Manfaat Kayu Manis dan Jahe
Lifestyle

11 Manfaat Kayu Manis dan Jahe

Manfaat Kayu Manis dan Jahe – Indonesia kaya akan rempah-rempah yang tidak hanya digunakan sebagai bumbu dapur, tetapi juga memiliki berbagai manfaat kesehatan yang luar biasa. Dua di antaranya adalah kayu manis dan jahe, yang sering digunakan dalam minuman tradisional untuk menghangatkan tubuh di musim hujan. Ternyata, kedua rempah ini tidak hanya berkhasiat untuk menghangatkan tubuh, tetapi juga memiliki banyak manfaat lainnya bagi kesehatan.

Manfaat Kayu Manis dan Jahe

Simak penjelasan lengkapnya terkait manfaat kayu manis dan jahe untuk kesehatan tubuh kita di bawah ini yang disadur dari beberapa sumber terpercaya dan ilmiah.

1. Antiinflamasi

Beberapa studi membuktikan bahwa keduanya juga memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Hal ini dapat bermanfaat bagi penderita arthritis dan penyakit inflamasi lainnya.

2. Menurunkan Risiko Diabetes

Jahe dan kayu manis keduanya memiliki efek yang baik dalam menurunkan kadar gula darah. Jahe dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin, sedangkan kayu manis dapat membantu mengatur kadar gula darah.

3. Menurunkan Berat Badan

Minum ramuan kayu manis dan jahe dapat membantu mempercepat penurunan berat badan. Jahe dapat membuat tubuh lebih kenyang, sehingga asupan makanan yang masuk menjadi berkurang. Penelitian juga menunjukkan bahwa minyak esensial dalam kayu manis dapat menargetkan sel-sel lemak dan membuat tubuh membakar lebih banyak energi. Kombinasi ini merupakan berita menggembirakan bagi siapa pun yang mencoba menurunkan berat badan.

4. Menyehatkan Kulit

Keduanya juga memiliki manfaat untuk kesehatan kulit. Jahe dapat membantu mengurangi jerawat dan merangsang produksi kolagen, sedangkan kayu manis dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan tekstur kulit.

5. Menurunkan Kadar Gula Darah

Konsumsi jahe dan kayu manis juga dapat membantu menurunkan gula darah dan memiliki sifat antidiabetes. Penelitian menemukan bahwa penderita diabetes tipe 2 yang mengonsumsi jahe mengalami penurunan gula darah puasa secara signifikan. Sementara itu, kayu manis juga dapat membantu menurunkan gula darah, meskipun masih belum jelas mekanisme kerjanya secara tepat.

6. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Kombinasi kayu manis dan jahe dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Jahe memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu mengurangi risiko infeksi saluran pencernaan, sedangkan kayu manis dapat membantu mengurangi gas dan kembung.

7. Meredakan Nyeri Otot dan Sendi

Kedua rempah ini memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu melawan peradangan dalam tubuh, sehingga membantu meredakan nyeri otot dan sendi. Menurut Kementerian Kesehatan, sifat antiinflamasi jahe dapat membantu mencegah nyeri persendian, seperti pada kasus asam urat. Sebuah penelitian yang dipublikasikan menemukan bahwa konsumsi kayu manis setiap hari selama enam minggu dapat membantu mengurangi nyeri otot akibat olahraga. Dengan mengonsumsi minuman ini, otot-otot akan lebih cepat pulih setelah bekerja keras selama sesi olahraga.

8. Mengurangi Nyeri Menstruasi

Kombinasi jahe dan kayu manis dapat membantu mengurangi nyeri menstruasi pada wanita. Jahe memiliki efek analgesik yang dapat membantu mengurangi rasa sakit, sedangkan kayu manis dapat membantu mengatur siklus menstruasi.

9. Mencegah Kanker

Jahe memiliki sifat antikanker karena kandungan gingerol serta senyawa antioksidan dan antiinflamasi lainnya. Beberapa studi menemukan bahwa jahe dapat mengurangi risiko kanker gastrointestinal, seperti kanker kolorektal, pankreas, dan hati. Sementara itu, kayu manis juga menunjukkan kemampuan dalam memperlambat pertumbuhan kanker, meskipun masih perlu penelitian lebih lanjut.

10. Menjaga Kesehatan Jantung

Kombinasi jahe dan kayu manis juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Jahe dapat membantu mengurangi kolesterol dan tekanan darah, sedangkan kayu manis dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

11. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Campuran jahe dan kayu manis dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melawan bakteri atau virus. Keduanya memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Resep Kayu Manis dan Jahe

Minuman hangat dari campuran kayu manis dan jahe tidak hanya menyehatkan tetapi juga mudah dan cepat untuk disajikan. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan:

  • 3 rimpang jahe segar, iris tipis
  • 8 cangkir air
  • 4 batang kayu manis

Berikut langkah-langkah membuat minuman ini:

  1. Rebus jahe dan kayu manis dalam air selama 20 menit.
  2. Didihkan lebih lama jika ingin mendapatkan air rebusan yang lebih kuat.
  3. Saring untuk memisahkan jahe dan kayu manis dari air rebusan.
  4. Tambahkan madu untuk memberikan rasa yang lebih nikmat.

Selain cara di atas, kayu manis dan jahe juga dapat langsung ditambahkan ke dalam susu hangat sebelum dikonsumsi. Segelas susu hangat sangat baik untuk kesehatan, tetapi menambahkan rempah-rempah dan herbal ke dalamnya akan meningkatkan cita rasanya dan kandungan nutrisinya.

Itulah beberapa manfaat dari kombinasi kayu manis dan jahe untuk kesehatan tubuh. Namun, penting untuk diingat bahwa penggunaan rempah-rempah ini sebaiknya dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengonsumsi dalam jumlah besar, terutama jika kamu memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan. Semoga informasi ini bermanfaat ya, terimakasih.

Baca juga: