Pantai watune gunungkidul
Jawa

Pantai Watunene: Lokasi dan Rute, dan Harga Tiket Masuk

Nama Pantai Watunene mungkin belum begitu familiar bagi banyak orang. Hal ini wajar, mengingat Pantai Watunene adalah salah satu destinasi pantai yang relatif baru dan belum terlalu ramai dikunjungi. Pantai Watunene terletak di sebelah barat Pantai Seruni, dengan garis pantai yang membentang dari sisi timur hingga barat. Keindahan pantai ini diperkaya oleh kehadiran perbukitan dengan vegetasi pantai yang khas, menciptakan suasana yang sangat menyegarkan. Pantainya memiliki pasir yang putih dan halus, serta terdapat sekelompok batu di sebelah timurnya. Keterbatasan akses menuju pantai ini membuat jumlah pengunjungnya masih terbatas.

Pantai Watunene terlatak di sebelah Pantai Seruni dan Pantai Poktunggal, dan kecantikannya tersembunyi di balik tebing-tebing tinggi yang menjadikan pantai ini istimewa. Keindahan alam pantai ini begitu eksotis dan masih alami, dengan hamparan pasir putih yang luas yang menanti para wisatawan. Lautannya memiliki warna biru kehijauan yang jernih, sementara bebatuan karang mengelilinginya, menciptakan pemandangan yang banyak dianggap mirip dengan Pantai Dreamland di Bali.

Pantai Watunene Gunung Kidul

Berikut ini informasi terkait Pantai Watunene Gunung Kidul.

Lokasi Pantai Watunene Gunung Kidul

Pantai Watunene berlokasi di Padukuhan Ngasem, Kalurahan Tepus, Kapanewon Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika Anda berencana untuk mengunjungi pantai ini, Anda dapat mencapai Pantai Watunene dengan mengikuti rute yang biasanya digunakan untuk mencapai pantai-pantai lain di Gunungkidul.

Rute Menuju Pantai Watunene Gunung Kidul

Mulailah perjalanan Anda dari Kota Yogyakarta melalui Jalan Jogja-Wonosari. Setelah mencapai Wonosari, Gunungkidul, Anda perlu mengambil jalur menuju Baron, yang terletak di arah selatan dari Wonosari. Setelah mencapai pertigaan Mulo, ambil jalur ke kiri menuju Desa Tepus. Anda akan melewati hutan Rakyat di sekitar Geopark Ngingrong selama perjalanan. Lanjutkan perjalanan lurus hingga mencapai pertigaan SMA 1 Tepus.

Di sini, belok kiri menuju Tepus. Setelah itu, ambil jalur ke kanan menuju Pantai Poktunggal dan Pantai Indrayanti. Teruslah mengikuti jalan ini dan Anda akan melihat papan petunjuk jalan menuju Pantai Seruni. Pantai Watunene berada sebelum mencapai Pantai Seruni di Gunungkidul. Saat Anda tiba di Pantai Seruni, akses untuk mencapai Pantai Watunene adalah melalui jalan setapak di sisi barat Pantai Seruni. Kendaraan pengunjung dapat diparkirkan di area parkir Pantai Seruni.

Dari Pantai Seruni, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang menaiki bukit di sebelah barat Pantai Seruni. Ini adalah bagian yang perlu diingatkan bahwa pengunjung harus berhati-hati karena kondisi jalan setapak cukup sempit dan berada di tepi jurang. Tetapi seiring perjalanan naik bukit, pengunjung akan diberikan pemandangan yang memukau ketika tiba di atas bukit. Dari sana, Anda akan melihat keindahan Pantai Watunene yang tersembunyi di balik tebing tinggi yang mengelilinginya.

Google Map Lokasi Pantai Watunene Gunung Kidul

Baca juga: Kawah Sikidang: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Harga tiket Masuk

  • Tiket masuk ke kawasan pantai: Rp 10.000
  • Biaya parkir mobil: Rp 5.000
  • Biaya parkir motor: Rp 2.000

Jam Operasional

Pantai Watunene adalah destinasi wisata yang dapat dinikmati kapan saja sepanjang tahun. Pantai ini buka 24 jam setiap hari, termasuk Senin hingga Minggu. Dengan demikian, pengunjung memiliki fleksibilitas untuk mengunjungi pantai ini sesuai dengan jadwal mereka sendiri, baik siang maupun malam. Jika Anda ingin menikmati matahari terbit atau matahari terbenam di Pantai Watunene, Anda memiliki kesempatan untuk melakukannya tanpa terbatas oleh jam buka. Namun, tetap perhatikan petunjuk keamanan dan pedoman yang berlaku saat Anda berada di pantai, terutama jika Anda berencana untuk beraktivitas di malam hari.

Daya Tarik Pantai Watunene Gunung Kidul

Keindahan Pantai Watunene Gunungkidul

Pantai Watunene Gunungkidul dikenal dengan pasir putihnya yang luar biasa. Saat matahari bersinar terang, pantai ini seolah-olah berkilau seperti permata. Pasir putih yang lembut dan bersih ini menjadi daya tarik utama bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi berjalan di pantai yang indah.

Selain pasir putihnya yang menakjubkan, air laut di Pantai Watunene juga sangat jernih. Anda bisa melihat dasar laut dan ikan-ikan yang berenang dengan jelas. Hal ini menjadikan pantai ini sebagai tempat yang sempurna untuk berenang, snorkeling, dan kegiatan air lainnya.

Pantai ini juga dikelilingi oleh formasi batu karang yang unik. Batu-batu karang ini memberikan sentuhan estetis yang menambah pesona alam Pantai Watunene. Mereka juga menjadi tempat yang ideal untuk berfoto dan menjelajahi kehidupan laut saat air surut.

Tidak ada yang bisa mengalahkan keindahan matahari terbenam di Pantai Watunene Gunungkidul. Anda bisa menyaksikan langit berubah warna menjadi nuansa oranye dan merah yang memukau saat matahari perlahan tenggelam di ufuk barat. Ini adalah pengalaman yang sangat romantis yang bisa Anda nikmati bersama pasangan Anda.

Perbukitan kars yang terhampar luas di sekitar Padukuhan Ngasem adalah tempat yang ideal untuk hiking dan menikmati pemandangan indah. Terlepas dari aktivitas fisiknya, perbukitan ini juga menawarkan spot-spot foto yang spektakuler.

Budaya dan Kearifan Lokal

Masyarakat Padukuhan Ngasem memelihara dengan erat nilai-nilai dan tradisi lokal mereka. Mereka menjaga budaya dan adat istiadat mereka dengan tekun dan rasa hormat yang tinggi. Salah satu hal yang paling menarik adalah prosesi upacara adat yang diadakan secara berkala. Ini adalah momen di mana komunitas berkumpul untuk merayakan tradisi mereka, menghormati leluhur, dan memelihara identitas budaya yang kaya.

Keterampilan dalam berbagai kerajinan tangan tradisional menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari di Padukuhan Ngasem. Penduduk desa ini terampil dalam berbagai jenis kerajinan seperti anyaman bambu dan tenun tradisional. Mereka menggunakan keterampilan ini untuk menciptakan barang-barang seni dan kerajinan yang indah dan bernilai tinggi secara budaya. Pengunjung yang datang ke Padukuhan Ngasem memiliki kesempatan untuk melihat dan bahkan berpartisipasi dalam proses pembuatan kerajinan tangan ini, yang merupakan cara yang luar biasa untuk mengenal lebih dalam tentang budaya lokal yang unik.

Dengan nilai-nilai tradisional yang kuat dan warisan budaya yang kaya, Padukuhan Ngasem di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menawarkan pengalaman yang mendalam bagi mereka yang ingin menggali lebih dalam tentang kehidupan pedesaan yang kaya budaya dan penuh makna.

Baca juga: Pantai Melasti: Lokasi, Harga Tiket, dan Tips Berlibur

Aktivitas di Pantai Watunene Gunung Kidul

Salah satu aktivitas utama yang bisa Anda nikmati di Pantai Watunene adalah berenang di air laut yang jernih tapi harap berhati-hati karena ombaknya cukup besar, dan Anda dapat berjemur di pasir putih yang lembut.

Pantai Watunene memiliki panjang yang cukup besar, sehingga Anda bisa menikmati berjalan-jalan santai sambil mengeksplorasi formasi batu karang yang unik. Jangan lupa untuk membawa kamera karena pemandangan di sekitar pantai ini sangat menarik untuk difoto.

Fasilitas di Pantai Watune Gunung Kidul

Fasilitas wisata di Pantai Watunene masih belum tersedia, sehingga pengunjung perlu pergi ke Pantai Seruni untuk menggunakan fasilitas kamar mandi. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk membawa perbekalan yang mencukupi, mengingat warung makan dan tempat untuk mendapatkan minuman terletak cukup jauh dari lokasi Pantai Watunene.

Baca juga: Sawarna Srikandi: Tempat Wisata Terbaik di Banten

Penginapan Murah di Gunung Kidul

Berikut ini rangkuman informasi terkait penginapan murah di daerah Gunung Kidul untuk menunjang kenyaman Anda saat berwisata di Pantai Watunene.

Penginapan Djayantika

Penginapan ini berlokasi di Jalan Pantai Krakal, Ngestirejo, Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Tarif menginap di sini hanya sekitar Rp 180 ribu. Fasilitas yang tersedia mencakup tempat tidur, kipas angin, dan kamar mandi dengan shower. Lokasinya sangat dekat dengan beberapa spot wisata di Gunungkidul, seperti Pantai Indrayanti, Watunene, Sundak, Krakal, dan Sadranan.

Penginapan Putra Darma

Penginapan ini terletak di Jalan Pantai Sel. Jawa, Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Tarif menginap di sini berkisar antara Rp 180 ribu hingga Rp 240 ribu, tergantung pada fasilitas yang Anda pilih. Fasilitas yang tersedia mencakup tempat tidur, kipas angin, TV, dan kamar mandi dengan shower. Lokasinya sangat dekat dengan beberapa destinasi wisata pantai terkenal di Gunungkidul, seperti Pantai Indrayanti, Watunene, Sundak, Pok Tunggal, dan Sadranan.

Winahyu Resorts

Penginapan ini terletak di kawasan Pantai Kukup, Wonosari, Gunungkidul, Desa Tanjung Sari, Tanjungsari, Gunungkidul. Tarif menginap di sini hanya sekitar Rp 162 ribu. Anda dapat menikmati berbagai fasilitas seperti tempat tidur, kipas angin, dan kamar mandi dengan shower. Lokasinya sangat dekat dengan beberapa spot wisata pantai terkenal di Gunungkidul, seperti Pantai Kukup, Watunene, Baron, Sepanjang, dan Drini.

Referensi

Dinas Pariwisata Gunung Kidul