Taman Rimbo Jambi
Sumatera

Wisata Edukasi Kebun Binatang Taman Rimba Jambi

Taman Rimba atau Taman Rimbo dalam bahasa Jambi mudah diakses, berjarak sekitar 5,8 kilometer dari pusat Kota Jambi dengan waktu tempuh sekitar 15 menit. Taman Rimba Jambi bukan sekadar kebun binatang biasa, merupakan taman konservasi hewan yang dirancang untuk menciptakan lingkungan yang mirip dengan habitat asli hewan-hewan yang tinggal di dalamnya. Luasnya mencapai 10 hektar, memberikan ruang yang cukup bagi satwa-satwa untuk berkeliaran bebas.

Taman Rimba Jambi

Berikut informasi tentang kebun binatang Taman Rimba Jambi.

Rute Perjalanan

Rute perjalanan melibatkan Jalan Hayam Wuruk, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Soekarno-Hatta, Jalan Ki Bajuri, dan Jalan Gerbang IV. Ikuti panduan rute ini untuk memastikan perjalanan menuju Taman Rimba berjalan lancar.

Google Maps Lokasi Kebun Binatang

Harga Tiket

Tertarik mengunjungi Taman Rimba? Untuk tiket masuk, akan dikenakan biaya Rp 12.000 untuk dewasa dan Rp 6.000 untuk anak-anak. Harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu, jadi pastikan untuk memeriksa informasi terbaru sebelum berangkat.

Baca juga: Pesona Keindahan Lubuk Penyengat di Muaro Jambi

Jam Operasional

Taman Rimba buka setiap hari mulai pukul 08.30 hingga 16.30 WIB, memberikan fleksibilitas bagi pengunjung untuk menyesuaikan jadwal berwisata.

Daya Tarik Taman Rimba Jambi

Taman Rimbo Jambi
Sumber Gambar: WA Grup Al Azhar Jambi

Taman Rimba bukan hanya tempat untuk sekadar melihat hewan. Setiap langkah di dalamnya memberikan pengalaman pendidikan mendalam. Informasi tentang habitat, perilaku, dan konservasi hewan disajikan dengan cara yang menarik, mengajak pengunjung, terutama anak-anak, untuk belajar sambil bermain seperti yang dilakukan oleh salah satu sekolah islam terbesar di Kota Jambi, SDIT Diniyyah Alazhar Jambi pada hari Selasa, tanggal 14 November 2023 kelas 4 A dibawah asuhan Bunda Tri Novi Astuti, S.Pd.

Tidak hanya itu, Taman Rimba juga memiliki pameran pendidikan yang dirancang untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga ekosistem dan keanekaragaman hayati. Informasi ilmiah dan visual mendalam memberikan wawasan yang tak terlupakan tentang perjuangan untuk melestarikan satwa langka dan habitatnya.

Bagi yang mencari kegiatan interaktif, Taman Rimba menyediakan berbagai kegiatan seru, mulai dari sesi pemberian makan hewan tertentu hingga pengamatan perilaku yang menarik. Ini bukan hanya wisata, tetapi juga petualangan edukatif yang tak terlupakan.

Tidak hanya melibatkan alam, Taman Rimba juga mengundang Anda untuk menyelami kekayaan budaya daerah. Anjungan-anjungan rumah adat dari setiap kabupaten/kota di Provinsi Jambi menjadi hiasan yang memperkaya pengalaman wisata. Jangan lewatkan Rumah Kajanglako, sebuah bangunan besar dengan konsep modern namun tetap memegang teguh ciri khasnya.

Baca juga: Candi Gumpung: Lokasi, Sejarah dan Temuan Arkeologi

Fasilitas Taman Rimba Jambi

Taman Rimbo Jambi
Kekei dan Sahabatnya

Untuk pengunjung yang membawa keluarga, Taman Rimba dilengkapi dengan fasilitas taman bermain anak-anak yang mirip dengan Taman Mini Indonesia Indah. Area permainan ini memberikan kesempatan bagi si kecil untuk bersenang-senang sambil belajar.

Selain itu, nikmati kuliner khas daerah dan temukan suvenir unik di area sekitar Taman Rimba. Pengalaman wisata akan lebih lengkap dengan mencicipi kelezatan lokal dan membawa pulang kenang-kenangan spesial.

Datanglah dan temukan keajaiban yang tersembunyi di Taman Rimba, Kota Jambi seperti yang telah dilakukan oleh SDIT Dinniyah Al-Azhar Jambi.

Photo-Photo SDIT Dinniyah Alazhar Jambi

Kebun Binatang Taman Rimbo Jambi
Keberangkatan Menuju Kebun Binatang Taman Rimba
Kegiatan Edukasi di Kebun Binatang Taman Rimba Jambi
Kegiatan Edukasi di Kebun Binatang Taman Rimba Jambi
Capek belajar, Saatnya Bermain dan Bersantai
Saatnya Makan Bersama
Kumpul-Kumpul untuk Pengarahan
Waah lagi pada serius niih

Baca juga: Wisata Bersejarah Tugu Keris Siginjai Jambi