Lubuk Penyengat
Sumatera

Pesona Keindahan Lubuk Penyengat di Muaro Jambi

Lubuk Penyengat berlokasi di Desa Baru Muaro Sebo, Kabupaten Muara Jambi, telah lama menjadi salah satu destinasi wisata. Keindahan alam yang luar biasa, budaya yang kaya, dan keramahan penduduk setempat menjadikan tempat ini sebagai destinasi wajib untuk para pelancong yang mencari petualangan unik.

Lubuk Penyengat

Berikut informasi terkait dengan Lubuk Penyengat yang disadur dari situs bams.

Rute Menuju Lubuk Penyengat

Sumber Gambar: Instagram Lubuk_Penyengat

Perjalanan menuju Lubuk Penyengat dimulai ketika meninggalkan kota Jambi, yang terletak sekitar 15 kilometer dari destinasi ini. Dengan menggunakan kendaraan roda dua, akan menempuh perjalanan selama sekitar 30 menit sebelum tiba di simpang tiga yang mengarah ke komplek percandian Muara Jambi. Di simpang ini, cukup berbelok menuju desa kecil, sekitar 500 meter dari simpang tersebut, dan petualangan sejati Anda dimulai.

Harga Tiket Masuk

Sebuah gerbang yang dihiasi dengan ornamen serabut kelapa dan di atasnya terdapat tulisan khas Jambi yang berbunyi, “Ko Dio E Pintu Masuk Lubuk Penyengat.” Ini merupakan pintu masuk ke Lubuk Penyengat. Hanya dengan membayar 5000 rupiah per orang.

Baca juga: Pesona Keindahan Wisata Pantai di Jambi

Daya Tarik Lubuk Penyengat

Lubuk Penyengat
Sumber Gambar: Instagram Lubuk_Penyengat

Apa yang membuat Lubuk Penyengat begitu istimewa? Salah satunya adalah konsep wisata yang unik. Tempat ini adalah buah dari upaya kolaboratif pemuda desa dengan masyarakat sekitar. Mereka telah menciptakan lingkungan alam yang mempesona yang menawarkan pengalaman luar biasa bagi pengunjung.

Saat tiba di Lubuk Penyengat, akan disambut dengan pemandangan yang menakjubkan: pondok-pondok di atas aliran sungai desa yang tenang, mengalir sepanjang jalan lintas Jambi Muara Sebo. Suasana alam yang tenang ini memberikan ketenangan dan keindahan yang sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi komplek percandian Muara Jambi. Kompleks ini adalah situs cagar budaya yang penting dan memiliki sejarah yang kaya. Anda dapat menjelajahi candi-candi kuno yang berasal dari masa Hindu-Buddha, dan belajar lebih banyak tentang masa lalu Indonesia.

Baca juga: 21 Wisata Jambi Yang Terkenal dan Wajib Anda Ketahui

Aktivitas Wisata di Lubuk Penyengat

Lubuk Penyengat
Sumber Gambar: Instagram Lubuk_Penyengat

Lubuk Penyengat merupakan tempat yang cocok untuk bersantai dan menikmati keindahan alam. Pondok-pondok di atas sungai desa yang mengalir memberikan tempat yang sempurna untuk bersantai sambil menikmati suara aliran air yang tenang, bisa duduk di sini, bersantai, dan meresapi keindahan sekitar.

Anda juga dapat menjelajahi sungai dengan perahu sampan yang disediakan. Ini adalah pengalaman yang harus dicoba, di mana bisa mengemudikan perahu sendiri atau dipandu oleh petugas yang berpengalaman. Untuk menjaga keselamatan, rompi pelampung juga tersedia bagi pengunjung yang akan berlayar.

Selama kunjungan ke Lubuk Penyengat, Anda akan memiliki kesempatan untuk belajar lebih banyak tentang budaya lokal. Komunitas pemuda setempat berperan aktif dalam pengembangan tempat wisata ini, dan mereka juga menciptakan oleh-oleh khas untuk para pengunjung. Anda akan menemukan berbagai kerajinan tangan yang indah, termasuk kerajinan dari rotan dan kerajinan yang terbuat dari sabut kelapa yang sebelumnya hanyalah sampah di daerah ini.

Ada juga pernak-pernik yang unik, seperti gelang dan kalung sebalik sumpah yang biasa dipakai oleh suku anak dalam. Bahan untuk perhiasan ini berasal dari pohon Sebalik Sumpah, dan yang digunakan adalah bijinya. Membeli oleh-oleh ini adalah cara bagus untuk membawa pulang potongan budaya lokal.

Selain menikmati keindahan alam dan budaya lokal, di sekitar area Lubuk menawarkan banyak kesempatan untuk bersantai dan berfoto. Anda akan menemukan ayunan berbentuk sarang burung yang tergantung di atas sungai. Ini adalah tempat yang sempurna untuk mengambil foto yang santai sambil menikmati alam sekitar.

Selain itu, ada juga arena bermain yang dilengkapi dengan patung dinosaurus dan SpongeBob yang terbuat dari sabut kelapa. Tempat-tempat ini sering menjadi spot foto yang populer bagi para pengunjung. Jadi, jangan lupa membawa kamera dan bersiap untuk mengabadikan momen-momen tak terlupakan.

Baca juga: Bukit Ngarau Merangin Objek Wisata Instagramable

Wisata Kuliner di Lubuk Penyengat

Sumber Gambar: Instagram Lubuk_Penyengat

Setelah menjelajahi keindahan alam dan budaya Lubuk Penyengat, Anda pasti akan merasa lapar. Untungnya tidak perlu khawatir karena ada pilihan makanan lezat yang tersedia di sekitar area wisata. Dapatkan pengalaman kuliner yang tak terlupakan dengan mencicipi hidangan lokal yang autentik.

Jambi memiliki sejumlah hidangan khas yang patut dicoba. Salah satunya adalah “rendang jambi,” versi khas Jambi dari hidangan rendang yang terkenal di seluruh Indonesia. Rendang jambi memiliki rasa pedas dan gurih yang khas, dan pasti akan memanjakan lidah, dan juga dapat mencicipi hidangan ikan air tawar yang segar dan lezat, seperti ikan patin atau ikan nila.

Di sekitar Lubuk, akan menemukan warung-warung dan pedagang kaki lima yang menjual berbagai makanan dan camilan lokal. Cobalah makanan ringan seperti kerupuk kulit, bakso ikan, atau otak-otak. Anda juga bisa memesan nasi goreng atau mi goreng yang enak sebagai hidangan utama.

Tak lupa, nikmati segelas minuman segar yang terbuat dari bahan lokal, seperti jus kelapa muda atau es kacang merah. Ini adalah cara sempurna untuk menghilangkan dahaga setelah berkeliling Lubuk Penyengat.

Dengan keindahan alam yang luar biasa, konsep wisata yang unik, dan peran aktif komunitas pemuda setempat, tempat ini telah menjadi daya tarik yang sangat populer bagi para pengunjung. Selain menawarkan pengalaman alam yang memukau, Lubuk Penyengat juga memperkenalkan pada budaya dan sejarah kaya Jambi. Anda bisa bersantai, berfoto, menjelajahi aliran sungai, dan menikmati kuliner lokal yang lezat. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Lubuk Penyengat dan merasakan pesona keindahannya sendiri. Oya, untuk photo yang lebih lengkap silahkan kunjungi instagram lubuk_penyengat, ya.

Referensi

  1. https://genta.fkip.unja.ac.id/2020/04/28/wisata-alam-lubuk-penyengat
  2. https://muarojambikab.bps.go.id/subject/16/pariwisata.html
  3. https://disbudpar.jambiprov.go.id