Danau Beratan Bedegul
Bali

Objek Wisata Danau Beratan Bedegul Bali

Danau Beratan Bedegul

Danau Beratan Bedegul merupakan salah satu dari tiga danau yang tergabung dalam sebuah kaldera besar, yaitu Danau Tamblingan dan Danau Buyan. Namun, Danau Beratan memiliki daya tarik yang cukup istimewa karena berada di sepanjang jalur jalan provinsi yang menghubungkan Denpasar-Singaraja, dan berdekatan dengan Kebun Raya Eka Karya. Oleh karena itu, Danau Beratan menjadi salah satu tempat wisata populer di Bali yang mudah dijangkau dan menyediakan pemandangan yang mempesona serta akomodasi yang memadai.

Dengan luas sekitar 375,6 hektar, Danau Beratan Bedugul adalah danau terluas kedua di Bali setelah Danau Batur. Danau ini memiliki keliling sekitar 12 kilometer dan kedalaman antara 22 hingga 48 meter. Selain itu, Danau Beratan juga dikenal sebagai salah satu danau di Bali yang memiliki keunikan tersendiri karena berada di ketinggian 1.239 meter di atas permukaan laut. Dengan demikian, Danau Beratan menawarkan panorama alam yang sangat indah dan memukau.

Danau Beratan juga memiliki berbagai objek wisata menarik di sekitarnya, seperti Pura Ulun Danu Bratan yang merupakan tempat ibadah umat Hindu di Bali dan menjadi ikon. Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati pemandangan danau yang menakjubkan dengan menyewa perahu dan berkeliling di sekitar danau. Terdapat pula taman-taman dan kebun-kebun yang menarik di sekitar Danau yang dapat dijelajahi oleh wisatawan.

Danau Beratan Bedugul

Berikut beberapa informasi terkait Danau Beratan Bedugul berdasarkan pengalaman kami berlibur di sana.

Lokasi dan Rute Menuju Danau Beratan Bedegul

Danau Beratan terletak di Jalan Raya Candi Kuning, di Desa Candi Kuning, Kecamatan Baturiti, Tabanan. Bagi Anda yang datang dari Bandara I Gusti Ngurah Rai, perjalanan menuju lokasi akan memakan waktu sekitar 2 jam dengan kendaraan. Saat menuju Danau Beratan, Anda akan melewati jalan yang berkelok-kelok dan berliku, dengan jurang di sebelah kanan dan kiri jalan. Namun, perjalanan ini tidak akan membosankan karena Anda akan disuguhi pemandangan sawah dan kebun sayuran yang indah. Yang lebih unik, Anda juga akan melewati sebuah hotel yang terkenal angker, yaitu Hotel P.I Bedugul yang tidak pernah selesai dibangun.

Harga Tiket Masuk

Jika Anda hanya ingin menikmati pemandangan Danau Beratan dari luar area Pura Ulun Danu Beratan, Anda dapat berhenti di pinggir Jalan Raya Candi Kuning – Bedugul dan menikmati pemandangan dari sana tanpa membayar tiket masuk.

Namun, jika Anda ingin masuk ke dalam area Pura Ulun Danu Beratan untuk mengeksplorasi lebih lanjut dan mendapatkan latar belakang yang indah untuk foto-foto Anda, berikut adalah harga tiket masuk yang berlaku:

  • Dewasa: Rp 30,000 per orang
  • Anak-anak: Rp 20,000 per orang
  • Biaya parkir motor: Rp 2,000 per motor
  • Biaya parkir mobil: Rp 2,000 per mobil
  • Biaya parkir bus: Rp 10,000 per bus

Harga Sewa Speedboat untuk Keliling Danau

Jika Anda tertarik untuk menyewa speedboat untuk mengelilingi Danau Beratan, berikut adalah harga yang dapat Anda gunakan sebagai referensi:

  • Speedboat dengan kapasitas 4 orang: Rp 100,000 per putaran
  • Speedboat dengan kapasitas 8 orang: Rp 185,000 per putaran

Harap diingat bahwa harga-harga ini dapat berubah sewaktu-waktu, jadi pastikan untuk memeriksa harga terbaru saat Anda mengunjungi.

Objek Wisata Danau Beratan

Baca Juga: Destinasi Wisata Magelang Yang Menarik Untuk di Kunjungi

Terdapat objek wisata disekitar danau selain pemandangan yang indah, Anda juga dapat mengunjungi pura ulun danau beratan bedegul.

Pura Ulun Danu Beratan
Ananda Attila

Pura Ulun Danu Bratan atau yang juga dikenal sebagai Pura Ulun Danu Beratan atau Bratan Pura, adalah sebuah pura dan candi air besar yang terletak di Bali, Indonesia, menjadi salah satu daya tarik utama di Danau Bratan, dan sering dijadikan sebagai ikon wisata Bali. Berlokasi di tepi barat laut Danau Bratan, yang terletak di daerah pegunungan dekat Bedugul, Kabupaten Tabanan.

Pura Ulun Danu Bratan dibangun pada tahun 1634 Masehi dan menjadi pusat persembahan bagi dewi Dewi Danu, yang dianggap sebagai dewi air, danau, dan sungai, terdiri dari berbagai candi kecil yang memiliki fungsi spesifik untuk masing-masing asosiasi irigasi (subak). Pura ini juga menjadi tempat utama bagi para petani untuk melakukan upacara-upacara yang berkaitan dengan irigasi dan pertanian, seperti upacara meminta hujan dan panen.

Danau Bratan sendiri memiliki peran yang sangat penting dalam hal irigasi dan pertanian di Bali, dan sering dianggap sebagai danau “gunung suci”. Ketinggiannya yang mencapai 1.200 meter dan iklim yang sangat dingin membuat daerah sekitar danau ini menjadi sangat subur dan cocok untuk ditanami berbagai jenis tanaman.

Baca juga: Tanjung Benoa Destinasi Wisata Pantai Bahari Bali

Pura Ulun Danu Beratan berjarak sekitar 70 kilometer dari Bandara Internasional Ngurah Rai dan 50 kilometer dari pusat kota Denpasar. Untuk mempertahankan keasliannya, Pura Ulun Danu Beratan dipelihara oleh empat “satakan” yang berasal dari desa-desa di sekitar area pura ini. Wisatawan dapat menikmati pemandangan yang indah dan merasakan kedamaian di Pura Ulun Danu Beratan, serta mempelajari lebih lanjut tentang budaya dan sejarah Bali.

Google Map Lokasi Pura Ulun

Tempat Wisata Berdekatan

Ketika Anda mengunjungi Danau Beratan Bedugul, ada beberapa tempat wisata menarik lainnya yang berada dalam jarak tempuh yang wajar. Berikut adalah beberapa tempat wisata berdekatan dengan Danau Beratan Bedugul:

Kebun Raya Bedugul

Kebun Raya Bedugul adalah tempat yang ideal untuk para pecinta alam. Di sini, Anda dapat menjelajahi kebun yang indah dengan berbagai macam tanaman buah, pepohonan tinggi, dan suhu yang sejuk. Aktivitas petualangan “Bali Treetop” juga dapat dinikmati di sini.

Handara Golf Resort Bali

Jika Anda menyukai golf, Anda dapat mengunjungi Handara Golf Resort Bali yang berjarak sekitar 3,5 kilometer dari Danau Beratan Bedugul. Lapangan golf ini menawarkan pengalaman bermain golf yang spektakuler di tengah keindahan alam.

Danau Buyan

Danau Buyan adalah danau lain yang indah yang berjarak sekitar 7 kilometer dari Danau Beratan. Anda dapat mengunjungi danau ini dalam waktu sekitar 15 menit perjalanan, menawarkan pemandangan yang menakjubkan dan suasana yang tenang.

Danau Tamblingan

Danau Tamblingan terletak sekitar 13 kilometer dari Danau Beratan Bedugul, dengan perkiraan waktu tempuh sekitar 20 menit perjalanan, danau ini menawarkan pemandangan alam yang memukau dan suasana yang tenang, sempurna untuk bersantai.

Bali Strawberry Panoramic Terrace

Jika Anda suka stroberi, Anda tidak ingin melewatkan Bali Strawberry Panoramic Terrace. Lokasi ini hanya berjarak sekitar 4,5 kilometer dari Danau Beratan Bedugul, dengan perkiraan waktu tempuh sekitar 7 menit. Anda dapat memetik stroberi segar langsung dari kebunnya.

Joger Luwus Bedugul

Joger Luwus Bedugul adalah tempat yang tepat untuk membeli oleh-oleh khas Bali. Anda dapat menemukan berbagai macam produk dan souvenir Bali di sini. Joger Luwus berjarah sekitar 16 kilometer dari Danau Beratan Bedugul, dengan perkiraan waktu tempuh sekitar 25 menit.

Sawah Terasering Jatiluwih Bali

Sawah terasering Jatiluwih adalah salah satu lanskap sawah terasering yang paling indah di Bali. Ini adalah Situs Warisan Dunia UNESCO dan berjarak sekitar 24 kilometer dari Danau Beratan Bedugul, dengan perkiraan waktu tempuh sekitar 50 menit.

Pengalaman Wisata Tak Terlupakan di Danau Beratan Bedugul

Kami memulai perjalanan kami ke Danau Beratan Bedugul di pagi yang cerah. Perjalanan melintasi Bali yang indah ini menghadirkan pemandangan luar biasa. Jalan berkelok-kelok melalui pegunungan memberi pandangan spektakuler dan hawa segar yang sangat nikmati. Selama perjalanan, kami melihat beberapa pertanian lokal yang indah, dan bahkan berhenti sejenak untuk membeli buah-buahan segar yang lezat dari penjual di pinggir jalan.

Saat semakin mendekati Danau Beratan Bedugul, kabut tipis mulai muncul, menciptakan nuansa misterius di sekitar. Ini adalah momen yang sangat kami antisipasi, karena pemandangan kabut yang menyelimuti pura dan danau seringkali menjadi ciri khas Danau Beratan Bedugul.

Keindahan dan Kemegahan Pura Ulun Danu Beratan

Kami tiba di Danau Beratan Bedugul dan langsung menuju Pura Ulun Danu Beratan, destinasi utama kami. Saat pertama kali melihat pura ini di kejauhan, kami benar-benar terpukau. Pura ini terlihat seperti terapung di atas permukaan danau dengan latar belakang bukit hijau yang indah dan langit biru cerah di atasnya.

Kami memutuskan untuk masuk ke dalam pura untuk lebih mendekati keindahannya. Saat melangkah masuk, kami merasa kedamaian dan ketenangan yang memenuhi udara. Kami melihat beberapa pengunjung lain yang sedang berdoa atau hanya duduk dan menikmati pemandangan yang indah, juga menyaksikan upacara kecil yang sedang berlangsung, mengingatkan kami akan kekayaan budaya Bali.

Setelah mengelilingi area pura dan memotret beberapa foto yang spektakuler, kami menghabiskan waktu sejenak di tepi danau yang tenang. Pemandangan danau dengan pura sebagai latar belakang adalah pemandangan yang tak terlupakan, bahkan melihat beberapa perahu tradisional Bali mengambang di danau, menambahkan sentuhan kecantikan yang lebih dalam suasana ini.

Menjelajahi Keindahan Alam Sekitar

Setelah puas menjelajahi Pura Ulun Danu Beratan, kami memutuskan untuk menjelajahi keindahan alam sekitar danau, menyusuri tepian danau yang indah dan menemukan berbagai jenis bunga berwarna-warni yang tumbuh di sana, juga berjalan-jalan di antara pepohonan cemara yang rindang dan merasakan udara segar pegunungan yang begitu menyegarkan.

Kami sangat beruntung melihat beberapa rusa dan kijang yang berkeliaran di sekitar area ini. Mereka tampaknya tidak terganggu oleh kehadiran kami dan kami dapat mengamati mereka dari jarak yang cukup dekat. Pengalaman melihat satwa liar dalam habitat alaminya adalah salah satu momen istimewa dalam perjalanan kami.

Makanan Lokal yang Lezat

Setelah puas menjelajahi Danau Beratan Bedugul, kami memutuskan untuk makan siang di salah satu restoran di dekatnya, mencicipi hidangan khas Bali yang lezat, termasuk nasi goreng, mie goreng, dan hidangan laut segar. Sambil menikmati hidangan kami, kami bisa merasakan kesejukan dan ketenangan yang kami alami selama kunjungan.

Perjalanan Kembali ke Kuta

Sore hari, kami memutuskan untuk memulai perjalanan kembali ke tempat kami menginap di Kuta. Sebelum meninggalkan Danau Beratan Bedugul, berhenti sejenak di salah satu toko souvenir kecil untuk membeli oleh-oleh khas Bali. Kami membawa pulang beberapa kerajinan tangan dan produk lokal sebagai kenang-kenangan dari pengalaman tak terlupakan.

Perjalanan kembali ke Kuta juga menghadirkan pemandangan yang indah, tetapi kali ini kami dapat menikmati matahari terbenam yang spektakuler di balik pegunungan.

Tips Berwisata di Danau Beratan

Berikut adalah beberapa tips untuk berwisata di Danau Beratan:

Pilih Waktu

Sebaiknya kunjungi pada bulan-bulan April hingga Oktober saat musim kemarau. Pada bulan-bulan tersebut, langit cerah dan Anda dapat menikmati pemandangan yang indah tanpa diganggu oleh hujan.

Kenakan Pakaian yang Nyaman

Karena udara di sekitar Danau cenderung dingin, sebaiknya kenakan pakaian yang nyaman dan hangat. Bawa jaket atau kain yang bisa digunakan untuk melindungi diri dari angin dan suhu dingin.

Baca juga: Destinasi Wisata Jambi Yang Wajib Anda Ketahui

Membawa Kamera

Danau Beratan menawarkan pemandangan yang indah dan menakjubkan. Pastikan Anda membawa kamera untuk mengambil foto-foto yang indah dan menarik selama berada di sana.

Cicipi Kuliner Khas Bali

Ada banyak warung dan restoran di sekitar Danau yang menyajikan makanan khas Bali yang lezat. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kuliner khas Bali seperti bebek betutu atau sate lilit.

Gunakan Guide

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang sejarah dan budaya Bali, gunakan jasa tour guide yang berpengalaman. Mereka akan membantu Anda memahami lebih dalam tentang keunikan Danau Beratan dan sekitarnya.

Kunjungi Pura Ulun Danu Beratan

Pura Ulun Danu Beratan adalah tempat persembahan untuk Dewi Danu, dewi air danau dan sungai. Tempat ini sangat indah dan menakjubkan, sehingga jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Pura ini dan merasakan keindahan dan ketenangan yang tersedia di sana.

Nikmati Aktivitas Air

Danau Beratan menawarkan berbagai jenis aktivitas air seperti perahu dayung, kayak, dan jet ski. Nikmati keindahan dari sudut pandang yang berbeda dengan menikmati aktivitas air ini.

Baca juga: Tips Sahur Agar Tidak Lapar Saat Puasa

Membawa Perlengkapan

Pastikan Anda membawa perlengkapan yang diperlukan seperti kacamata renang, sunblock, topi, dan sepatu yang sesuai jika ingin melakukan aktivitas air. Jangan lupa juga membawa air minum dan camilan ringan untuk mengisi energi selama berada di sana.

Penutup

Kunjungan saya dan anak ke Danau Beratan Bedugul adalah salah satu pengalaman wisata yang tak terlupakan. Keindahan alamnya yang menakjubkan, kecantikan Pura Ulun Danu Beratan, dan ketenangan lingkungannya menciptakan momen-momen berharga yang akan selalu kami ingat. Danau Beratan Bedugul adalah salah satu permata tersembunyi Bali yang harus dikunjungi oleh semua orang yang mencintai keindahan alam

Referensi

  1. https://tabanankab.go.id
  2. https://dispar.tabanankab.go.id
  3. https://disbud.baliprov.go.id