Pantai Mertasari Sanur
Bali

Pantai Mertasari Sanur: Lokasi, Rute, dan Dream Island

Pantai Mertasari, salah satu tujuan wisata yang tidak boleh dilewatkan di Pulau Dewata. Meskipun belum begitu terkenal seperti Pantai Kuta atau Pantai Sanur, Pantai Mertasari menawarkan pesona eksotis yang unik dan pesona alam yang menakjubkan. Pantai Mertasari merupakan perpaduan sempurna antara alam yang indah dan pengembangan pariwisata yang berkembang.

Pantai Mertasari Sanur

Berikut beberapa informasi terkait Pantai Mertasari Sanur.

Sejarah Pantai Mertasari Sanur

Sejarah Pantai Mertasari tidak dapat dipisahkan dari budaya dan masyarakat lokal asli Bali. Salah satu acara terbesar yang rutin diadakan di Pantai Mertasari adalah festival layang-layang. Festival ini mempertontonkan berbagai jenis layang-layang dengan berbagai bentuk dan ukuran yang beragam. Festival ini bukan hanya sebuah pameran seni, tetapi juga mengenang legenda yang berkembang di kalangan masyarakat sekitar tentang asal usul Pantai Mertasari.

Meskipun asal usul festival layang-layang ini belum begitu jelas, kehadirannya menambah pesona Pantai Mertasari. Para pengunjung yang datang selama festival ini dapat menyaksikan langit yang dipenuhi dengan warna-warni layang-layang yang menari-nari di angkasa. Untuk informasi lebih lanjut tentang festival layang-layang ini, Anda dapat mencarinya menggunakan mesin pencarian Google agar validitasnya lebih terjamin.

Baca juga: 20 Tempat Wisata Magelang Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Lokasi Pantai Mertasari Sanur

Pantai Mertasari terletak di Jalan Tirta Empul Desa Intaran, yang masuk dalam wilayah administrasi Kelurahan Sanur, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar. Pantai ini berada di ujung paling selatan dari deretan Pantai Sanur, Pantai Matahari Terbit, Pantai Mertasari, dan Pantai Pengembak. Dikelilingi oleh Pantai Semawang dan Pantai Pengembak, posisi Pantai Mertasari sangat strategis dan mudah diakses.

Rute Menuju Pantai Mertasari Sanur

Untuk mencapai Pantai Mertasari, Anda dapat mengikuti rute dari Danau Tamblingan ke arah selatan, kemudian menuju Jalan Cemara dan Jalan Mertasari. Dari Jalan Mertasari, Anda akan sampai di bibir Pantai Mertasari. Dari Pantai Sanur, Anda bisa mencapai pantai ini dalam waktu sekitar 10 menit menggunakan sepeda atau berjalan kaki. Anda dapat mengunjungi Wisata Pantai Mertasari kapan saja sepanjang hari, karena tempat ini buka 24 jam tanpa jam khusus.

Google Map Lokasi Pantai Mertasari Sanur

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke Pantai Mertasari sangat terjangkau, berkisar antara Rp. 20.000 hingga Rp. 25.000 per orang. Dengan harga yang terjangkau ini, Anda dapat menikmati semua keindahan dan fasilitas yang ditawarkan oleh pantai ini. Tiket masuk ini digunakan untuk mendukung dana kebersihan dan pengembangan obyek wisata di Pantai Mertasari.

Daya Tarik Pantai Mertasari Sanur

Sesampainya Anda di Pantai Mertasari, Anda akan disambut oleh keindahan alam yang memesona. Pantai ini terkenal dengan pasir putihnya yang lembut dan ombak kecil yang menenangkan. Berjalan-jalan di sepanjang pantai yang panjang sambil merasakan pasir halus di bawah kaki adalah pengalaman yang tak terlupakan. Anda juga dapat menikmati matahari terbit yang memukau di pagi hari di salah satu gazebo pinggir pantai.

Pantai Mertasari adalah tempat yang sempurna untuk bersantai dan menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman. Anda dapat membawa tikar pantai dan piknik, atau hanya duduk-duduk santai sambil menikmati angin laut yang menyegarkan. Untuk pecinta fotografi, pantai ini menawarkan latar belakang yang menakjubkan untuk mengabadikan momen-momen berharga Anda.

Baca juga: Legenda Danau Toba: Cerita Rakyat Toba Sumatera Utara

Aktivitas di Pantai Mertasari Sanur

Pantai Mertasari Sanur
Sumber Gambar: Kota Denpasar

Pantai Mertasari menawarkan berbagai aktivitas yang dapat dinikmati oleh para pengunjung dari berbagai usia. Bagi mereka yang suka tantangan air, Pantai Mertasari menyediakan berbagai macam aktivitas olahraga air seperti selancar, bermain kayak, dan snorkeling. Anda dapat menyewa peralatan yang diperlukan di sekitar pantai.

Pantai ini adalah tempat yang sempurna untuk bermain pasir dengan anak-anak. Anda dapat membangun istana pasir atau hanya bermain-main dengan pasir putih yang lembut. Ombak yang tenang membuat Pantai Mertasari cocok untuk berenang. Anda dapat menikmati berenang di laut yang jernih dan segar.

Aktivitas para nelayan yang sibuk di sekitar Pantai Mertasari juga menjadi daya tarik tersendiri. Anda dapat melihat mereka dalam aksi, menjala ikan, dan mungkin mendapatkan beberapa tips menangkap ikan dari para ahli. Pada saat tertentu, terdapat festival layang-layang yang digelar di sekitar Pantai Mertasari. Festival ini mampu menyedot perhatian para pengunjung dengan atraksi-atraksi layang-layang yang menakjubkan.

Baca juga: Apa itu Endorse? Manfaat dan Cara Menjadi Endorse

Dream Island

Sumber Gambar: KSM Tour

Salah satu daya tarik utama Pantai Mertasari adalah keberadaan Dream Island. Meskipun sebenarnya berada di Pantai Pengembak, pintu masuknya terletak di Pantai Mertasari, berdekatan dengan area parkir. Seiring dengan pengembangan Pantai Mertasari, Dream Island telah diatur ulang dan dikembangkan dengan baik oleh Desa Pekraman Intaran Sanur.

Jika Anda mencari perawatan tubuh yang memanjakan, Dream Island memiliki fasilitas spa yang siap memanjakan. Anda dapat memilih dari berbagai jenis perawatan, mulai dari pijat relaksasi hingga perawatan kulit yang menyegarkan. Setelah seharian menjelajahi pantai, spa ini adalah tempat yang sempurna untuk melepaskan ketegangan dan meremajakan diri.

Dream Island memiliki restoran yang menyajikan hidangan lezat dengan pemandangan pantai yang menakjubkan. Anda dapat mencicipi hidangan lokal yang lezat atau memilih hidangan internasional favorit Anda. Makan bersama keluarga atau teman-teman sambil menikmati pemandangan laut adalah pengalaman yang tidak boleh dilewatkan.

Bagi keluarga yang mengunjungi Pantai Mertasari dengan anak-anak, taman bermain anak di Dream Island adalah surga bagi mereka. Anak-anak dapat bermain, berlarian, dan bersenang-senang di area yang aman dan terawat dengan baik. Ini adalah tempat yang sempurna untuk mereka melepaskan energi dan menikmati hari bersama.

Dream Island menawarkan pengalaman berpetualang yang unik, yaitu berwisata menaiki dan memberi makan unta. Anak-anak dan orang dewasa sama-sama dapat merasakan sensasi mengendarai unta di sepanjang pantai yang indah. Pengalaman ini akan memberikan kenangan yang tak terlupakan.

Bagi para pecinta kuda, Dream Island menyediakan kesempatan untuk bermain dengan kuda di tepi pantai yang indah. Ini adalah pengalaman yang menarik untuk mencoba berkuda sambil menikmati pemandangan laut yang memukau.

Salah satu daya tarik utama Dream Island adalah ayunan pantai yang mirip dengan ayunan terkenal di Gili Trawangan, Lombok. Ayunan ini terletak di tepi pantai, dan Anda dapat bergoyang-goyang dengan lembut sambil menikmati pemandangan laut yang tenang.

Fasilitas di Sekitar Pantai Mertasari Sanur

Untuk mendukung pengalaman wisata Anda di sekitar Pantai Mertasari, pemerintah setempat dan pihak pengelola telah menyediakan berbagai macam fasilitas pendukung. Fasilitas ini dirancang untuk memastikan kenyamanan dan keselamatan para pengunjung. Beberapa fasilitas yang tersedia di sekitar Pantai Mertasari antara lain:

  • Area Parkir
  • Tempat Jogging
  • Warung Makanan dan Minuman
  • Tempat Duduk di Pinggir Pantai
  • Restoran
  • Penginapan, Villa, dan Hotel

Referensi

Dinas Pariwisata Kota Denpasar