Pantai Tiska Bandar Lampung
Sumatera

Pantai Tiska: Sejarah, Harga Tiket, dan Daya Tarik

Pantai Tiska terletak di kawasan Srengsem, Kecamatan Panjang, Kota Bandar Lampung, Lampung, Indonesia. Jaraknya sekitar 13 kilometer dari pusat kota Bandar Lampung, sehingga mudah dijangkau oleh siapa pun yang ingin menikmati keindahannya. Pantai ini juga dekat dengan Pelabuhan Panjang (Pelindo II), hanya sekitar 3,2 kilometer, dan Pantai Pasir Putih yang berjarak 5,8 kilometer.

Pantai Tiska

Berikut ini beberapa informasi menarik terkait Pantai Tiska.

Sejarah Pantai Tiska

Pantai Tiska memiliki sejarah yang unik yang mencerminkan peran pentingnya dalam perkembangan Bandar Lampung. Sebelum menjadi destinasi wisata yang populer, pantai ini dikenal sebagai Pelabuhan Srengsem atau Pelabuhan Panjang. Di masa lalu, pantai ini adalah pelabuhan penyeberangan kapal ferry yang vital sebelum adanya Pelabuhan Bakauheni.

Dermaga yang kini menjadi tempat wisata ini dahulu digunakan sebagai pelabuhan penyeberangan kapal ferry yang menghubungkan berbagai daerah di Indonesia. Namun, dengan perkembangan infrastruktur dan pelabuhan yang lebih besar, fungsi utama Pantai Tiska berubah menjadi tujuan wisata yang menarik.

Anda mungkin penasaran dengan asal usul nama “Tiska” untuk pantai ini. Nama ini sebenarnya adalah singkatan dari “Taman Indah Srengsem Kereta Api.” Hal ini mengacu pada lokasi pantai yang masuk dalam wilayah PT. Kereta Api Indonesia. Dermaga bekas pelabuhan ferry kini menjadi salah satu daya tarik utama bagi para pengunjung.

Baca juga: Pantai Sari Ringgung: Rute, Jam Buka, dan Harga Tiket Masuk

Rute Menuju Pantai

Alamat lengkap pantai Tiska ada di AH25 No.32, Bypass Soekarno Hatta, Srengsem, Kecamatan Panjang, Kota Bandar Lampung, Lampung. Dengan kondisi jalan yang baik dan akses yang mudah, Anda bisa sampai di Pantai Tiska dalam waktu sekitar 30 menit dari pusat kota.

Google Maps Lokasi Pantai Tiska

Harga Tiket Masuk

Untuk memasuki kawasan Pantai Tiska, Anda hanya perlu membayar tiket masuk yang sangat terjangkau:

  • Tiket Masuk Dewasa: Rp. 10.000
  • Tiket Masuk Anak-anak: Rp. 5.000
  • Biaya Parkir: Mulai dari Rp. 5.000

Dengan biaya tiket yang terjangkau ini, Anda dapat menikmati semua fasilitas dan aktivitas yang ditawarkan oleh Pantai Tiska tanpa perlu merogoh kocek terlalu dalam.

Jam Operasional

Pantai Tiska buka setiap hari mulai pukul 08:00 hingga 22:00 WIB. Dengan waktu operasional yang panjang, Anda memiliki cukup waktu untuk menikmati pantai sepanjang hari dan bahkan menyaksikan matahari terbenam yang menakjubkan.

Daya Tarik Pantai Tiska

Pantai Tiska memiliki pesona alam yang luar biasa. Pasir putih yang lembut di sepanjang pantainya memanggil untuk dijelajahi, sementara air laut yang jernih mengundang Anda untuk berenang dan bermain di tepi pantai. Ombak yang tidak terlalu besar menjadikan pantai ini aman untuk berenang, terutama bagi anak-anak yang senang bermain air.

Untuk meningkatkan keselamatan pengunjung, zona aman berenang telah ditandai dengan tali yang membatasi area hingga 200 meter dari bibir pantai. Jadi, selama Anda berenang di dalam zona tersebut, Anda dapat merasa aman.

Salah satu keunggulan Pantai Tiska adalah posisinya yang menghadap ke arah barat daya. Hal ini membuatnya menjadi tempat yang ideal untuk menikmati suasana matahari terbenam yang memukau. Anda dapat duduk di tepi pantai dan menyaksikan matahari perlahan tenggelam di balik cakrawala, menciptakan pemandangan yang tak terlupakan.

Pantai Tiska juga merupakan surga bagi pecinta fotografi. Dengan latar belakang perbukitan Pesawaran dan sebagian Kota Bandar Lampung, Anda akan menemukan berbagai spot yang sempurna untuk mengabadikan momen indah. Jika berkunjung saat matahari terbenam, Anda akan memiliki kesempatan untuk mengambil foto-foto luar biasa dengan kapal-kapal yang melintas di latar belakang.

Jika Anda ingin menghabiskan lebih banyak waktu di Pantai Tiska, Anda dapat memilih dari berbagai jenis penginapan yang tersedia di sekitar area pantai. Ada rumah-rumah, hotel, dan cottage yang dapat di sewa. Harga-harganya bervariasi, mulai dari Rp150.000 per malam. Anda bahkan dapat melakukan pemesanan secara online untuk kenyamanan.

Baca juga: Pantai Marina Lampung: Daya Tarik, Rute, dan Harga Tiket 2023

Aktivitas di Pantai Tiska

Pantai Tiska, tempat yang sempurna untuk berenang dan bermain air. Ombak yang tenang membuatnya aman untuk berenang, terutama bagi anak-anak. Anda juga dapat menyewa berbagai peralatan air seperti ban renang, perahu kano, dan paddle board untuk pengalaman bermain air yang lebih menyenangkan.

Bagi yang suka bermain di pantai, main pasir adalah aktivitas yang menyenangkan. Anda dapat membangun istana pasir atau hanya bersantai di tepi pantai sambil menikmati angin laut.

Salah satu kegiatan paling populer di Pantai Tiska adalah bersantai. Anda dapat membawa selimut atau tikar, duduk di tepi pantai, dan menikmati suara ombak yang tenang sambil menikmati matahari terbenam. Ini adalah cara yang sempurna untuk melepaskan penat dan merasakan ketenangan.

Di Pantai Tiska, Anda dapat merayakan piknik dengan keluarga atau teman-teman Anda. Bawa makanan favorit Anda, mainkan musik, dan nikmati makanan dan minuman di tepi pantai. Suasana yang santai dan alam yang indah akan membuat pengalaman piknik Anda menjadi tak terlupakan.

Bagi yang suka berolahraga, Pantai Tiska memiliki banyak fasilitas yang tersedia. Ada lapangan futsal, lapangan voli pantai, outbound jembatan gantung, dan jogging track yang dapat digunakan untuk berolahraga. Ini adalah cara yang baik untuk menjaga kesehatan Anda sambil menikmati lingkungan alam.

Pantai Tiska juga adalah surga untuk para pecinta fotografi. Dengan latar belakang alam yang menakjubkan dan matahari terbenam yang indah, Anda akan menemukan banyak spot foto yang sempurna. Jangan lupa membawa kamera Anda untuk mengabadikan momen-momen indah di pantai ini.

Fasilitas di Pantai Tiska

Pengelola pantai ini telah menyediakan berbagai fasilitas gratis untuk para pengunjung. Ini termasuk area parkir yang aman dan cukup luas, mushola untuk beribadah, kios untuk membeli barang-barang kecil, toilet yang bersih, taman bermain anak untuk anak-anak, kamar ganti, dan taman bermain outbound yang menyenangkan. Ada juga rumah pohon yang menjadi favorit anak-anak untuk bermain dan berfoto.

Pantai Tiska juga menawarkan penyewaan berbagai alat permainan air seperti ban renang, perahu kano, dan paddle board. Jika Anda suka bermain Banana Boat, Anda dapat menyewanya dengan biaya terjangkau. Ada juga becak mini yang dapat digunakan untuk mengelilingi area pantai.

Bagi yang suka berolahraga, terdapat lapangan futsal, lapangan voli pantai, dan outbound jembatan gantung yang dapat disewa. Anda juga dapat menyewa gazebo dengan tarif harian untuk bersantai dengan lebih nyaman.

Pantai Tiska memiliki panggung musik yang digunakan untuk pertunjukan musik pada akhir pekan, yaitu hari Sabtu dan Minggu. Ini adalah hiburan tambahan bagi para pengunjung yang ingin menikmati musik sambil menikmati pantai.

Selain itu, ada Gedung Serba Guna yang dapat disewa untuk berbagai acara. Gedung ini memiliki kapasitas hingga sekitar 150 orang dan merupakan tempat yang sempurna untuk perayaan khusus atau acara keluarga.

Setelah beraktivitas di pantai, Anda pasti merasa lapar. Jangan khawatir, karena Pantai Tiska memiliki food court yang menawarkan berbagai pilihan makanan dan minuman. Anda dapat menikmati hidangan lokal dan internasional di sini dengan harga yang terjangkau.

Baca juga: Apa itu USP?: Manfaat, Karateristik, dan Contohnya

Referensi

Dinas Pariwisata Kota Bandar Lampung