Makanan diet keto
Lifestyle

Makanan Diet Keto: 15 Pilihan Menurunkan Berat Badan

Makanan diet keto

Makanan diet keto – Apakah Anda sedang mencari cara untuk menurunkan berat badan dengan metode diet yang efektif? Jika ya, maka mungkin Anda perlu mempertimbangkan diet keto. Diet keto adalah jenis diet rendah karbohidrat dan tinggi lemak yang telah terbukti membantu banyak orang mencapai tujuan penurunan berat badan mereka. Dalam artikel ini, kami akan membahas 15 makanan diet keto yang dapat Anda tambahkan ke dalam menu harian Anda.

Makanan Diet Keto Pilihan Menurunkan Berat Badan

Berikut ini 15 pilihan makanan diet keto yang bisa membantu menurunkan berat badan, yuuk simak!

Alpukat

alpukat

Alpukat adalah salah satu makanan paling populer dalam diet keto. Kaya akan lemak sehat, alpukat juga mengandung serat yang tinggi, membuatnya menjadi pilihan yang sempurna untuk menjaga perut kenyang lebih lama. Alpukat juga mengandung nutrisi penting seperti vitamin K, vitamin E, dan kalium.

Telur

telur

Telur adalah makanan lain yang sering dikonsumsi dalam diet keto, mengandung protein tinggi dan lemak sehat, sementara rendah karbohidrat. Mereka juga mengandung vitamin B12, selenium, dan zat besi. Telur dapat dikonsumsi dalam berbagai cara, seperti direbus, digoreng, atau dalam bentuk omelet.

Baca juga: Menu Diet Rendah Lemak: Pilihan Terbaik

Daging Tanpa Lemak

daging tanpa lemak

Dalam diet keto, daging tanpa lemak seperti daging ayam, daging sapi, dan daging babi adalah pilihan yang bagus. Mereka mengandung protein tinggi dan sangat rendah karbohidrat. Pastikan untuk memilih potongan daging yang rendah lemak untuk memastikan asupan lemak yang cukup dalam diet Anda.

Ikan Berlemak

ikan salmon

Ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan tuna mengandung lemak sehat omega-3 yang penting untuk kesehatan otak dan jantung. Selain itu, ikan berlemak juga merupakan sumber protein yang baik. Tambahkan ikan berlemak ini ke dalam menu makanan diet keto Anda untuk variasi yang sehat.

Keju

keju

Keju adalah makanan yang kaya lemak dan rendah karbohidrat, sehingga cocok untuk diet keto, keju juga mengandung kalsium dan protein. Pilihlah keju dengan kualitas yang baik dan nikmati sebagai camilan atau tambahan pada hidangan utama Anda.

Sayuran Hijau

sayur hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, dan brokoli adalah sumber serat dan nutrisi yang baik dalam diet keto. Mereka mengandung karbohidrat rendah dan dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Tambahkan sayuran hijau ini ke dalam salad atau tumis untuk hidangan yang sehat dan lezat.

Mentega dan Minyak Kelapa

minyak kelapa

Mentega dan minyak kelapa adalah sumber lemak yang baik dalam diet keto, mengandung lemak jenuh dan vitamin A, sedangkan minyak kelapa mengandung lemak rantai sedang yang mudah dicerna oleh tubuh. Gunakan mentega dan minyak kelapa dalam memasak atau tambahkan ke dalam minuman keto Anda.

Baca juga: 18 Makanan Sehat Pengganti Nasi untuk Hidup Sehat

Kacang-kacangan dan Biji-bijian

kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, kenari, dan biji rami adalah sumber lemak dan protein dalam diet keto. Mereka juga mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Konsumsilah kacang-kacangan dan biji-bijian ini dalam porsi yang moderat karena mereka mengandung karbohidrat.

Yogurt Yunani

yoghurt

Yogurt Yunani rendah karbohidrat dan tinggi protein, menjadikannya pilihan yang baik dalam diet keto, yogurt Yunani juga mengandung probiotik yang baik untuk kesehatan pencernaan. Pilih yogurt Yunani plain dan tambahkan buah-buahan rendah karbohidrat atau alpukat untuk menambah rasa.

Buah Berry

buah beri

Buah berry seperti stroberi, blueberry, dan raspberry mengandung sedikit karbohidrat dan tinggi serat. Mereka juga mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh. Nikmati buah berry ini sebagai camilan atau tambahkan ke dalam smoothie rendah karbohidrat.

Bawang Putih dan Bawang Merah

bawang putih

Bawang putih dan bawang merah mengandung sedikit karbohidrat dan memberikan rasa yang lezat pada hidangan. Selain itu, mereka juga memiliki manfaat anti-inflamasi dan antioksidan. Tambahkan bawang putih dan bawang merah ke dalam masakan keto Anda untuk cita rasa yang lebih kaya.

Dark Chocolate

Makanan diet keto

Cokelat hitam dengan kandungan kakao tinggi dan rendah gula adalah camilan yang cocok untuk diet keto. Cokelat hitam mengandung lemak sehat dan antioksidan. Pilihlah cokelat dengan kandungan kakao minimal 70% untuk manfaat terbaik.

Baca juga: Makanan Sehat untuk Orang Sakit: Manfaat dan Jenisnya

Teh Hijau

teh hijau

Teh hijau adalah minuman yang rendah karbohidrat dan mengandung antioksidan tinggi, dapat membantu meningkatkan metabolisme dan membakar lemak. Minum teh hijau hangat atau dingin untuk menambah hidrasi dan manfaat tambahan.

Jamur

Jamur mengandung sedikit karbohidrat dan tinggi serat, menjadikannya pilihan yang baik dalam diet keto. Mereka juga mengandung vitamin D dan antioksidan. Tambahkan jamur ke dalam tumisan, sup, atau hidangan lainnya untuk variasi rasa.

Tepung Almond dan Kelapa

Tepung almond dan tepung kelapa adalah pengganti tepung terbaik dalam diet keto, tepung ini rendah karbohidrat dan tinggi lemak, sehingga cocok untuk membuat roti, kue, atau hidangan penutup rendah karbohidrat.

Penting untuk diingat bahwa dalam menjalankan diet keto, tidak hanya makanan yang harus diperhatikan, tetapi juga pola makan secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa menu makanan diet keto yang dapat membantu Anda merencanakan hidangan sehari-hari yang seimbang.

Baca juga: Makanan Sehat untuk Orang Tua: Tips dan Jenis Makanan

Menu Makanan Diet Keto

Berikut contoh menu makanan diet keto

Sarapan

  • Telur dadar dengan potongan alpukat dan sayuran hijau.
  • Omelet dengan keju dan irisan jamur.
  • Smoothie almond dengan yoghurt Yunani rendah lemak dan buah berry.

Makan Siang

  • Salad sayuran hijau dengan potongan daging ayam panggang, irisan alpukat, dan dressing minyak zaitun.
  • Tumis brokoli dengan potongan daging sapi dan saus kedelai rendah gula.
  • Sup salmon dengan sayuran seperti bok choy dan wortel.

Camilan

  • Almond panggang atau kenari.
  • Potongan keju cheddar.
  • Potongan sayuran dengan hummus rendah karbohidrat.

Makan Malam

  • Salmon panggang dengan sayuran panggang seperti paprika dan asparagus.
  • Ayam panggang dengan krim keju dan sayuran hijau tumis.
  • Steak daging sapi dengan mentega bawang putih dan salad sayuran.

Dessert

  • Puding chia dengan campuran almond susu rendah karbohidrat dan buah berry.
  • Mousse cokelat hitam dengan campuran almond susu rendah karbohidrat dan bubuk kakao tanpa gula.
  • Pancake almond dengan potongan stroberi dan whipped cream rendah karbohidrat.

Setiap orang memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda, jadi pastikan untuk berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter sebelum memulai diet keto atau mengubah pola makan.

Selain itu, selalu perhatikan kualitas makanan yang Anda konsumsi. Pilih bahan makanan segar, organik jika memungkinkan, dan hindari makanan olahan yang mengandung tambahan gula atau bahan kimia.

Dalam menjalani diet keto, penting juga untuk tetap menjaga asupan cairan yang cukup dengan minum air yang cukup sepanjang hari. Hindari minuman yang mengandung gula atau karbohidrat tinggi.

Baca juga: Berat Ideal Wanita: Tips untuk Mencapai Tubuh Sehat

Kesimpulan

Dengan mengikuti menu makanan diet keto yang sehat dan memperhatikan kebutuhan nutrisi Anda, Anda dapat meraih hasil yang diinginkan dalam perjalanan penurunan berat badan Anda.

Ingatlah bahwa diet keto bukanlah hanya tentang penurunan berat badan, tetapi juga dapat memberikan manfaat kesehatan lainnya seperti peningkatan energi, peningkatan fokus, dan pengendalian gula darah. Tetaplah konsisten, disiplin, dan jaga keseimbangan pola makan Anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil dalam perjalanan diet keto Anda!

Referensi

  1. Paoli, A., Rubini, A., Volek, J. S., & Grimaldi, K. A. (2013). Beyond weight loss: a review of the therapeutic uses of very-low-carbohydrate (ketogenic) diets. European journal of clinical nutrition, 67(8), 789-796.
  2. Kosinski, C., Jornayvaz, F. R. (2017). Effects of ketogenic diets on cardiovascular risk factors: evidence from animal and human studies. Nutrients, 9(5), 517.
  3. Bueno, N. B., de Melo, I. S., de Oliveira, S. L., & da Rocha Ataide, T. (2013). Very-low-carbohydrate ketogenic diet v. low-fat diet for long-term weight loss: a meta-analysis of randomised controlled trials. British Journal of Nutrition, 110(7), 1178-1187.
  4. Gibson, A. A., Seimon, R. V., Lee, C. M., Ayre, J., Franklin, J., Markovic, T. P., … & Sainsbury, A. (2015). Do ketogenic diets really suppress appetite? A systematic review and meta-analysis. Obesity Reviews, 16(1), 64-76.
  5. Volek, J. S., Phinney, S. D., Forsythe, C. E., Quann, E. E., Wood, R. J., Puglisi, M. J., … & Feinman, R. D. (2009). Carbohydrate restriction has a more favorable impact on the metabolic syndrome than a low fat diet. Lipids, 44(4), 297-309.
  6. Bazzano, L. A., Hu, T., Reynolds, K., Yao, L., Bunol, C., Liu, Y., … & He, J. (2014). Effects of low-carbohydrate and low-fat diets: a randomized trial. Annals of Internal Medicine, 161(5), 309-318.
  7. Westman, E. C., Tondt, J., Maguire, E., & Yancy Jr, W. S. (2007). Implementing a low‐carbohydrate, ketogenic diet to manage type 2 diabetes mellitus. Expert Review of Endocrinology & Metabolism, 2(6), 717-726.