini menjadi sebuah keajaiban alam yang sangat menarik.

Selain menikmati keindahan alamnya, di Danau Gunung Tujuh juga terdapat berbagai aktivitas yang dapat dinikmati seperti hiking, memancing, dan mengamati burung. Aktivitas hiking menjadi sangat populer di sini karena keindahan pemandangan yang dapat dinikmati saat mendaki. Selain itu, memancing juga menjadi aktivitas yang menyenangkan di danau ini karena ikan-ikan yang banyak terdapat di dalamnya.

Terlebih lagi, Danau Gunung Tujuh juga memiliki pemandangan yang sangat memukau ketika matahari terbit dan terbenam. Pemandangan matahari terbit dan terbenam ini tidak boleh dilewatkan oleh pengunjung karena sangat mempesona dan memberikan pengalaman yang luar biasa.

Klik Google Map Lokasi Gunung Tujuh

Geopark Merangin

geopark merangin
Geopark Merangin

Geopark merupakan wilayah yang memiliki nilai geologis yang penting secara internasional. Wilayah ini digunakan untuk kepentingan penduduk setempat dan bertujuan untuk melindungi serta mempromosikan warisan geologi yang ada di suatu daerah. Selain itu, Geopark juga bertujuan untuk mempromosikan pembangunan ekonomi dan sosial yang berkelanjutan.

Di Provinsi Jambi, terdapat sebuah Geopark yang bernama Geopark Merangin. Terletak di Kabupaten Merangin, Geopark Merangin adalah cagar alam yang memiliki luas sekitar 85.000 hektar dan merupakan rumah bagi beragam flora dan fauna. Wilayah ini juga memiliki beragam fitur geologis yang menarik, seperti gunung berapi purba, mata air panas, dan batuan sedimen.

Geopark Merangin menjadi tujuan populer bagi pecinta alam dan penggemar alam luar. Berbagai kegiatan yang dapat dilakukan di sini, seperti hiking, arung jeram, dan mengamati burung. Keindahan alamnya yang menakjubkan dan keragaman hayati yang ada di dalamnya menjadikan Geopark Merangin tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Lokasi Geopark Merangin berada di Desa Air Batu, Kecamatan Renah Pembarap, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi, Sumatera, Indonesia. Selain menjadi tempat wisata yang populer, Geopark Merangin juga menjadi tempat yang sangat penting untuk menjaga keberlangsungan hidup flora dan fauna di daerah tersebut. Oleh karena itu, Geopark Merangin juga memiliki peran penting dalam menjaga kelestarian lingkungan dan keberlanjutan ekonomi masyarakat setempat.

Klink Google Map Lokasi Geopark Merangin

Air Terjun Arai Indah

air terjun arai indah
Air Terjun Arai Indah

Terletak di tengah hutan hujan tropis yang subur di Mukai Pintu, Siulak, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, Sumatera, Indonesia, Air Terjun Arai Indah adalah surga tersembunyi bagi para pecinta alam. Air terjun ini menawarkan pemandangan yang indah dan menenangkan dengan airnya yang jatuh dari ketinggian sekitar 20 meter ke kolam biru yang menyegarkan di bawahnya.

Air Terjun Arai Indah terkenal sebagai tempat yang sempurna untuk menghabiskan waktu bersantai di sekitar alam yang asri. Pengunjung dapat menikmati keindahan air terjun dengan berjalan di sepanjang jalur setapak yang ditandai dengan baik, atau merendam diri di kolam yang sejuk dan menyegarkan. Karena keindahan alam yang menakjubkan dan fasilitasnya yang lengkap, air terjun ini juga menjadi tempat piknik populer.

Pengunjung dapat membawa bekal piknik mereka sendiri atau membeli makanan dari pedagang lokal di sekitar area piknik. Selain itu, pemandu lokal dan operator tur tersedia untuk membantu para pengunjung memahami keindahan alam sekitar Air Terjun Arai Indah.

Banyak pengunjung yang datang ke Air Terjun Arai Indah untuk merasakan ketenangan dan ketenteraman yang ditawarkan oleh alam sekitarnya. Dikelilingi oleh pepohonan hijau yang menjulang tinggi, serta dihuni oleh beragam flora dan fauna, tempat ini menawarkan pengalaman luar biasa bagi mereka yang mencari kedamaian dan keindahan alam yang autentik.

Klik Google Map Lokasi Air Terjun Arai Indah

Baca juga: Legenda Danau Toba: Cerita Rakyat Toba Sumatera Utara

Candi Muaro Jambi

Candi Muaro Jambi

Candi Muaro Jambi adalah kompleks candi Budha kuno yang terletak di Desa Muaro Jambi, Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi, Sumatera, Indonesia, candi ini diyakini dibangun pada abad ke-7 atau ke-8 Masehi, pada masa pemerintahan Kerajaan Sriwijaya yang merupakan kerajaan maritim kuat di wilayah tersebut. Kompleks candi ini terdiri dari beberapa candi batu bata yang terpelihara dengan baik, serta beberapa bangunan kecil yang diperkirakan digunakan untuk berbagai keperluan seperti tempat tinggal para biksu dan fasilitas penyimpanan.

Candi Muaro Jambi merupakan situs sejarah dan budaya penting untuk mempelajari masa lalu Sumatera kuno, dan dianggap sebagai salah satu contoh arsitektur Buddha kuno terbaik di wilayah tersebut. Kompleks candi ini menjadi saksi bisu dari masa kejayaan Kerajaan Sriwijaya dan menampilkan kemampuan teknis dan artistik yang luar biasa dalam pembuatan bangunan.

Kompleks candi ini telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2004, sebagai pengakuan atas nilai sejarah dan kebudayaan yang terkandung di dalamnya. Candi Muaro Jambi menjadi tujuan wisata populer bagi pengunjung yang tertarik untuk menjelajahi kekayaan warisan budaya Sumatera. Selain candi-candi kuno, di situs ini juga terdapat museum yang menampilkan berbagai artefak dan benda-benda lain yang berkaitan dengan sejarah kompleks candi, sehingga pengunjung dapat menambah wawasan mereka tentang sejarah dan budaya wilayah tersebut.

Klink Google Map Lokasi Candi Muaro Jambi

Gunung Kerinci

gunung kerinci
Gunung Kerinci

Gunung Kerinci merupakan destinasi populer bagi para wisatawan dan pecinta alam luar. Terletak di perbatasan Provinsi Jambi dan Sumatera Barat, gunung ini menawarkan keindahan alam yang memukau dan medan yang menantang.

Salah satu aktivitas paling populer di Gunung Kerinci adalah mendaki gunung. Medannya yang menantang menawarkan pengalaman mendaki yang mengasyikkan bagi pendaki gunung dan pejalan kaki. Ada berbagai jalur pendakian yang tersedia, mulai dari pendakian sehari hingga trek multi-hari yang lebih menantang. Pemandangan yang menakjubkan dari puncak Gunung Kerinci adalah hadiah yang menanti para pendaki.

Selain mendaki gunung, Gunung Kerinci juga menawarkan pengalaman pengamatan burung yang menarik. Terdapat beragam spesies burung yang hanya bisa ditemukan di wilayah tersebut, seperti rangkong, elang, dan pelatuk. Taman nasional di sekitar Gunung Kerinci adalah tujuan populer bagi para pengamat burung.

Pengamatan satwa liar juga merupakan aktivitas populer di Gunung Kerinci. Taman nasional ini merupakan rumah bagi berbagai spesies satwa liar, termasuk harimau sumatera dan badak sumatera yang terancam punah. Para pengunjung dapat mengikuti tur berpemandu untuk melihat hewan-hewan ini di habitat aslinya.

Gunung Kerinci juga merupakan situs budaya dan spiritual yang penting bagi masyarakat lokal Sumatera. Banyak pengunjung yang tertarik untuk berpartisipasi dalam upacara dan ritual tradisional selama kunjungan mereka untuk mendapatkan pengalaman budaya yang lebih dalam.

Bagi yang ingin bersantai dan menikmati suasana alam, Gunung Kerinci juga menawarkan beberapa mata air panas yang diyakini memiliki khasiat terapeutik. Pengunjung dapat bersantai di perairan hangat dan menikmati lingkungan yang indah.

Klik Google Map Lokasi Gunung Kerinci

Jembatan Gentala Arasy

gentala arasy jambi
Jembatan Gentala Arasy

Jembatan Penyeberangan Orang Gentala Arasy yang terletak di Kota Jambi, Sumatera, menjadi salah satu jembatan penyeberangan yang paling terkenal di Indonesia. Jembatan ini menghubungkan Tepian Tanggo Rajo dengan Seberang Kota Jambi dan membentang di atas Sungai Batanghari.

Dibangun pada tahun 2015, Jembatan Gentala Arasy memiliki desain unik yang membedakannya dari jembatan-jembatan lainnya. Jembatan ini memiliki bentuk melengkung seperti huruf S yang membentang sepanjang 503 meter dengan lebar 4,5 meter, diresmikan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla pada bulan Maret 2015.

Jembatan Gentala Arasy menjadi saksi sejarah penting bagi Kota Jambi, sebagai jembatan penyeberangan pertama dengan kontur melengkung seperti huruf S di Indonesia., Jembatan ini juga menjadi simbol modernitas Kota Jambi yang semakin maju dan berkembang pesat. Dengan keindahan alam sekitarnya dan pemandangan sungai Batanghari yang mengalir di bawahnya, jembatan Gentala Arasy menjadi destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Jambi.

Jembatan Gentala Arasy di bangun an diresmikan pada masa pemerintahan Gubernur Jambi, Hasan Basri Agus atau yang biasa dikenal dengan nama HBA. Jembatan ini dinamai sesuai dengan nama Menara Gentala Arasy yang berada di sebelahnya. Menara Gentala Arasy sendiri merupakan simbol Kota Jambi yang memiliki makna spiritual bagi masyarakat setempat.

Klik Google Map Lokasi Gentala Arasy

Danau Kaco

danau kaco
Danau Kaco

Danau Kaco merupakan sebuah perlembahan yang terletak di Dusun Baru Lumpur, Gunung Raya, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, Sumatera, Indonesia, terletak di tengah hutan dan dikelilingi oleh berbagai macam flora dan fauna, memberikan suasana alami yang damai dan indah.

Kaco telah menjadi tujuan populer bagi para penggemar alam luar, terutama para pecinta hiking, karena letaknya yang tersembunyi di antara perbukitan dan jalan setapak yang menantang. Selain itu, aktivitas berperahu juga dapat dinikmati di danau ini, memungkinkan para pengunjung untuk menikmati keindahan dan ketenangan di atas air.

Danau Kaco juga terkenal sebagai surga bagi para pengamat burung, dengan berbagai spesies unggas air dan burung di sekitar danau. Para pengunjung dapat menyaksikan berbagai jenis burung, termasuk raja udang, burung elang, serta rangkong, di antara banyak spesies lainnya.

Selain menawarkan keindahan alam dan aktivitas yang menyenangkan, Danau Kaco juga merupakan sumber air penting bagi penduduk setempat. Danau ini digunakan untuk irigasi pertanian, perikanan, dan keperluan sehari-hari lainnya.

Bagi para penggemar memancing, Danau Kaco adalah tempat yang populer untuk menikmati kegiatan tersebut, karena danau ini memiliki banyak spesies ikan yang hidup di dalamnya. Para pengunjung dapat menangkap ikan patin, ikan mas, ikan baung, serta banyak spesies lainnya.

Klik Google Map Lokasi Danau Kaco

Tugu Keris Siginjai

Tugu Keris Siginjai Jambi
Tugus Keris Siginjai

Tugu Keris Siginjai adalah sebuah monumen yang menjadi lambang dari Kota Jambi, Sumatera, Indonesia. Monumen ini memiliki bentuk yang unik dan menyerupai keris siginjai, keris kerajaan dari Jambi yang merupakan simbol dari kekuatan dan kejayaan kerajaan tersebut. Monumen ini memiliki tinggi sekitar 9 meter dengan tinggi total mencapai sekitar 28 meter dan berada di tengah kantor Walikota Jambi, Kota Baru.

Tugu Keris Siginjai memiliki sembilan struktur besi pipa galvanis yang diatur sedemikian rupa sehingga membentuk spiral yang saling bertautan membentuk satu kesatuan. Di sekitar monumen terdapat patung-patung angsa yang melambangkan luasnya wilayah Kerajaan Jambi yang dulunya meliputi sembilan desa yang dilalui oleh sungai.

Tugu Keris Siginjai merupakan hasil pembangunan yang diresmikan oleh Walikota Jambi, Syarif Fasha pada tahun 2017. Monumen ini sebelumnya dikenal dengan sebutan tugu Monas. Tugu ini menjadi tujuan populer bagi wisatawan yang mengunjungi Kota Jambi dan juga menjadi salah satu simbol dari kekuatan dan kejayaan kerajaan Jambi pada masa lampau. Dengan keunikan dan keindahannya, Tugu Keris Siginjai menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk mengabadikan momen mereka ketika berkunjung ke kota Jambi.

Klik Google Map Lokasi Monumen Keris Siginjai

Air Terjun Sigerincing

Wisata Jambi
Air Terjun Sigerincing

Air Terjun Sigerincing adalah salah satu daya tarik wisata alam yang populer di Provinsi Jambi, Sumatera, Indonesia. Terletak di Lembah Masurai, Kabupaten Merangin, air terjun ini menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dengan airnya yang mengalir dari ketinggian kurang lebih 20 meter. Air terjun ini terletak di dalam hutan hujan tropis yang rimbun, sehingga pengunjung dapat menikmati kesejukan dan ketenangan lingkungan sekitarnya.

Saat air terjun jatuh ke kolam di bawahnya, airnya menciptakan pemandangan yang indah dan spektakuler. Kolam tersebut sejernih kristal, sehingga pengunjung dapat melihat ikan-ikan kecil yang berenang di dalamnya. Selain itu, suasana yang tenang dan damai di sekitar air terjun menjadikannya tempat yang populer bagi pengunjung yang ingin bersantai dan menikmati keindahan alam.

Ada beberapa cara untuk menikmati keindahan Air Terjun Sigerincing. Pengunjung dapat berjalan santai di sepanjang jalan setapak yang ditandai dengan baik yang mengarah ke air terjun, atau mereka dapat berenang di kolam yang sejuk dan menyegarkan. Air terjun ini juga merupakan tempat yang populer untuk piknik, dengan banyak area teduh dan meja yang disediakan bagi pengunjung untuk menikmati makanan mereka.

Selain itu, bagi mereka yang ingin mengetahui lebih banyak tentang lingkungan sekitar Air Terjun Sigerincing, ada sejumlah pemandu lokal dan operator tur yang dapat membantu memaksimalkan kunjungan ke air terjun. Mereka dapat membantu pengunjung menjelajahi hutan di sekitar air terjun dan menemukan flora dan fauna yang hidup di sana.

klik Google Map Lokasi Air Terjun Sigerincing

Air Terjun Sungai Medang

air terjun sungai medang
Air Terjun Sungai Medang

Air Terjun Sungai Medang merupakan sebuah objek wisata alam yang terletak di Air Hangat Timur, Kabupaten Sungai Kerinci, Jambi, Sumatera, Indonesia, memiliki keindahan yang luar biasa, dengan lokasi yang terletak di tengah hutan hujan tropis yang rimbun dan dikelilingi oleh pepohonan yang menjulang tinggi serta beragam tumbuhan. Memiliki ketinggian sekitar 20 meter, dan saat airnya jatuh ke kolam yang sebening kristal, maka pemandangan yang tercipta menjadi sangat spektakuler.

Lingkungan sekitar air terjun ini sangat damai dan tenteram, menjadikannya tempat yang populer bagi pengunjung yang ingin bersantai dan menikmati keindahan alam sekitar. Ada banyak cara yang dapat dilakukan oleh para pengunjung untuk menikmati keindahan Air Terjun Sungai Medang, misalnya dengan berjalan santai di sepanjang jalan setapak yang ditandai dengan baik yang mengarah ke air terjun, atau bahkan dengan berenang di air kolam yang sejuk dan menyegarkan.

Selain itu, Air Terjun Sungai Medang juga merupakan tempat yang populer untuk melakukan piknik, karena ada banyak area teduh dan meja yang disediakan bagi pengunjung untuk menikmati makanan mereka. Jika para pengunjung memerlukan panduan atau bantuan selama berada di sana, maka mereka dapat mengandalkan jasa pemandu lokal atau operator tur yang tersedia untuk memaksimalkan kunjungan mereka ke Air Terjun Sungai Medang.

Klik Google Map Lokasi Air Terjun Sungai Medang

Air Terjun Kolam Jodoh

air terjun kolam jodoh
Air Terjun Kolam Jodoh

Air Terjun Kolam Jodoh adalah salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi bagi para pecinta alam di Indonesia. Terletak di Geopark Merangin, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi, Sumatra, air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan dikelilingi oleh hutan lebat yang mempesona.

Untuk mencapai Air Terjun Kolam Jodoh, pengunjung harus melakukan perjalanan ke Desa Kolam Jodoh, Kecamatan Muara Sabak, Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Meski agak terpencil, perjalanan ini akan terbayar lunas dengan pemandangan yang menakjubkan saat tiba di lokasi air terjun.

Air terjun ini dikenal sebagai tempat yang cocok untuk melarikan diri dari hiruk-pikuk kehidupan perkotaan, karena suasana yang tenang dan sejuk. Selain itu, Kolam Jodoh juga merupakan tempat yang tepat untuk berkemah dan menikmati suasana alam yang indah. Pengunjung dapat menikmati malam yang tenang di bawah langit bintang yang cerah, sambil mendengarkan gemericik air terjun yang menenangkan.

Air Terjun Kolam Jodoh juga menawarkan pengalaman yang menyenangkan bagi para pecinta petualangan. Pengunjung dapat berenang di kolam air terjun yang jernih dan menyegarkan, atau melakukan pendakian ke atas air terjun untuk mendapatkan pemandangan yang lebih indah. Bagi yang ingin merasakan pengalaman yang lebih ekstrem, pengunjung dapat mencoba untuk melakukan rappelling di air terjun ini.

Jangan khawatir jika Anda tidak memiliki pengalaman dalam melakukan rappelling, karena terdapat sejumlah pemandu lokal yang dapat membantu pengunjung. Selain itu, terdapat area piknik yang luas dengan banyak meja dan kursi yang disediakan bagi pengunjung yang ingin menikmati makanan atau minuman di bawah rindangnya pohon-pohon di sekitar air terjun.

Klik Google Map Lokasi Air Terjun Kolam Jodoh

Danau Biru Muaro Tembesi

danau biru muaro tembesi
Danau Biru Muaro Tembesi

Danau Biru Muaro Tembesi, sebuah danau indah yang terletak di Desa Kebun Baru, Kecamatan Muaro Tembesi, Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi, Sumatera, Indonesia. Keindahan danau ini tak lepas dari warna biru yang khas dan menarik, yang disebabkan oleh konsentrasi mineral yang tinggi di dalam airnya.

Dikelilingi oleh tumbuhan yang rimbun, danau ini menjadi tempat populer bagi wisatawan dan pengunjung lokal yang ingin menikmati keindahan alam yang alami dan sejuk. Tidak hanya menikmati pemandangan, pengunjung juga bisa berpartisipasi dalam kegiatan seperti berperahu dan memancing, yang pasti akan meningkatkan pengalaman wisata Anda.

Danau Biru Muaro Tembesi juga menjadi habitat bagi berbagai jenis ikan, seperti mujair dan lele, yang sering ditangkap oleh nelayan setempat. Tidak hanya itu, danau ini juga memiliki peran penting sebagai sumber pengairan bagi lahan pertanian di sekitarnya, sehingga mempengaruhi mata pencaharian masyarakat setempat.

Namun, danau ini juga menghadapi tantangan lingkungan seperti polusi dari industri terdekat dan pembangunan perkotaan yang semakin pesat. Oleh karena itu, beberapa upaya telah dilakukan untuk melestarikan danau ini agar tetap terjaga keindahannya dan berfungsi sebagai sumber pengairan yang penting bagi masyarakat.

Bagi pengunjung yang ingin berkunjung, jangan khawatir karena di sekitar Danau Biru Muaro Tembesi sudah tersedia sarana dan prasarana yang lengkap. Pengunjung dapat menikmati keindahan danau ini dari tepi danau, atau dengan menyewa perahu untuk menikmati keindahan danau dari tengah-tengah. Bagi yang menyukai olahraga memancing, danau ini juga menyediakan fasilitas yang memadai untuk menyalurkan hobinya.

Inilah keindahan dan pentingnya Danau Biru Muaro Tembesi. Dengan keunikan dan keindahannya, diharapkan danau ini dapat terus dilestarikan dan dijaga kelestariannya untuk generasi yang akan datang.

Klik Google Map Lokasi Danau Biru Muaro Tembesi

Danau Belibis

danau belibis
Danau Belibis

Danau Belibis merupakan sebuah danau yang terletak di kaki Gunung Kerinci, di Giri Mulyo, Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, Sumatera, Indonesia, memiliki ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut dan memiliki luas sekitar 800 hektar. Belibis dikelilingi oleh hutan yang lebat dan merupakan rumah bagi berbagai satwa liar, termasuk burung, ikan, dan reptil.

Keindahan alam Danau Belibis menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan. Danau ini terkenal dengan pemandangan yang menakjubkan dan udaranya yang sejuk dan segar. Di sekitar danau, pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang masih alami, dengan pepohonan yang rindang dan pemandangan yang menakjubkan.

Danau Belibis juga merupakan tempat yang populer bagi para wisatawan yang ingin menikmati kegiatan seperti berenang, berperahu, dan hiking. Pengunjung dapat menikmati suasana tenang dan damai di danau ini, sambil menikmati keindahan alam sekitarnya.

Selain keindahan alamnya, Danau Belibis juga memiliki makna budaya yang penting. Danau ini merupakan tempat yang penting dalam upacara dan ritual tradisional masyarakat setempat. Banyak pengunjung yang datang ke Danau Belibis untuk mengalami dan mempelajari budaya lokal yang unik.

Namun, seperti banyak destinasi wisata lainnya, Danau Belibis juga menghadapi sejumlah tantangan lingkungan. Masalah seperti sampah, pencemaran air, dan pembangunan liar menjadi ancaman bagi kelestarian danau ini. Untuk memastikan bahwa Danau Belibis tetap menjadi tempat yang indah dan lestari untuk generasi mendatang, upaya harus dilakukan untuk melestarikan lingkungan sekitar danau ini.

Klik Google Map Lokasi Danau Belibis

Danau Lingkat

danau lingkat
Danau Lingkat

Danau Lingkat adalah salah satu destinasi wisata populer di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, Sumatera, Indonesia. Terletak di Desa Lempur Hilir, Gunung Raya, danau ini dikelilingi oleh pemandangan indah pegunungan, hutan, dan perbukitan yang menakjubkan. Airnya yang jernih dan hijau membuat Danau Lingkat sangat menarik bagi para pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam yang asri.

Masyarakat setempat menganggap Danau Lingkat sebagai tempat keramat dan melindungi keberadaannya dengan beberapa aturan dan pantangan yang harus diikuti oleh wisatawan. Danau Lingkar juga merupakan salah satu dari lima danau cantik yang terdapat di Desa Lempur, yang semuanya menawarkan fitur dan atraksi yang unik.

Selain keindahan alamnya, Danau Lingkat juga terkenal dengan suasananya yang damai dan menyegarkan. Udara yang bersih dan segar serta angin sejuk membuat pengunjung dapat menikmati ketenangan danau dan lingkungan yang indah. Banyak aktivitas yang dapat dinikmati di Danau Lingkat, seperti berenang, berperahu, atau berjalan-jalan di sekitar danau. Beberapa pengunjung juga datang ke Danau Lingkat untuk merasakan makna budayanya yang kaya, karena danau ini merupakan tempat penting untuk upacara dan ritual tradisional.

Klik Google Map Lokasi Danau Lingkat

Danau Duo

danau duo
Danau Duo

Danau Duo, yang terletak di Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, Sumatera, Indonesia, adalah sebuah destinasi yang populer bagi para wisatawan yang mencari petualangan dan keindahan alam, terkenal dengan fitur uniknya, yaitu tanjung yang hanya terlihat saat permukaan air rendah. Tanjung ini sering dijadikan tempat berkemah oleh pengunjung yang ingin menghabiskan waktu di alam bebas.

Pemandangan alam yang menakjubkan di Danau Duo juga menjadi daya tarik utama bagi wisatawan. Dikelilingi oleh pegunungan dan hutan, danau ini menawarkan pemandangan yang indah dan menyejukkan mata. Bagi wisatawan yang ingin melepaskan diri dari hiruk pikuk kota, lingkungan alam yang masih asli dan keindahan danau yang menenangkan menjadikan Danau Duo sebagai tempat yang sempurna untuk bersantai.

Danau Duo juga terkenal dengan suasana dataran tingginya yang damai dan menyegarkan. Udara bersih dan angin sejuk menambah kesan damai dan menenangkan di tempat ini. Pengunjung dapat menikmati lingkungan yang indah sambil bersantai atau melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, berperahu, atau berjalan-jalan di sekitar danau. Danau Duo menjadi destinasi yang sempurna bagi wisatawan yang mencari ketenangan dan keindahan alam yang masih asli.

Klik Google Map Lokasi Danau Duo

Danau Kumbang

Danau Kumbang

Gunung Masurai adalah sebuah gunung yang terletak di Provinsi Jambi, Indonesia. Dikenal sebagai salah satu tujuan populer bagi para pejalan kaki dan pendaki gunung, gunung ini menawarkan pemandangan alam yang memukau dan menyegarkan. Namun, di samping keindahan gunung itu sendiri, Danau Kumbang, yang terletak di daerah tersebut, juga menjadi daya tarik bagi wisatawan. Danau ini dikelilingi oleh hutan tropis yang lebat dan merupakan habitat bagi berbagai spesies satwa liar, termasuk burung, ikan, dan reptil yang unik.

Danau Kumbang terkenal dengan keindahan alamnya dan menjadi objek wisata yang populer bagi pengunjung yang datang dari berbagai belahan dunia. Banyak pengunjung yang datang ke danau ini untuk menikmati kegiatan seperti berenang, berperahu, dan hiking, serta menikmati suasana damai dan pemandangan lanskap sekitarnya yang menakjubkan. Suasananya yang menyegarkan dan sejuk memberikan ketenangan bagi pengunjung yang ingin bersantai dan melepaskan diri dari kehidupan sehari-hari.

Bagi pengunjung yang mencari petualangan dan tantangan, Gunung Masurai juga menawarkan berbagai rute pendakian dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Dengan pemandangan alam yang menakjubkan dan lingkungan yang masih alami, pendakian gunung ini akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Oleh karena itu, Gunung Masurai dan Danau Kumbang menjadi tujuan wisata yang sempurna bagi wisatawan yang mencari pengalaman yang tak terlupakan di tengah keindahan alam yang menakjubkan.

Klik Google Map Lokasi Danau Kumbang

Baca juga: Tips Lari 12 Menit: Meningkatkan Ketahanan Stamina

Danau Nyalo

danau nyalo
Danau Nyalo

Danau Nyalo, yang terletak di kaki Gunung Batuah di Lempur, memiliki daya tarik unik yang tak kalah menarik dibandingkan dengan danau-danau lain di sekitarnya. Dalam bahasa setempat, nama Nyalo memiliki arti “membakar”, yang mungkin mengacu pada warna air danau yang berwarna coklat kemerahan seperti sedang terbakar.

Oleh karena itu, masyarakat setempat menyebutnya sebagai Danau Nyalo. Namun, jangan khawatir, warna air danau tersebut tidak disebabkan oleh apapun yang berbahaya, melainkan dipercayai berasal dari warna tanah vulkanik dan daun-daun yang jatuh ke permukaan danau.

Untuk mencapai Danau Nyalo, wisatawan dapat menggunakan kendaraan roda dua dan kemudian berjalan kaki sekitar setengah jam dari tempat parkir sepeda motor. Namun, perjalanan yang menantang menuju danau ini pasti akan terbayar ketika wisatawan tiba di tempat tujuan.

Sesampainya di sana, wisatawan akan disambut oleh sekumpulan burung belibis, yang merupakan satwa yang hanya dapat ditemukan di danau tersebut. Karena itu, wisatawan dapat menikmati keindahan alam sekitar sambil mendengarkan nyanyian burung belibis.

Danau Nyalo juga menjadi habitat tanaman kantong semar (nepenthes), yang terkenal dengan bentuknya yang unik dan besar. Tanaman ini bahkan menjadi bahan dasar untuk membungkus hidangan Lemang Kantong Semar, yang merupakan hidangan khas Lempur. Selain itu, wisatawan dapat menikmati suasana damai di sekitar danau sambil menikmati pemandangan yang indah danau dan pegunungan.

Klik Google Map Lokasi Danau Nyalo

Hesti’s Garden

Hesti’s Garden

Area taman ini merupakan surga bagi para pencari spot foto yang menawan. Penggemar fotografi dapat menemukan beragam spot menarik untuk mengabadikan momen mereka. Saat liburan tiba, banyak orang berkumpul di sini untuk mencari spot terbaik sambil menikmati keindahan taman ini. Dengan sedikit eksplorasi, Anda akan menemukan banyak pilihan latar belakang yang memukau untuk berfoto. Taman ini buka dari jam 7 pagi hingga jam 6 sore dan tidak ada biaya masuk, sehingga semua pelancong bisa menjelajahnya.

Biaya Masuk Wisata: Rp 5.000 per individu (Perbarui Info per Juni 2023). Dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 16.00.

Klik Google Map Lokasi Hesti’s Garden

Jambi Paradise

Jambi Paradise
Jambi Paradise

Jambi Paradise merupakan destinasi wisata taman air yang terletak di Kota Jambi. Selain menyediakan fasilitas bermain air, taman ini juga menawarkan lingkungan yang alami untuk bersantai.

Jika Anda mencari tempat bersantai bersama keluarga, Jambi Paradise adalah salah satu objek wisata terkenal dan favorit di Jambi yang dapat Anda pertimbangkan. Lokasi: Desa Talang Belido Kebon IX, Simpang Acai, Sungai Gelam, Mekar Jaya, Sungai Gelam, Kota Jambi, Jambi Jam Operasional: 10.00 – 18.00

Klink Google Map Lokasi Jambi Paradise

Pasar Keramik Sitimang

Pasar Keramik Sitimang
Pasar Keramik Sitimang

Keramik adalah seni kerajinan yang dihasilkan dari tanah liat dan mengalami proses pembakaran setelah dibentuk oleh pengrajin. Umumnya, keramik digunakan untuk membuat vas, kendi, atau berbagai dekorasi lainnya.

Anda dapat menjelajahi beragam keramik yang memiliki pola dan ukiran indah di destinasi belanja di Jambi ini. Sebagian besar keramik tersebut merupakan karya tangan pengrajin lokal terkenal di Jambi.

Jika Anda mencari oleh-oleh untuk dibawa pulang dari Jambi, segeralah kunjungi Pasar Keramik Sitimang di objek wisata Jambi ini! Lokasi: Jl. Doktor Wahidin, Ps. Jambi, Kota Jambi, Jambi Jam Operasional: 09.00–16.30 WIB

Klink Google Map Lokasi Pasar Keramik Sitimang

Jembatan Beatrix Sarolangun

Jembatan Beatrix Sarolangun

Jembatan Beatrix Sarolangun memiliki kemiripan dengan objek wisata Gentala Arasy yang mempesona terutama saat malam hari ketika dihiasi dengan lampu-lampu hias yang menakjubkan. Lokasi: Sungai Bemban, Batang Asai, Kabupaten Sarolangun, Jambi Jam Operasional: 24 Jam Tiket Masuk: Gratis*

Klik Google Map Lokasi embatan Beatrix Sarolangun

Semoga informasi yang telah Kami berikan dapat bermanfaat bagi Anda. Selamat mengunjungi destinasi wisata di Provinsi Jambi.

Referensi

  1. https://jambiprov.go.id
  2. https://disbudpar.jambiprov.go.id
  3. https://meranginkab.go.id/pemerintah/dinas
  4. https://kerincikab.go.id/public/static/40/Pariwisata
  5. https://disparbud.jambikota.go.id/