Pantai Dreamland Bali
Bali

Pantai Dreamland: Surga Eksotis Para Peselancar

Pantai Dreamland Bali

Hingga saat ini, Bali masih menjadi tujuan favorit bagi banyak wisatawan mancanegara yang datang dan pergi, demi menikmati semua keindahan yang ditawarkannya. Keajaiban pulau ini takkan pernah pudar, meskipun telah dieksplorasi dari segala sudut. Tak heran jika Bali sering dijuluki sebagai surga bagi para pencinta wisata.

Salah satu keindahan alam yang tak terlupakan adalah Pantai Dreamland. Dengan ombaknya yang besar, pantai ini sangat populer di kalangan para penggemar olahraga menantang seperti surfing. Terlebih lagi, kawasan ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, menawarkan pemandangan yang begitu memesona dan memukau. Setiap orang yang mengunjungi tempat ini pasti akan terpesona dan enggan meninggalkannya.

Pantai Dreamland

Berikut informasi terkait Pantai Dreamland.

Lokasi Pantai Dreamland

Pantai Dreamland terletak di Desa Pecatu, Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Untuk mencapai destinasi ini, Anda dapat memulai perjalanan dari wilayah Kuta dan Legian, dengan menempuh perjalanan sekitar 1 jam dengan kendaraan.

Rute Menuju Pantai Dreamland

Jika Anda berangkat dari Bandara Internasional Ngurah Rai, pantai ini berjarak sekitar 19 kilometer atau sekitar 44 menit perjalanan dengan mobil. Rute yang dapat Anda ikuti adalah melalui Jalan Airport Ngurah Rai – Jalan By Pass Ngurah Rai – Jalan Raya Uluwatu – Jalan Griya Alam Pecatu Ungasan.

Jika berada di Kawasan Pariwisata BTD C Nusa Dua, jarak ke Pantai Dreamland sekitar 17 kilometer jika Anda mengambil jalur melalui Jalan Dharmawangsa, dengan waktu perjalanan sekitar 36 menit. Namun, jika Anda memilih jalur melalui By Pass Ngurah Rai, jaraknya adalah 19 kilometer dengan waktu perjalanan sekitar 43 menit. Ini adalah informasi tentang salah satu tempat wisata di Pulau Dewata Bali, yaitu Pantai Dreamland. Semoga ulasan ini dapat menjadi referensi tambahan bagi Anda saat merencanakan liburan bersama keluarga. Jadi, segera jadwalkan momen liburan bersama keluarga tercinta Anda.

Google Map Lokasi Pantai

Baca juga: Pulau Komodo: Destinasi Wisata Yang Luar Biasa

Harga Tiket Masuk

Untuk kendaraan bermotor, Anda akan dikenakan biaya parkir sekitar Rp5.000 untuk roda dua dan Rp15.000 untuk roda empat.

Jika Anda ingin menggunakan fasilitas kamar mandi atau toilet, Anda akan dikenakan biaya sekitar Rp5.000 untuk buang air kecil dan Rp10.000 untuk buang air besar atau mandi/bilas.

Jika Anda ingin lebih nyaman di pantai dengan menyewa kursi dengan payung, persiapkan sekitar Rp50.000.

Daya Tarik Pantai Dreamland

Saat pertama kali mendengar nama “Pantai Dreamland,” mungkin Anda bertanya-tanya apa yang membuat pantai ini begitu istimewa hingga layak disebut “Dreamland.” Sebenarnya, asal nama unik ini memiliki kisah menarik di baliknya. Konon, dulu di area pantai ini ada proyek perumahan dan objek wisata yang direncanakan. Sayangnya, proyek tersebut mengalami hambatan dan akhirnya terbengkalai.

Para penduduk setempat yang tinggal di sekitar area ini memiliki harapan besar agar proyek tersebut berhasil. Mereka bermimpi bisa beralih dari pekerjaan sebagai petani dan menjalani profesi di bidang pariwisata. Impian ini menjadi cikal bakal dari nama “Dreamland,” yang secara harfiah berarti “tanah impian.”

Jadi, ketika Anda mengunjungi Pantai Dreamland, Anda tidak hanya merasakan keindahan alamnya, tetapi juga kekuatan dari mimpi dan harapan warga setempat yang pernah bercokol di sini.

Baca juga: Menikmati Keindahan Wisata Baru di Nusa Penida

Pantai Dreamland dikelilingi oleh pemandangan menakjubkan yang akan memukau mata Anda. Batu-batu karang besar yang menjulang di sekitar pantai dan tebing-tebing curam yang melingkupinya menciptakan lanskap yang unik dan mengagumkan. Sebagian besar tebing ini ditumbuhi oleh tanaman hijau yang memberikan latar belakang yang sempurna untuk mengambil foto-foto indah.

Jika Anda adalah penggemar fotografi, maka Pantai Dreamland adalah surga bagi Anda. Komposisi sempurna dari tebing-tebing, batu karang, pasir putih, dan air laut yang jernih menciptakan berbagai sudut menarik untuk mengabadikan momen-momen tak terlupakan. Sudah pasti, Anda akan ingin mengisi album foto Anda dengan pemandangan yang luar biasa ini.

Keberadaan tebing dan batu karang yang berpadu dengan pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih menciptakan komposisi sempurna untuk mengambil foto. Selain itu, posisi pantai yang dikelilingi oleh tebing tinggi memberikan kesan “tersembunyi.” Oleh karena itu, pantai ini cocok untuk Anda yang ingin bersantai dan merenung jauh dari keramaian.

Aktivitas di Pantai Dreamland

Pantai Dreamland terkenal dengan ombaknya yang cukup besar, menjadikannya salah satu destinasi favorit para peselancar. Ombak di sini memiliki karakteristik yang mirip dengan Pantai Kuta yang sudah terkenal di dunia. Inilah sebabnya mengapa banyak peselancar lokal dan mancanegara menyebut Pantai Dreamland sebagai “New Kuta Beach.”

Bagi Anda yang memiliki pengalaman dalam berselancar, ini adalah tempat yang sempurna untuk mengasah keterampilan Anda dalam menghadapi berbagai variasi ombak. Namun, penting untuk diingat bahwa pantai ini mungkin tidak aman untuk berenang terutama saat ombak sedang tinggi. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu mengikuti peringatan yang diberikan oleh penjaga pantai dan selalu berhati-hati di sekitar air.

Meskipun Pantai Dreamland terkenal di kalangan peselancar, ini tidak berarti bahwa pantai ini tidak cocok untuk wisatawan lainnya. Ada banyak hal yang bisa dinikmati selain berselancar. Cobalah untuk berjalan-jalan di sepanjang pantai sambil menikmati panorama laut yang indah dari berbagai sudut.

Jika Anda ingin bersantai, Anda dapat membawa tikar atau alas agar Anda tidak langsung bersentuhan dengan pasir. Selain itu, terdapat kursi-kursi dengan payung yang dapat digunakan oleh wisatawan yang ingin bersantai dan menikmati pantai tanpa harus terpapar terlalu lama oleh sinar matahari yang menyengat.

Jika Anda memiliki waktu lebih banyak selama liburan Anda di Bali, pertimbangkan untuk tinggal di Pantai Dreamland hingga matahari terbenam. Pantai ini dikenal sebagai salah satu tempat terbaik di Bali untuk menyaksikan matahari terbenam yang luar biasa. Dengan latar belakang tebing-tebing curam dan ombak yang memecah di karang, momen matahari terbenam di Pantai Dreamland akan memberikan Anda pengalaman tak terlupakan.

Untuk menikmati pemandangan matahari terbenam yang spektakuler ini, Anda harus berada di Pantai Dreamland sekitar pukul 17:00. Sebaiknya, bawa tikar atau alas agar Anda bisa duduk dengan nyaman di pinggir pantai dan menikmati pemandangan yang luar biasa ini tanpa gangguan.

Baca juga: 17 Wisata Malino Destinasi Panorama Alam Gowa SulSel 2023

Fasilitas dan Akomodasi

Pantai Dreamland memiliki fasilitas yang memadai untuk menjadikan kunjungan Anda lebih nyaman. Ini termasuk:

Area Parkir

Bagi mereka yang membawa kendaraan pribadi, terdapat area parkir khusus yang disediakan. Anda dapat dengan mudah memarkir kendaraan Anda dan bersiap-siap untuk mengeksplorasi keindahan pantai ini.

Toilet Umum

Pantai Dreamland juga menyediakan toilet umum yang dapat digunakan untuk membersihkan diri setelah berenang atau aktivitas lainnya di pantai.

Akomodasi

Terdapat berbagai pilihan akomodasi di sekitar Pantai Dreamland, mulai dari guest house hingga hotel berbintang. Anda dapat memilih akomodasi sesuai dengan anggaran dan preferensi Anda.

Tempat Makan dan Kafe

Setelah beraktivitas di Pantai Dreamland, Anda dapat menemukan berbagai pilihan tempat makan dan kafe di sekitar pantai. Salah satu yang cukup populer adalah New Kuta Beach Café, yang merupakan tempat favorit para wisatawan untuk bersantai dan menikmati hidangan lezat.

Tempat Wisata Terdekat

Sebelum atau sesudah berkunjung ke Pantai Dreamland, Anda juga dapat menjelajahi beberapa tempat wisata terkenal di sekitarnya. Berikut adalah dua tempat wisata yang wajib Anda kunjungi:

Pura Uluwatu

Pura Uluwatu hanya berjarak sekitar 25-30 menit perjalanan dari Pantai Dreamland ke arah selatan, Pura ini menawarkan pemandangan yang memukau, dengan Samudera Hindia yang luas terbentang di bawahnya. Jalan setapak di sekitar pura memungkinkan Anda untuk berjalan-jalan sambil menikmati pemandangan dan arsitektur yang indah.

Penting untuk diingat bahwa saat mengunjungi Pura Uluwatu, Anda harus mengenakan pakaian yang sopan dan tali pinggang khas Bali yang disediakan oleh pihak pengelola pura. Selama kunjungan Anda, Anda juga harus berhati-hati terhadap kera-kera liar yang sering berkeliaran di area tersebut.

Taman Budaya GWK (Garuda Wisnu Kencana)

Taman Budaya GWK atau Garuda Wisnu Kencana adalah salah satu tempat wisata yang sangat populer di Bali. Di sini, Anda akan menemukan patung GWK yang mengesankan yang sedang dalam tahap pembangunan. Meskipun belum selesai, patung ini tetap memukau pengunjung dengan kemegahannya.

Selain patung GWK, Taman Budaya GWK juga memiliki amfiteater yang digunakan untuk pertunjukan tarian khas Bali. Pertunjukan ini biasanya berlangsung sekitar pukul 11:00 hingga 15:30, dengan durasi pertunjukan 30 menit dan istirahat 30 menit. Ini adalah pengalaman yang sempurna untuk menikmati budaya Bali yang kaya.

Tips Berwisata di Pantai Dreamland

Berwisata di Pantai Dreamland adalah pengalaman yang tak terlupakan. Pantai ini menawarkan keindahan alam yang luar biasa, ombak yang menarik bagi peselancar, dan pemandangan matahari terbenam yang memukau. Berikut beberapa tips untuk membuat perjalanan Anda ke Pantai Dreamland lebih menyenangkan dan berkesan:

Periksa Cuaca

Sebelum pergi, periksa ramalan cuaca. Pantai Dreamland memiliki ombak yang cukup besar, jadi pastikan Anda tahu apa yang diharapkan dan apakah aman untuk berenang atau berselancar.

Pakaian yang Tepat

Bawa pakaian renang, handuk, dan perlindungan matahari seperti topi, kacamata hitam, dan tabir surya. Juga, kenakan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan aktivitas yang Anda rencanakan.

Kurang Sibuk di Hari Kerja

Pantai Dreamland bisa sangat ramai saat akhir pekan dan hari libur. Jika Anda ingin menikmati suasana yang lebih tenang, pertimbangkan untuk mengunjungi pada hari kerja.

Selalu Berhati-hati di Air

Ombak di Pantai Dreamland bisa cukup kuat, jadi selalu dengarkan peringatan penjaga pantai dan waspada terhadap perubahan kondisi laut. Jangan berenang terlalu jauh dari pantai jika Anda bukan seorang peselancar berpengalaman.

Jaga Kebersihan

Hormati lingkungan. Bawa kantong sampah untuk membuang sampah Anda dengan benar dan jaga pantai tetap bersih.

Penjaga Pantai

Jika Anda tidak yakin tentang kondisi laut atau tidak memiliki pengalaman selancar, ajak seorang instruktur selancar atau penjaga pantai bersama Anda. Keamanan Anda adalah yang utama.

Eksplorasi Sekitar

Selain pantai itu sendiri, Anda dapat menjelajahi tebing dan lingkungan sekitar. Pura Uluwatu dan Taman Budaya GWK adalah tempat wisata terdekat yang juga layak dikunjungi.

Cicipi Kuliner Lokal

Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi hidangan lokal di kafe atau restoran di sekitar pantai. Nikmatilah hidangan laut segar dan hidangan khas Bali.

Bersantai dan Menenangkan Diri

Salah satu daya tarik utama Pantai Dreamland adalah ketenangan dan keindahannya. Jadikan waktu untuk bersantai, merenung, atau hanya menikmati momen dengan tenang.

Penutup

Pantai Dreamland adalah salah satu destinasi tersembunyi yang harus Anda kunjungi saat berlibur di Bali. Dengan keindahan alamnya yang menakjubkan, ombak yang menggoda, dan matahari terbenam yang luar biasa, pantai ini memiliki daya tarik yang tak tertandingi. Selain itu, keunikan nama pantai dan pemandangan alam yang memukau dari atas tebing membuatnya menjadi destinasi yang sempurna untuk berlibur dan bersantai.

Dengan fasilitas yang memadai, akses yang mudah, dan berbagai aktivitas yang menarik, Pantai Dreamland menawarkan pengalaman liburan yang tak terlupakan. Selain itu, Anda juga dapat menjelajahi tempat wisata terkenal seperti Pura Uluwatu dan Taman Budaya GWK yang berdekatan.

Referensi

  1. https://dispar.badungkab.go.id
  2. https://www.disparda.baliprov.go.id