Pantai Batu Bengkung Malang
Jawa

Pantai Batu Bengkung: Rute, Harga Tiket, dan Daya Tariknya

Pantai Batu Bengkung terletak di Malang Selatan, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Lebih tepatnya, pantai ini berada di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Alamat yang jelas ini akan membantu Anda menemukan tempat ini dengan lebih mudah, baik Anda datang dari Malang sendiri atau dari kota-kota sekitarnya. Pantai ini telah menjadi incaran para wisatawan yang mencari ketenangan, keindahan, dan petualangan di tepi Samudera Hindia.

Pantai Batu Bengkung

Berikut beberapa informasi mengenai pantai ini.

Asal Usul Nama “Batu Bengkung”

Nama Pantai Batu Bengkung berasal dari bentuk batuan karang di sekitarnya. Jika Anda melihatnya dari atas dengan menggunakan drone, Anda akan melihat bahwa batuan tersebut berbentuk melengkung dengan dua bukit yang berdiri di sampingnya. Bentuk ini mirip dengan seorang wanita yang mengenakan bengkung, sebuah selendang panjang yang sering digunakan oleh wanita setelah melahirkan.

Saat Anda melihatnya dari ketinggian, bentuknya memang sangat unik dan indah. Perpaduan warna hijau, biru, dan putih dari laut, hamparan pasir, dan vegetasi membuatnya menjadi pemandangan yang mempesona dan tak terlupakan.

Baca juga: 21 Destinasi Wisata Jambi Yang Wajib Anda Ketahui

Rute Menuju Pantai Batu Bengkung

Ada dua rute utama yang dapat Anda ambil untuk mencapai Pantai Batu Bengkung, tergantung dari mana Anda memulai perjalanan Anda. Jika Anda memulai perjalanan dari pusat kota Malang, Anda dapat mengambil rute melalui Turen. Selama perjalanan ini, Anda akan melewati beberapa pantai lainnya, seperti Pantai Sendangbiru, Pantai Goa Cina, dan Pantai Banjulmati. Perjalanan ini akan memanjakan Anda dengan pemandangan alam yang segar, meskipun jalannya berkelok-kelok. Pastikan untuk mengendarai kendaraan dengan hati-hati.

Alternatifnya, Anda dapat memilih untuk pergi melalui Kepanjen. Rute ini akan membawa Anda melalui Bantur dan Gondanglegi. Perhatikan bahwa beberapa bagian dari jalan ini mungkin berlubang, jadi persiapkan kendaraan Anda dengan baik sebelum pergi.

Dari pusat Kota Malang, perjalanan menuju pantai akan memakan waktu sekitar 2 jam dengan jarak sekitar 64 kilometer. Pastikan untuk memeriksa kondisi jalan dan memilih rute yang paling sesuai dengan kendaraan Anda.

Google Maps Pantai Batu Bengkung

Harga Tiket Masuk

Salah satu hal yang menarik tentang Pantai Batu Bengkung adalah biaya masuk yang sangat terjangkau. Dengan hanya Rp. 10.000,- per orang, Anda bisa menikmati keindahan alam yang luar biasa di pantai ini. Selain itu, biaya parkir untuk motor sekitar Rp. 5.000,- dan mobil sekitar Rp. 10.000,-.

Jam Operasional

Pantai Batu Bekung Jam operasionalnya buka 24 jam penuh, ini berarti Anda dapat mengunjungi pantai ini kapan saja Anda mau, bahkan untuk menikmati matahari terbit atau matahari terbenam yang spektakuler, jam operasional yang fleksibel ini memberi kebebasan untuk mengatur kunjungan sesuai dengan preferensi Anda sendiri.

Baca juga: Sejarah Candi Muaro Jambi: Keunikan, dan Objek Wisata

Daya Tarik Pantai Batu Bengkung

Pantai Batu Bengkung

Salah satu pengalaman paling luar biasa yang bisa Anda nikmati di pantai tersebut adalah melihat pemandangan dari ketinggian. Anda dapat mendaki salah satu bukit yang mengelilingi pantai ini untuk mendapatkan pandangan yang lebih jelas dan memukau. Pemandangan biru Samudera Hindia, batu karang melengkung yang memisahkan daratan dan laut, kolam alami di antara batu karang, serta pasir putih yang terbentang akan membuat Anda terpesona. Mendaki bukit mungkin memerlukan usaha ekstra, tetapi pemandangan yang akan di nikmati di puncak akan sebanding dengan usaha tersebut.

Adanya kolam alami yang terbentuk di antara batu karang yang tinggi dan hamparan pasir. Kolam ini sering digunakan oleh pengunjung untuk bermain air atau bahkan berenang. Kedalaman kolam bervariasi, jadi penting untuk berhati-hati, terutama jika Anda membawa anak-anak bersama, berada di pesisir Samudera Hindia, yang memiliki ombak yang cukup kuat dan berbahaya, sehingga pengunjung sangat dianjurkan untuk tidak berenang di laut.

Aktivitas di Pantai Batu Bengkung

Pengunjung yang ingin merasakan romantisme pantai dapat memilih untuk berkemah di salah satu bukit di sekitar Pantai Batu Bengkung. Setelah berkemah, Anda dapat menikmati keindahan matahari terbit di pagi hari, membuat pengalaman Anda menjadi lebih berkesan. Suasana malam di pantai, dengan suara ombak yang menenangkan, adalah pengalaman yang tak terlupakan.

Berkunjung ke pantai belum lengkap tanpa mencicipi kuliner seafood yang lezat. Di sekitar Pantai Batu Bengkung, Anda akan menemukan berbagai warung makanan yang menawarkan hidangan seafood segar. Anda bisa mencoba berbagai hidangan, mulai dari olahan ikan asam manis hingga kepiting saus pedas. Ini adalah kesempatan sempurna untuk menikmati rasa laut yang autentik. Selain itu, Anda juga dapat mencari oleh-oleh khas pantai di toko-toko sekitar pantai.

Pantai adalah tempat yang aman untuk bersenang-senang bersama keluarga, terutama karena tiket masuk yang terjangkau dan banyaknya kegiatan yang dapat dilakukan. Salah satu kegiatan yang aman untuk anak-anak adalah bermain di pasir pantai dan air ombak di tepi pantai. Namun, pastikan untuk selalu mengawasi anak-anak Anda agar mereka tetap aman dan tidak terlalu jauh dari pantai karena ombak di pantai selatan dapat cukup besar.

Baca juga: Franchise (Waralaba): Syarat, Jenis, Keuntungan, dan Contohnya

Fasilitas di Pantai Bengkung

Meskipun Pantai Batu Bengkung adalah destinasi yang baru, fasilitas pendukung yang tersedia sudah cukup lengkap. Beberapa di antaranya mencakup:

  • Tempat parkir yang memadai.
  • Fasilitas toilet umum.
  • Mushola untuk beribadah.
  • Warung-warung makanan dan minuman.
  • Area yang disediakan untuk mendirikan tenda.

Referensi

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang