Pantai Kelan
Bali

Pantai Kelan: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket Masuk

Pantai Kelan di Kabupaten Badung, salah satu kabupaten terpenting di Bali. Kabupaten Badung dikenal sebagai pusat pariwisata pulau ini dan memiliki berbagai atraksi menarik, termasuk Pantai Kelan.

Sebelum menjadi tujuan wisata populer yang kita kenal hari ini, Pantai Kelan adalah desa nelayan kecil yang tergantung pada hasil laut untuk mencukupi kebutuhan hidup mereka. Namun, seiring berjalannya waktu, Bali mulai dikenal sebagai destinasi wisata yang menarik dan Pantai Kelan pun tidak terhindar dari perubahan tersebut.

Pantai Kelan Bali

Berikut informasi terkait pantai kelan bali.

Lokasi Pantai Kelan

Lokasi Pantai Kelan di Bali sangat mudah dijangkau, terutama jika berada di sekitar Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai atau wilayah Kuta, terletak di Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Indonesia. Pantai ini berada di sebelah selatan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Google Map Lokasi Pantai

Rute Menuju Pantai Kelan

Untuk mencapai Pantai Kelan, dapat mengikuti Jalan Segara Madu. Pantai berjarak sekitar 14 kilometer dari pusat kota Denpasar, dan Anda dapat mencapainya dalam waktu sekitar 35 menit. Bagi pengemudi mobil dan kendaraan roda 4 lainnya, ada pilihan untuk menggunakan Tol Bali Mandara. Sementara itu, jika Anda berangkat dari Bandara Ngurah Rai, Pantai Kelan hanya berjarak sekitar 6 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 15 menit melalui Jalan Bypass Ngurah Rai.

Baca juga: Pesona Keindahan Alam Gunung Rinjani

Harga Tiket Masuk

Para pengunjung tidak perlu mengeluarkan uang untuk tiket masuk ke Pantai. Namun, mereka yang datang dengan kendaraan biasanya akan dikenakan biaya parkir yang sangat terjangkau. Biaya parkir di Pantai Kelan adalah Rp 2 ribu untuk motor dan Rp 5 ribu untuk mobil. Pantai selalu buka setiap hari sepanjang waktu, kecuali pada Hari Raya Nyepi.

Daya Tarik Pantai Kelan Bali

Pantai Kelan
Daya Tarik Pantai Kelan Bali

Pantai Kelan menawarkan pemandangan yang tak terlupakan. Pantai ini dikelilingi oleh bukit-bukit hijau yang menjulang tinggi, menciptakan latar belakang yang sempurna untuk matahari terbenam yang dramatis. Selama sore hari, Anda dapat menikmati pemandangan matahari terbenam yang memukau di sepanjang pantai ini.

Bagi mereka yang mencari ketenangan, Pantai merupakan tempat yang ideal. Ombak di pantai ini cenderung lebih tenang dibandingkan dengan beberapa pantai lain di Bali, sehingga dapat berenang dengan aman atau hanya berbaring di pasir sambil mendengarkan deburan ombak yang menenangkan.

Pantai Kelan juga memiliki hutan bakau yang indah. Hutan bakau adalah ekosistem penting yang melindungi pantai dari abrasi dan menyediakan habitat bagi berbagai jenis satwa liar. Jalan-jalan kayu yang dibangun di tengah hutan bakau memungkinkan Anda untuk menjelajahi keindahan alam ini dengan nyaman.

Bagi para penyelam dan pecinta snorkeling, Pantai Kelan menawarkan pengalaman yang luar biasa. Perairan sekitar pantai ini dipenuhi dengan keanekaragaman hayati bawah laut yang memukau. Anda dapat menjumpai berbagai spesies ikan berwarna-warni dan terumbu karang yang indah.

Aktivitas di Pantai Kelan Bali

Pantai Kelan
Aktivitas di Pantai Kelan Bali

Pantai adalah tempat yang sempurna untuk bermain ombak. Anda dapat menyewa papan selancar dan mengikuti pelajaran selancar jika Anda pemula. Untuk yang lebih berpengalaman, tantang diri dengan ombak yang lebih besar di sekitar pantai ini.

Jelajahi keindahan hutan bakau dengan bersepeda. Terdapat rute-rute sepeda yang disediakan di sekitar Pantai, dan Anda akan disuguhi pemandangan alam yang menakjubkan selama perjalanan.

Di Bali, terdapat dua lokasi terkenal yang menawarkan aktivitas wisata naik unta. Anda dapat menikmati naik unta di Pantai Sawangan, Nusa Dua, maupun Pantai Kelan, Tuban, Bali.

Jika tertarik untuk memperoleh informasi lebih lanjut tentang pengalaman naik unta di Pantai Sawangan, Nusa Dua, silakan klik tautan berikut! Untuk pengalaman naik unta di Pantai, Tuban, biasanya beroperasi dari pukul 09:00 hingga pukul 16:00. Penyedia layanan aktivitas naik unta di Pantai Kelan Tuban dikenal sebagai Bali Camel Adventure.

Saat ini, terdapat dua pilihan durasi untuk pengalaman naik unta di Kelan Beach Tuban, yaitu selama 15 menit dan 30 menit. Baik durasi 15 maupun 30 menit, keduanya memberikan kesempatan yang memadai untuk merasakan pengalaman menaiki unta yang unik ini.

Tak lengkap rasanya mengunjungi Bali tanpa mencicipi hidangan khas Bali. Di sekitar Pantai, Anda dapat menemukan berbagai warung dan restoran yang menyajikan hidangan lezat seperti nasi goreng, mie goreng, dan sate ayam. Jangan lupa mencicipi hidangan seafood segar yang bisa Anda temukan di sekitar pantai.

Bali terkenal dengan spa dan pijatnya yang menenangkan. Setelah seharian beraktivitas di Pantai Kelan, nikmatilah pijat tradisional Bali untuk merilekskan tubuh Anda.

Baca juga: Candi Prambanan: Sejarah dan Situs Warisan Dunia

Fasilitas di pantai Kelan Bali

Fasilitas di pantai Kelan Bali

Pantai Kelan di Bali menawarkan beragam fasilitas untuk para pengunjung yang ingin menikmati kenyamanan selama kunjungan mereka. Berikut adalah beberapa fasilitas yang dapat Anda temukan di Pantai:

  • Warung dan Restoran
  • Toilet dan Kamar Mandi
  • Penyewaan Peralatan Selam dan Snorkeling
  • Penyewaan Peralatan Surfing
  • Tempat Parkir
  • Area Piknik
  • Pijat dan Spa
  • Tempat Penyewaan Kursi Pantai
  • Penyewaan Payung Pantai
  • Toko-toko Suvenir

Baca juga: Sawarna Srikandi: Tempat Wisata Terbaik di Banten

Penginapan dekat Lokasi Pantai

Berikut ini beberapa alternativ penginapan mudah dekat lokasi pantai.

RedDoorz Hotel

Terdapat beragam penginapan yang berlokasi sangat dekat dengan Pantai Kelan Tuban, salah satunya adalah RedDoorz Hotel. Selain karena lokasinya yang strategis, penginapan ini juga menawarkan harga sewa kamar per malam yang sangat terjangkau. Meskipun terjangkau, pelayanan dan fasilitas yang diberikan oleh hotel ini dinilai lengkap dan memuaskan.

Melati View Hotel

Kawasan Kuta, Bali, adalah destinasi pariwisata yang ramai dengan kunjungan wisatawan. Jika Anda mencari penginapan yang memungkinkan Anda untuk sampai ke pantai dengan mudah tanpa harus berjalan jauh, maka Melati View Hotel adalah pilihan yang tepat. Selain dekat dengan kawasan wisata, Anda juga akan menikmati pemandangan langsung ke pantai dari kamar yang Anda sewa.

Bemo Guest House

Penginapan ini menjadi pilihan ideal bagi mereka yang merencanakan liburan pantai bersama keluarga atau teman-teman. Pelayanannya sangat memuaskan dan fasilitas yang tersedia cukup lengkap. Bahkan, di sini, pengunjung dapat memesan berbagai fasilitas untuk dinikmati di dalam kamar.

Pantai Kelan Bali menawarkan keindahan alam yang memukau, keanekaragaman hayati bawah laut yang luar biasa, dan budaya Bali yang kaya. Dari sejarahnya yang menarik hingga aktivitas yang bisa di nikmati di sini, Pantai Kelan memiliki segala yang Anda butuhkan untuk liburan yang tak terlupakan di Bali. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi keindahan Pantai ketika berada di pulau Bali.

Referensi

  1. https://dispar.badungkab.go.id
  2. https://www.disparda.baliprov.go.id