Wisata Kerinci
Sumatera

Wisata Kerinci Sungai Penuh Nan Mempesona

Wisata Kerinci di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi terletak sekitar 418 kilometer dari Kota Jambi, Kerinci adalah sekepal tanah surga yang harus dieksplorasi. Kami akan membimbing Anda melalui perjalanan seru di berbagai destinasi wisata alam, gunung yang megah, dan atraksi budaya yang kaya.

Rute Menuju Kabupaten Kerinci

Sebelum memulai petualangan ke Kerinci, ada beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan. Pertama, perlu memutuskan moda transportasi yang akan digunakan. Anda dapat mencapai Kerinci dengan pesawat terbang ke Bandara Depati Parbo di Sungai Penuh, kemudian melanjutkan perjalanan dengan bus atau taksi. Alternatif lain adalah perjalanan darat dari Kota Jambi dengan mobil pribadi atau bus.

Adapun akomodasi, Kerinci memiliki berbagai pilihan penginapan mulai dari hotel hingga penginapan yang lebih sederhana. Pastikan untuk memesan akomodasi sebelumnya, terutama jika berkunjung pada musim liburan.

Wisata Kerinci Sungai Penuh Nan Mempesona 2023

Berikut informasi wisata Kerinci Sungai Penuh Terbaru 2023.

Danau Kaco

Wisata Kerinci
Sumber Gambar: Panorama Kerinci

Ketika mengunjungi Kerinci, destinasi alam pertama yang wajib didatangi adalah Danau Kaco. Terletak di dalam wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat, Danau Kaco adalah tempat yang menakjubkan dengan keunikan yang sulit ditemukan di tempat lain di Indonesia. Airnya sejernih kaca, dikelilingi oleh hutan lebat dan udara yang segar. Inilah sebabnya penduduk setempat menyebutnya “Danau Kaco,” yang dalam bahasa setempat berarti “danau sebening kaca.”

Air di Danau Kaco adalah sebening kaca, hampir seperti berenang di dalam cermin alam. Danau ini memiliki ukuran sekitar 30 x 30 meter dan terletak di ketinggian 1.289 meter di atas permukaan laut. Keunikan lainnya adalah saat malam bulan purnama, air Danau Kaco seakan-akan bercahaya biru terang, tanpa memerlukan alat bantu penerangan. Legenda setempat mengisahkan bahwa ini disebabkan oleh permata yang tersimpan di dasar danau, menyebabkan danau bersinar terang.

Gunung Kerinci

Wisata Kerinci
Sumber Gambar: mt. Kerinci

Gunung Kerinci, yang juga dikenal sebagai Gunung Kerinci, adalah salah satu daya tarik utama di Kerinci. Dengan ketinggian 3.805 meter di atas permukaan laut, gunung ini adalah yang tertinggi di Sumatra dan merupakan salah satu gunung berapi aktif tertinggi di Indonesia. Pendaki dari berbagai penjuru datang untuk mencapai puncaknya. Jalan menuju Gunung Kerinci dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi, memakan waktu sekitar 7 hingga 10 jam dari pusat kota Jambi. Sejak tahun 2017, Balai Taman Nasional Kerinci Seblat (BTNKS) telah membangun fasilitas umum seperti papan informasi, toilet umum, dan shelter di jalur pendakian untuk kenyamanan para pendaki.

Air Terjun Telun Berasap

Wisata Kerinci
Sumber Gambar: Instagram Air Terjun Telun Berasap

Terletak di Desa Telun Berasap, Kecamatan Gunung Tujuh, Air Terjun Telun Berasap menawarkan pemandangan yang memukau. Air terjun ini memiliki debit air yang mengalir deras dari tebing setinggi 50 meter, menciptakan efek seperti kabut yang mengelilingi. Saat sinar matahari bersinar, kabut yang berpadu dengan air terjun menciptakan ilusi optik berupa pelangi. Pengunjung dapat menuruni anak tangga yang licin karena embun air untuk mencapai air terjun ini.

Danau Kerinci

Wisata Kerinci
Sumber Gambar: Instagram Kerinci Tourism

Danau Kerinci adalah danau terluas kedua di Sumatra setelah Danau Toba. Dengan luas mencapai 4200 hektar, danau ini memiliki diameter sekitar 70 kilometer dan kedalaman mencapai 110 meter. Danau Kerinci sering digunakan sebagai tempat berkemah, memancing, berenang, menaiki perahu nelayan, atau sekadar menikmati wisata kuliner di gerai makanan sekitar danau. Pengunjung juga dapat melihat burung belibis yang berkumpul di sekitar Danau Kerinci.

Bukit Khayangan

Wisata Kerinci
Sumber Gambar: Pesona Khayangan

Disebut Bukit Khayangan karena pemandangannya menyerupai negeri di atas awan dengan kabut yang mempesona. Terletak di Desa Renah Kayu Embun pada ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut, Bukit Khayangan dapat dicapai dalam waktu sekitar 35 menit dari Kota Sungai Penuh. Perjalanan ke Bukit Khayangan sangat mudah diakses karena jalannya sudah beraspal, dengan pemandangan alam yang indah sepanjang jalan. Di atas Bukit Khayangan, Anda akan menemukan pondok-pondok bagi para wisatawan. Pemandangan di sini sangat cocok untuk para pecinta fotografi, karena terdapat banyak spot alam yang memukau yang sayang untuk dilewatkan.

Air Panas Semurup

Wisata Kerinci
Sumber Gambar: Instagram Air Panas Semrup Kerinci

Jika Anda ingin merasakan sensasi mandi air hangat di tengah suasana alam, Air Panas Semurup adalah tempat yang sempurna. Air panas ini berasal dari titik panas yang muncul akibat aktivitas vulkanik gunung berapi setempat. Selain mandi air hangat, pengunjung juga dapat berebus air atau merebus telur langsung di air panas ini. Harap berhati-hati, karena suhu air panas dapat mencapai 85 derajat Celsius, dan tidak semua air panas di sini cocok untuk mandi.

Air Terjun Pancaro Rayo

Air Terjun Pancaro Rayo
Sumber Gambar: Panorama Kerinci

Air Terjun Pancaro Rayo adalah air terjun tertinggi di Kerinci, dengan ketinggian mencapai 150 meter. Tingginya air yang mengalir menciptakan hujan embun yang dapat dirasakan hingga radius 50 meter dari air terjun. Namun, untuk mencapai air terjun ini, Anda perlu berjalan sekitar 1 jam melalui medan berliku-liku. Dengan hanya biaya parkir sekitar 5 ribu rupiah di pintu masuk, Anda akan mendapatkan pemandangan alam yang memukau.

Kebun Teh Kayu Aro

Kebun Teh Kayu Aro
Sumber Gambar: Panorama Kerinci

Perkebunan Teh Kayu Aro adalah salah satu kebun teh tertua di Indonesia dan yang tertinggi kedua di dunia setelah kebun teh di Himalaya. Dengan luas luar biasa sekitar 3.020 hektar, kebun teh ini menawarkan pemandangan indah dengan barisan pegunungan di sekelilingnya. Udara yang sejuk menjadikan tempat ini sempurna untuk berlibur.

Di tengah kebun teh, Anda akan menemukan spot yang disebut Puncak Rindu. Tempat ini cocok untuk bersantai dan merasakan kedamaian di tengah-tengah kebun teh. Jangan lupa membawa kamera atau ponsel untuk mengabadikan momen-momen indah selama liburan Anda.

Selain itu, di Kebun Teh Kayu Aro terdapat juga Bukit Cinta Outbond yang sayang untuk dilewatkan. Dari sini, Anda dapat mencoba wahana seperti flying fox yang memungkinkan Anda meluncur dari ketinggian di atas hamparan perkebunan. Tempat ini juga menawarkan area pemancingan, kafetaria, rumah pohon, jaring laba-laba, dan berbagai wisata lainnya yang bisa dinikmati oleh pengunjung.

Taman Nasional Kerinci Seblat

Taman Nasional Kerinci Seblat
Sumber Gambar: bbtn_kerinciseblat

Taman Nasional Kerinci Seblat adalah harta karun alam yang dilindungi dengan luas sekitar 13.750 kilometer persegi dan merupakan warisan dunia UNESCO, Taman nasional ini merupakan rumah bagi berbagai jenis flora dan fauna, termasuk harimau Sumatera dan gajah Sumatera yang dilindungi di sini. Terdapat sekitar 4.000 jenis flora dan berbagai jenis fauna, termasuk beragam spesies burung, mamalia, primata, amfibi, dan reptil.

Pantai Pasir Panjang Desa Tanjung Tanah

Pantai Pasir Panjang Desa Tanjung Tanah
Sumber Gambar: Instagram Ariskalara

Pantai Pasir Panjang di Desa Tanjung Tanah adalah destinasi unik yang terletak di tepi Danau Kerinci, pantai ini menawarkan air tawar dan pasir putih, menciptakan atmosfer yang berbeda dari pantai biasanya. Meskipun tidak ada ombak di sini, hawa sejuk dan suasana yang dikelilingi oleh pepohonan dan pegunungan menjadikan pantai ini tempat yang nyaman untuk bersantai.

Pantai ini juga menawarkan wahana speedboat dengan tarif terjangkau, yang menjadi pengalaman seru bagi pengunjung. Untuk mencapai pantai ini, Anda dapat menyewa ojek motor setempat dengan tarif sekitar 5 ribu rupiah atau menggunakan sepeda motor pribadi.

Wisata Kuliner Kerinci

Wisata tidak lengkap tanpa mencicipi makanan lokal. Kerinci menawarkan berbagai hidangan tradisional yang lezat dan unik. Cobalah masakan khas Kerinci seperti Rendang Kerinci, Gulai Itiak Lado Mudo, atau Laksa Kerinci yang pedas.

Selain itu, dapat menemukan berbagai kuliner di sekitar Danau Kerinci, seperti ikan bakar segar dan hidangan laut lainnya. Pastikan mencicipi Kopi Tubruk khas Kerinci, yang terkenal dengan cita rasanya yang kuat dan aroma harumnya.

Kesenian Lokal Kerinci

Kerinci adalah tempat di mana kebudayaan dan seni hidup dengan kuat. Ada berbagai kesenian tradisional seperti Randai, pertunjukan seni yang menggabungkan tari, drama, dan musik; Mendu, tarian yang mengekspresikan keindahan alam sekitar; dan Selampit Delapan, tarian yang berasal dari ritual keagamaan.

Selama kunjungan, jangan lewatkan kesempatan untuk menyaksikan pertunjukan seni lokal ini. Anda akan terpesona oleh keindahan gerakan, kostum, dan musik yang mengiringinya.

Referensi

  1. https://kerincikab.go.id/public/static/40/Pariwisata
  2. https://disbudpar.jambiprov.go.id