Pantai suluban bali
Bali

Pantai Suluban: Sejarah, Rute, Harga Tiket, dan Keindahan Alam

Pantai Suluban – Bali, pulau surga yang dikenal di seluruh dunia dengan pantai-pantai eksotisnya, bukan hanya destinasi bagi para pelancong yang mencari ketenangan dan keindahan alam yang luar biasa, tetapi juga bagi mereka yang mencari petualangan dan aksi selancar yang mendebarkan. Salah satu permata tersembunyi di Bali yang menawarkan kombinasi sempurna dari kedua hal ini adalah Pantai Suluban.

Terletak di Desa Pecatu, di kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Pantai Suluban adalah salah satu tempat yang wajib dikunjungi bagi pecinta alam dan selancar. Terkenal dengan gelombangnya yang epik dan pemandangan alam yang menakjubkan, Pantai Suluban telah menjadi destinasi populer bagi wisatawan dari seluruh penjuru dunia.

Pantai Suluban Bali

Berikut ini informasi terkait Pantai Suluban Bali

Sejarah Pantai Suluban Bali

Nama “Suluban” berasal dari bahasa Indonesia yang artinya “melewati”. Hal ini mengacu pada jalur akses ke pantai yang melibatkan perjalanan melalui gua dan anak tangga terjal yang cukup menantang. Pantai ini memang tersembunyi dengan baik dan Anda harus melewati rintangan alam untuk sampai ke sana.

Di area pantai terdapat sebuah pura kecil yang sangat dihormati oleh masyarakat Hindu setempat. Pura ini adalah tempat persembahan dan kebaktian, sehingga ketika Anda berkunjung ke sini, pastikan untuk menghormati tradisi dan etika yang berlaku.

Pantai Suluban juga dikenal sebagai salah satu tempat pertama di Bali yang menarik perhatian peselancar. Gelombang-gelombangnya yang bergerigi dan konsisten telah memikat para selancar sejak awal tahun 1970-an. Sejak itu, pantai ini telah menjadi destinasi selancar yang sangat dihormati.

Baca juga: Wisata Malino: Destinasi Panorama Alam Gowa SulSel

Rute Menuju Pantai Suluban Bali

Perjalanan Anda dimulai dari pintu masuk Sirip Tunggal. Ini adalah rute utama untuk mencapai pantai. Selama perjalanan menuju pantai, Anda akan melewati beberapa toko suvenir dan kafe yang bisa menjadi tempat istirahat yang bagus atau tempat untuk membeli kenang-kenangan. Turun sekitar 50 meter dari kafe terdekat, dan Anda akan tiba di Pantai Suluban yang memukau.

Alternatif lain adalah melalui Blue Point Bay Villas. Lokasi ini memiliki tangga yang akan membawa Anda langsung ke pantai di bawahnya. Jika Anda memilih rute ini, Anda akan menikmati pemandangan yang luar biasa saat turun ke pantai.

Cara terbaik untuk mencapai pantai adalah dengan menyewa sepeda motor. Anda dapat dengan mudah menyewa sepeda motor di pusat wisata utama di seluruh Bali, seperti Canggu, Seminyak, Kuta, Ubud, dan Uluwatu. Pastikan untuk memiliki SIM yang berlaku dan selalu memakai helm saat mengendarai sepeda motor. Harga sewa sepeda motor bervariasi tergantung pada modelnya, tetapi sebagian besar berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 100.000 per hari.

Google Map Lokasi Pantai

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke Pantai Suluban Bali sangat terjangkau, Anda hanya perlu membayar Rp5.000 saja. Untuk biaya parkir, tarifnya adalah Rp5.000 untuk sepeda motor dan Rp15.000 untuk mobil. Pantai Suluban Bali menyambut pengunjungnya setiap hari, dari Senin hingga Minggu, dan bahkan buka 24 jam penuh.

Saat merencanakan kunjungan ke pantai ini, Anda bisa mempertimbangkan waktu yang sesuai dengan aktivitas yang diinginkan. Jika tujuan utama adalah berselancar, sebaiknya datang pada pagi atau siang hari, karena ombaknya cenderung lebih stabil pada saat itu.

Daya Tarik Pantai Suluban Bali

Salah satu daya tarik utama adalah ombaknya yang ideal untuk selancar. Ini adalah tempat yang sempurna untuk pemula dan peselancar berpengalaman. Anda dapat menyewa papan selancar di sekitar pantai atau bergabung dengan pelajaran selancar jika Anda pemula.

Pura Uluwatu adalah salah satu pura yang paling terkenal di Bali dan hanya berjarak singkat dari Pantai Suluban. Anda dapat menyaksikan pertunjukan Kecak di sini dan menikmati pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan.

Pantai-pantai lainnya seperti Pantai Bingin, Pantai Padang-padang, Pantai Dreamland, Pantai Impossible, dan Pantai Balangan juga berada dalam jarak yang mudah dijangkau. Anda dapat menjelajahi pantai-pantai ini dan menikmati berbagai jenis aktivitas air.

Di sepanjang pantai, terdapat goa-goa alami yang menarik untuk dijelajahi. Anda dapat memasuki goa-goa ini dan merasakan sensasi petualangan.

Baca juga: Tanjung Benoa Destinasi Wisata Pantai Bahari Bali

Aktivitas di Pantai Suluban Bali

Pantai Suluban juga merupakan tempat yang ideal untuk bersantai dan berjemur. Anda dapat membawa tikar atau handuk dan menikmati matahari Bali yang indah sambil mendengar ombak menghantam karang.

Keindahan pantai ini membuatnya menjadi tempat yang sempurna untuk berfotografi. Batu-batu karang yang unik, goa-goa alami, dan tebing-tebing yang spektakuler akan memberikan Anda latar yang menakjubkan untuk mengabadikan momen-momen indah.

Jika Anda suka snorkeling, Anda akan senang mengetahui bahwa Pantai Suluban juga menawarkan pengalaman snorkeling yang menakjubkan. Anda dapat menyewa peralatan snorkeling di sekitar pantai dan menjelajahi kehidupan bawah laut yang berwarna-warni.

Pantai Suluban adalah tempat yang populer untuk menikmati matahari terbenam yang menakjubkan di Bali. Menyaksikan matahari tenggelam di cakrawala Bali sambil duduk di pantai adalah pengalaman yang harus Anda nikmati.

Di sekitar Pantai Suluban, Anda akan menemukan berbagai toko suvenir yang menjual barang-barang unik dan kerajinan tangan Bali. Ini adalah tempat yang sempurna untuk membeli oleh-oleh.

Tempat Kuliner di Pantai Suluban Bali

Terletak di tebing dengan pemandangan langsung ke laut, Single Fin Bali adalah salah satu tempat paling populer di Pantai Suluban. Tempat ini tidak hanya menawarkan hidangan lezat, tetapi juga memiliki bar yang spektakuler dengan pemandangan pantai yang memukau. Anda dapat menikmati hidangan lezat sembari menyaksikan matahari terbenam yang indah atau menikmati musik live yang sering tampil di sini.

Jika Anda mencari pengalaman makan yang lebih santai, warung kecil ini adalah pilihan yang bagus. Suluban Beach Warung menyajikan hidangan lokal yang lezat, seperti nasi goreng, mie goreng, dan hidangan laut segar. Suasana yang ramah dan santai membuatnya menjadi tempat yang nyaman untuk bersantap sambil menikmati suasana pantai.

Cafe ini terkenal dengan hidangan internasionalnya yang lezat dan pemandangan yang menakjubkan. Ketika Anda makan di The Mango Tree Cafe, Anda akan diberi kesempatan untuk menikmati pemandangan laut yang indah. Cobalah hidangan pasta yang lezat atau nikmati segelas jus buah segar untuk menyegarkan diri setelah beraktivitas di pantai.

Jika Anda seorang pecinta makanan sehat, Kelly’s Warung adalah tempat yang perlu Anda kunjungi. Tempat ini merupakan salah satu favorit peselancar dan menyajikan hidangan organik dan segar. Anda bisa mencoba smoothie bowl yang lezat atau salad yang menyehatkan. Pilihan makanan yang seimbang akan memberikan energi yang Anda butuhkan setelah beraktivitas di pantai.

Semua tempat makan ini tidak hanya menyajikan hidangan lezat tetapi juga menawarkan pengalaman yang unik dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Apakah Anda mencari makanan khas Bali atau hidangan internasional, Pantai Suluban memiliki beragam pilihan untuk memuaskan selera Anda setelah seharian berpetualang di pantai yang menakjubkan ini.

Baca juga: Bacaan Niat Sholat Subuh Lengkap dan Tata Cara Sholatnya

Akomodasi Dekat Pantai Suluban Bali

Berikut adalah beberapa hotel yang berlokasi cukup dekat dengan area pantai:

  • Blue Point Bay Villas & Spa
  • Uluwatu Cottages
  • Hideaway Villas Bali
  • PinkCoco Bali
  • Mule Malu Tropical Stay
  • Pecatu Guest House
  • Surf Dreamland

Referensi

Dinas Pariwisata Kabupaten Badung, Bali