Manfaat Teh Bunga Telang
Lifestyle

10 Manfaat Teh Bunga Telang

Manfaat Teh bunga telang, atau dikenal juga sebagai butterfly pea flower tea, semakin populer di kalangan pecinta minuman herbal. Tidak hanya menyegarkan, teh bunga telang juga memiliki beragam manfaat kesehatan yang luar biasa. Dengan warnanya yang cantik dan estetik, teh bunga telang bukan hanya minuman biasa, tapi juga membawa sejuta manfaat untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Teh Bunga Telang

Manfaat Teh Bunga Telang

Simak informasi ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang manfaat teh bunga telang yang luar biasa disadur dari berbagai sumber ilmiah.

1. Menurunkan Berat Badan secara Alami

Salah satu manfaat terbesar dari teh bunga telang adalah kemampuannya untuk membantu menurunkan berat badan secara alami. Senyawa-senyawa aktif yang terdapat dalam bunga telang dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga membantu dalam proses pembakaran lemak. Selain itu, teh bunga telang juga dapat mengurangi nafsu makan, sehingga membantu mengontrol asupan kalori harian.

2. Mengandung Antioksidan Tinggi

Studi ilmiah mengungkapkan bahwa teh bunga telang mengandung antioksidan tinggi, seperti flavonoid dan anthocyanin, yang sangat baik untuk melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti penuaan dini dan berbagai penyakit degeneratif. Dengan mengkonsumsi teh bunga telang secara rutin, Anda dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kandungan flavonoid dalam teh bunga telang juga baik untuk kesehatan jantung. Beberapa penelitian ilmiah yang dipublikasikan menunjukan bahwa flavonoid dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan melancarkan aliran darah dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Dengan menjaga kesehatan jantung, Anda dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

4. Membantu Meredakan Stres dan Kecemasan

Teh bunga telang juga memiliki efek menenangkan yang dapat membantu meredakan stres dan kecemasan. Senyawa-senyawa aktif dalam teh bunga telang dapat merangsang produksi hormon endorfin dalam tubuh, yang merupakan hormon yang dapat membuat kita merasa lebih bahagia dan rileks.

5. Menjaga Kesehatan Otak

Kandungan anthocyanin dalam teh bunga telang juga baik untuk kesehatan otak. Hasil studi menunjukan, anthocyanin dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otak, sehingga meningkatkan fungsi kognitif dan memori. Dengan menjaga kesehatan otak, Anda dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan dementia pada masa tua.

6. Membantu Menjaga Kesehatan Mata

Studi mengungkapkan bahwa antioksidan dapat membantu melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas dan sinar UV. Dengan mengkonsumsi teh bunga telang secara rutin, Anda dapat mengurangi risiko penyakit mata, seperti katarak dan degenerasi makula.

7. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Teh bunga telang juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan antioksidan dan senyawa aktif lainnya dalam teh bunga telang dapat membantu meningkatkan produksi sel-sel kekebalan tubuh, sehingga membuat tubuh lebih tahan terhadap berbagai infeksi dan penyakit.

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Penelitian mengungkapkan bahwa antioksidan dapat membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas pada kulit, sehingga membuat kulit terlihat lebih muda dan sehat. Dengan mengkonsumsi teh bunga telang secara rutin, Anda dapat menjaga kesehatan kulit dan melawan tanda-tanda penuaan dini.

9. Membantu Mencegah Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa teh bunga telang juga dapat membantu mencegah perkembangan sel kanker. Kandungan antioksidan dalam teh bunga telang dapat membantu melawan sel-sel kanker yang berkembang dalam tubuh, sehingga mengurangi risiko terjadinya kanker.

10. Meningkatkan Kesehatan Rambut

Kandungan antioksidan dalam teh bunga telang dapat membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas pada kulit kepala, sehingga membuat rambut lebih sehat dan kuat. Dengan mengkonsumsi teh bunga telang secara rutin, Anda dapat mencegah kerontokan rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Manfaat-manfaat tersebut menjadikan teh bunga telang sebagai minuman yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Namun, perlu diingat bahwa konsumsi teh bunga telang sebaiknya tetap dalam batas yang wajar dan tidak berlebihan. Konsultasikan dengan ahli kesehatan atau dokter sebelum memulai konsumsi secara rutin, terutama jika kamu memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang hamil atau menyusui.

Baca juga:

Referensi

  1. Morris, J. B. (2023). Multivariate analysis of butterfly pea (Clitoria ternatea L.) Genotypes with potentially healthy nutraceuticals and uses. Journal of Dietary Supplements20(3), 475-484.
  2. Weerasinghe, T., Perera, D., Silva, N. D., Poogoda, D., & Swarnathilaka, H. (2022). Butterfly pea: An emerging plant with applications in food and medicine. The Pharma Innovation Journal11(6), 625-637.
  3. Sintyadewi, P. R., RS, I. G. A. Y. R., & Wulansari, N. T. (2021). Analysis of chemical characteristics and antioxidant activity test of kombucha black tea and butterfly pea flower (Clitoria ternatea L.) based on fermentation time. International Journal of Chemical and Material Sciences4(1), 27-32.
  4. Jonathan, J., Marpaung, A. M., & Permana, T. (2020). A Review of the Production of Tea-Like Functional Beverages from Anthocyanin-Source Flower: Torenia Fournieri Flower and Butterfly Pea (Clitoria Ternatea) Flower.
  5. Marpaung, A. M., Lee, M., & Kartawiria, I. S. (2020). The development of butterfly pea (Clitoria ternatea) flower powder drink by co-crystallization. Indonesian Food Science and Technology Journal3(2), 34-37.
  6. Dhangar, M. P. D., Shimpi, M. H., Newadkar, M. R., Bhadane, M. V., Desale, M. L., & Jaiswal, M. N. A Review on Butterfly Pea: An Emerging Plant with Applications in Food and Cosmetics.