Danau Tangkas
Sumatera

Danau Tangkas: Rute, Tiket Masuk, dan Daya Tarik

Danau Tangkas Sekernan terletak di Jalan Rd. Somad, Desa Tanjung Lanjut, Kecamatan Sekernan, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi. Tempat ini tak hanya mengundang Anda untuk bersantai, tetapi juga untuk merasakan keindahan alam yang begitu alami.

Danau Tangkas

Berikut informasi tentang Danau Tangkas Sekernan.

Rute Menuju Danau Tangkas

Perjalanan menuju Danau Tangkas Sekernan biasanya dimulai dari Kota Jambi. Dari sana, dapat menempuh perjalanan darat dengan waktu tempuh sekitar 1-2 jam, tergantung pada lokasi memulai perjalanan.

Google Maps Lokasi Danau

Tiket Masuk

Salah satu aspek yang membuat Danau Tangkas begitu menarik adalah tiket masuk yang terjangkau. Anda hanya perlu membayar Rp 5 ribu untuk weekdays dan Rp 10 ribu untuk weekend. Harga tiket yang terjangkau membuatnya menjadi destinasi yang sesuai untuk semua kalangan.

Baca juga: Pesona Keindahan Lubuk Penyengat di Muaro Jambi

Jam Operasional

Danau Tangkas Sekernan buka setiap hari, kecuali pada hari Senin, dengan jam buka dari pukul 11 siang hingga 9 malam.

Daya Tarik Danua Tangkas

Sumber Gambar: Instagram Danau Tangkas

Danau Tangkas, dengan luas sekitar 403 hektar, adalah salah satu destinasi wisata yang harus dimasukkan dalam daftar kunjungan jika berada di Jambi. Tempat ini menawarkan keindahan alam yang tak tertandingi. Anda akan disuguhi pemandangan alam yang indah dan menakjubkan, menjadikannya tempat yang sempurna untuk melepaskan stres dan menikmati momen kebahagiaan.

Salah satu daya tarik utamanya adalah Hutan Liontin. Hutan ini berada persis di atas permukaan air dan dapat diakses dengan menaiki perahu tradisional yang telah disediakan oleh pengelola danau. Saat memasuki hutan ini, akan merasakan seperti sedang berjalan di antara liontin alam yang indah. Pohon-pohon patat membentuk lorong yang memukau dan menjulang di atas permukaan air. Jika Anda mengunjungi hutan ini di pertengahan tahun atau bahkan akhir tahun, akan disambut oleh bunga-bunga yang bermekaran, menggantung di pohon-pohon seperti perhiasan alam yang memikat hati.

Hutan Liontin bukan satu-satunya tempat yang bisa di eksplorasi di area Danau. Tempat ini juga menawarkan rumah-rumah pohon yang tak hanya nyaman untuk istirahat, tetapi juga sangat Instagramable. Bagi para milenial yang gemar berburu foto indah, rumah-rumah pohon ini adalah daya tarik yang tak boleh dilewatkan. Mereka memberikan nuansa petualangan yang unik dan pengalaman menginap di alam terbuka yang tak terlupakan.

Menurut cerita setempat, Lorong Perawan dinamakan demikian karena jalannya yang sempit. Meskipun sempit, lorong ini menawarkan pemandangan yang cantik dan nyaman untuk dilewati. Ini adalah tempat yang sempurna untuk berjalan-jalan santai, menghirup udara segar, dan merasakan ketenangan alam.

Baca juga: Jembatan Ampera: Sejarah, Arsitektur, dan Daya Tarik

Aktivitas Wisata di Danau Tangkas

Sumber Gambar: Instagram Danau Tangkas

Tidak hanya menikmati panorama danau, Anda juga bisa mencoba berbagai wahana permainan yang tersedia, termasuk banana boat. Banana boat adalah perahu yang menyenangkan yang akan menghibur di atas air. Namun, ingatlah untuk berhati-hati, karena air di Danau dapat menjadi pasang surut, dan pengalaman banana boat akan lebih seru saat menghadapi ombak kecil.

Jika Anda adalah pecinta camping, Danau Tangkas memiliki area perkemahan yang lengkap dengan semua sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk berkemah. Biaya sewa area perkemahan sangat terjangkau, hanya sekitar Rp 28 ribu per orang. Ini adalah cara yang sempurna untuk bersatu dengan alam dan menikmati keindahan malam bintang-bintang.

Di sekitar area danau, juga dapat menjelajahi hutan mangrove dengan rakit. Ini adalah pengalaman yang menenangkan di mana dapat merasakan ketenangan alam yang begitu menyejukkan. Hutan mangrove juga merupakan ekosistem yang penting dan menjadi tempat yang baik untuk memahami keanekaragaman hayati.

Tempat ini cocok untuk bersantai, berpetualang, atau sekadar menghabiskan waktu berkualitas dengan keluarga dan teman-teman. Dengan harga tiket yang terjangkau, tidak perlu khawatir mengenai anggaran. Jadi, jika Anda berada di Jambi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Danau Tangkas dan menciptakan kenangan yang tak terlupakan di tempat ini. Selamat berlibur!

Referensi

  1. https://parpora.muarojambikab.go.id
  2. https://disbudpar.jambiprov.go.id

Photo

Danau Tangkas
Pengunjung bermain perahu
Danau Tangkas
Rumah Pohon
Permainan Banana Boat