Air Panas Grao Sakti
Sumatera

Air Panas Grao Sakti: Misteri, Rute, dan Daya Tariknya

Air Panas Grao Sakti adalah pemandian sumber air panas yang terletak di Desa Renah Kemumu, Kecamatan Jangkat, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. Air Panas Grao Sakti, sebuah pemandian alam yang menghadirkan keindahan dan misteri, siap menyapa para pengunjung dengan pesonanya yang unik. Mari kita merajut kisah panjang keeksotisan alam ini dalam petualangan epik yang melibatkan hutan rimbun, semburan air panas megah, dan aroma belerang yang menyegarkan.

Air Panas Grao Sakti

Berikut beberapa informasi terkait Danau Grow Sakti berasal dari beberapa sumber dan website bams.blog.

Misteri Air Panas Grao Sakti

Air Panas Grao Sakti juga memiliki sejumlah kisah mistis dari masa lalu. Menurut sesepuh desa setempat, tempat ini sering digunakan dalam ritual-ritual pengiriman santet. Pada saat itu, ajaran Islam belum tersebar hingga ke desa ini, dan masyarakat setempat percaya bahwa santet grao sangat ampuh dan dapat menghilangkan nyawa seseorang.

Tidak sembarang orang dapat melakukan pengiriman santet, hanya para paranormal atau dukun berilmu tinggi yang mampu melakukannya. Namun, seiring dengan masuknya ajaran Islam ke desa ini dan perkembangan zaman, praktik-praktik tersebut telah ditinggalkan. Kini, Air Panas Grao Sakti telah berubah menjadi objek wisata yang dikenal hingga ke luar daerah karena keunikan dan keindahannya.

Baca juga: Air Terjun Telun Perentak: Rute, Daya Tarik, dan Fasilitas

Rute Menuju Air Panas Grao Sakti

Air Panas Grao Sakti
Sumber Gambar: Anak Melayu Jambi

Untuk mencapai Air Panas Grao Sakti, Anda perlu melewati perjalanan yang memakan waktu, tetapi pesona alam yang akan Anda temui di sana akan membuatnya sepadan. Lokasi ini berjarak sekitar 130 kilometer dari Kota Bangko, pusat Kabupaten Merangin, dan sekitar 40 kilometer dari Danau Pauh. Perjalanan tersebut memakan waktu sekitar 4 hingga 5 jam jika Anda menggunakan mobil pribadi.

Perjalanan untuk mencapai Air Panas Grao Sakti tidak hanya sekadar perjalanan biasa. Medan yang sulit, hutan lebat Desa Renah Kemumu yang harus ditembus, semuanya menghadirkan petualangan tersendiri. Bagi para petualang sejati dan pencinta alam, ini adalah kesempatan emas untuk merasakan sensasi eksplorasi sejati.

Menyusuri jalur setapak yang hanya dapat dilalui oleh motor trail atau mobil off-road, Anda akan merasakan kesejukan hutan yang meranggas, meraba jalan setapak yang belum dijejakkan oleh banyak kaki manusia. Dan jangan terkejut jika hujan tiba-tiba memaksa perjalanan menjadi lebih sulit. Mobil-mobil wisatawan sering kali terperangkap dalam kubangan lumpur, memberikan tantangan ekstra yang harus diatasi.

Google Maps Lokasi Air Panas

Harga Tiket Masuk

Sampai saat ini, belum ada informasi pasti mengenai harga tiket masuk ke Air Panas Grao Sakti.

Jam Operasional

Tempat ini buka 24 jam, sehingga pengunjung dapat mengunjunginya kapan saja.

Daya Tarik Air Panas Grao Sakti

Air Panas Grao Sakti
Sumber Gambar: Anak Melayu Jambi

Tiba di lokasi, mata Anda akan disambut oleh panorama alam yang menakjubkan. Semburan air panas yang menyembul dari celah-celah bebatuan besar seolah menari di atas panggung alam. Sang pawang, penguasa alam yang menguasai semburan air, menjadi aktor utama dalam drama ini. Dengan teriakan dan tepukan tangan, air panas meluncur ke udara dengan tinggi mencapai 30 meter. Keindahan ini menjadi semakin magis saat disertai kepulan asap yang melibas udara, menciptakan pemandangan yang tak terlupakan.

Tak hanya semburan air panas megah, Air Panas Grao Sakti juga menyuguhkan pengalaman berendam yang tak terlupakan. Di sekitar sumber air panas utama, terdapat kolam alami yang menunggu pengunjung untuk merasakan kesegarannya. Air di kolam ini sangat jernih, campuran sempurna antara air panas dan air sungai yang dingin.

Air Panas Grao Sakti adalah geyser alami yang terletak di sepanjang sungai. Keunikan tempat ini terletak pada kemampuannya untuk menyemburkan air dengan ketinggian mencapai 30 meter. Hal ini bisa terjadi ketika pawangnya berteriak dan melakukan tepukan tangan. Air panas tersebut akan menyembur dengan indahnya, seolah-olah sedang menari bersama dengan kepulan asap dari batu-batuan sungai.

Baca juga: Danau Depati Empat: Sejarah, Rute, dan Daya Tarik

Aktivitas di Air Panas Grao Sakti

Air Panas Grao Sakti
Sumber Gambar: Instagram Explore Merangin

Nikmati kehangatan air panas dalam kolam alami yang terletak dekat dengan sumber air panas utama. Anda dapat bersantai, merelaksasikan tubuh, dan menikmati suasana alam yang menenangkan. Air panas yang bercampur dengan air sungai membuat suhu air tetap nyaman. Selain itu, Anda dapat memasak telur, pisang, dan mie instan di sumber air panas ini.

Keindahan Air Panas Grao Sakti adalah subjek yang sempurna untuk fotografi. Semburan air dari celah bebatuan yang diiringi oleh kepulan asap menciptakan pemandangan yang menarik dan menawan. Pemandangan hutan yang hijau dan alam sekitarnya juga memberikan latar belakang yang ideal untuk foto-foto yang tak terlupakan.

Jelajahi keindahan alam sekitar dan nikmati petualangan sejati. Perjalanan sulit dan hutan yang lebat akan memuaskan hasrat petualangan Anda. Jika Anda memiliki motor trail, Anda dapat menjelajahi daerah ini dengan lebih leluasa.

Baca juga: Bukit Kayoe Putih: Destinasi Wisata Mojokerto

Fasilitas di Air Panas Grao Sakti

Fasilitas

Sayangnya, fasilitas yang tersedia di area Air Panas masih sangat terbatas. Di sekitar lokasi pemandian, Anda tidak akan menemukan kamar mandi, ruang ganti baju, atau mushola untuk beribadah. Jalan menuju lokasi juga belum diaspal, yang membuatnya sulit dilewati terutama saat hujan.

Sebelum Anda berkunjung, pastikan untuk membawa perbekalan, karena tidak ada warung di sekitar lokasi. Anda juga bisa membawa makanan seperti telur mentah, pisang, atau mie instan untuk dimasak di sumber air panas.

Dengan keindahan semburan air panas, aroma belerang yang segar, dan alam yang masih asri, tempat ini adalah surga alami yang layak dikunjungi. Jika Anda mencari pengalaman wisata yang unik dan petualangan sejati, Air Panas Grao Sakti di Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi, adalah tujuan yang sempurna.

Referensi

  1. https://meranginkab.go.id/wisata/grao
  2. https://disbudpar.jambiprov.go.id