Pantai Cinta Kedungu
Bali

Pantai Cinta Kedungu Bali: Pesona Keindahan Lautan dan Matahari

Pantai Cinta Kedungu berlokasi di Jalan Pantai Kedungu, Belalang, Kediri, Tabanan, Bali. Lokasinya sekitar 20 kilometer dari kota Denpasar, dan ini searah dengan objek wisata terkenal lainnya, yaitu Tanah Lot. Pantai ini, juga dikenal sebagai Love Beach Kedungu, adalah perpaduan sempurna antara pemandangan pantai yang menakjubkan, tebing-tebing yang megah, dan sawah hijau yang menyejukkan.

Pantai Cinta Kedungu Bali

Berikut Beberapa informasi terkait Pantai Cinta Kedungu Bali.

Rute Menuju Pantai Cinta Kedungu Bali

Pantai Cinta Kedungu lokasinya agak tersembunyi dan memerlukan sedikit usaha untuk mencapainya. Jika menggunakan mobil, harus parkir di dekat gerbang masuk dan kemudian berjalan menuju pantai. Tetapi jika membawa sepeda motor, Anda dapat mengikuti jalan di tengah sawah yang akan membawa lebih dekat ke lokasi wisata ini. Di sekitar lokasi, tersedia parkiran sepeda motor yang terbatas.

Jika merasa bingung atau memerlukan bantuan untuk mencapai Pantai Cinta Kedungu, dapat menggunakan Google Maps atau aplikasi penunjuk arah lainnya. Ini akan membantu menentukan rute perjalanan dari lokasi saat ini ke Pantai Cinta Kedungu dengan mudah.

Google Maps Lokasi Pantai Cinta Kedungu Bali

Harga Tiket Masuk

Salah satu hal yang memikat tentang Pantai Cinta Kedungu adalah biaya masuk yang sangat terjangkau. Untuk masuk ke pantai ini, Anda tidak akan dikenai biaya masuk tambahan, hanya perlu membayar biaya parkir, tergantung pada jenis kendaraan yang digunakan:

  • Biaya parkir untuk mobil adalah Rp 5.000.
  • Biaya parkir untuk sepeda motor adalah Rp 2.000.

Biaya parkir yang terjangkau ini menjadikan Pantai Cinta Kedungu sebagai destinasi yang ekonomis untuk dikunjungi.

Baca juga: Rawa Bento: Keindahan Rawa Tertinggi di Sumatera

Sejarah dan Perkembangan

Pantai Cinta Kedungu

Pantai Cinta Kedungu tidak selalu menjadi destinasi wisata yang ramai seperti saat ini. Dahulu, kawasan ini adalah lahan kosong seluas satu hektar. Namun, para generasi muda dari Banjar Kedungu, yang sebagian besar merupakan pekerja di sektor pariwisata, memiliki visi untuk mengubah lahan tersebut menjadi daya tarik wisata yang menarik.

Dampak pandemi COVID-19 yang melanda sektor pariwisata Bali membuat banyak pekerja di industri ini kehilangan pekerjaan. Namun, situasi sulit ini memicu inovasi dan kreativitas mereka. Mereka memutuskan untuk mengubah lahan kosong tersebut menjadi destinasi wisata baru yang menakjubkan di kawasan Pantai Kedungu yang sudah terkenal.

Dengan tekad dan semangat, para pemuda setempat mengubah lahan itu dengan memanfaatkan pemandangan pantai yang indah dan panorama matahari terbenam yang luar biasa. Melalui promosi yang gencar di media sosial dan berbagai platform online, Pantai Cinta Kedungu segera menjadi viral dan menarik perhatian banyak wisatawan, khususnya kalangan remaja yang mencari tempat untuk bersantai dan menikmati keindahan pantai dan matahari terbenam.

Baca juga: Sejarah Candi Muaro Jambi: Kekayaan Arkeologis Indonesia

Daya Tarik Pantai Cinta Kedungu Bali

Pantai Cinta Kedungu

Salah satu daya tarik utama Pantai Cinta Kedungu adalah pemandangan matahari terbenam yang spektakuler. Di sini, Anda bisa menyaksikan matahari perlahan tenggelam ke laut dengan latar belakang Pantai Kedungu yang menakjubkan. Suasana romantis dan indahnya pemandangan menjadikan Pantai Cinta Kedungu sebagai spot favorit bagi pasangan yang mencari momen berdua yang tak terlupakan.

Pantai Cinta Kedungu juga menyediakan tempat yang nyaman, seperti bean bag dan meja, sehingga Anda dapat bersantai sambil menikmati matahari terbenam. Tidak ada yang lebih mempesona daripada menikmati langit berwarna-warni saat matahari merayap ke horison, sambil menikmati makanan lezat dan suasana romantis.

Tambahan terbaru yang menarik di Pantai Cinta Kedungu adalah Kafe The Beach Love. Kafe ini menawarkan pengalaman outdoor yang memanjakan pengunjung dengan pemandangan alam yang spektakuler, tanpa mengubah kondisi sekitarnya, terletak di Jalan Pantai Kedungu, Belalang, Kediri, Tabanan, Bali.

Kafe The Beach Love menambahkan nilai lebih kepada pengalaman wisata di Pantai Cinta Kedungu. Mereka menyediakan bean bags yang langsung menghadap ke laut, menciptakan tempat santai yang sempurna untuk menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah.

Aktivitas di Pantai Cinta Kedungu Bali

Pantai Cinta Kedungu Bali

Selain menikmati pemandangan yang menakjubkan, Pantai Cinta Kedungu juga merupakan tempat yang ideal untuk berselancar. Pengelola The Beach Love telah bekerja sama dengan komunitas peselancar setempat untuk menyediakan pelatihan selancar dan peralatan yang diperlukan. Jika Anda adalah pemula dalam selancar, dapat mengambil pelajaran dari instruktur berpengalaman. Harga untuk pelatihan selancar bervariasi tergantung pada instruktur yang di pilih.

Bagi mereka yang sudah memiliki papan selancar sendiri, dapat langsung mencoba ombak Pantai Cinta Kedungu tanpa harus menyewa perlengkapan. Selancar di sini adalah pengalaman yang tak terlupakan, dengan ombak yang cocok untuk pemula dan pengalaman selancar yang lebih tinggi.

Tepat di tepi Pantai Cinta Kedungu, dapat bermain air atau sekadar jalan-jalan di tepi pantai yang indah. Anda dapat merasakan pasir putih di antara jari-jari kaki, mendengar suara ombak yang tenang, dan menikmati kesejukan angin laut. Hal terbaik adalah tidak perlu membayar tiket masuk untuk menikmati keindahan pantai ini, hanya biaya parkir yang sangat terjangkau.

Pantai Cinta Kedungu juga menjadi surga bagi para pencinta foto Instagram. Latar belakang pantai, tebing-tebing, dan sawah yang hijau menciptakan pengaturan yang sempurna untuk berfoto, dapat berpose di atas bean bag dengan laut yang mempesona di latar belakang atau menggunakan spot foto yang terbuat dari rotan berbentuk hati. Pemandangan matahari terbenam di kawasan ini juga menjadi latar yang sempurna untuk mengabadikan momen-momen berharga.

Baca juga: Bukit Kayoe Putih: Destinasi Wisata Mojokerto

Fasilitas di Pantai Cinta Kedungu Bali

Meskipun masih terbilang minim fasilitasnya, pengelola Pantai Cinta Kedungu telah menyediakan beberapa fasilitas dasar untuk kenyamanan pengunjung. Anda akan menemukan meja, kursi, warung makan kecil, toilet umum, spot foto menarik, ayunan, dan tempat parkir (meskipun terbatas).

Tips Wisata di Pantai Cinta Kedungu

Jika Anda merencanakan kunjungan ke Pantai Cinta Kedungu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Karena popularitasnya yang terus meningkat, disarankan untuk datang lebih awal agar apat mendapatkan tempat dan meja yang nyaman untuk menikmati keindahan matahari terbenam di sore hari, jangan seperti pengalaman kami waktu berwisata ke sana karena tempat ini dapat sangat ramai, terutama saat akhir pekan, dengan jumlah pengunjung mencapai ratusan orang, bahkan hingga 500 orang.

Referensi

DisPar Kab. Tabanan